• pesanan pembelian banner

Pesanan Pembelian: Mengapa Semua Bisnis Membutuhkannya?

 

Siapapun Anda, apakah seorang pedagang kecil atau pemilik perusahaan besar, melakukan pesanan pembelian adalah bagian penting dari akuntansi. Jika Anda bertanya-tanya, apakah bisnis kecil Anda benar-benar membutuhkan pesanan pembelian untuk setiap hal kecil? jawabannya adalah Ya, itu benar dan dibawah inilah alasannya.

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Pesanan Pembelian?

 

1. Mengkomunikasikan Segalanya Secara Bersama.

Pesanan pembelian atau Purchase Order (PO) berisi detail dari beberapa dokumen, seperti harga, kuantitas dan alamat pengiriman. catat semua hal ini dalam satu dokumen dan kirimkan melalui email ke vendor Anda

2. Hemat Kerja & Kertas.

Jika Anda tidak menggunakan aplikasi akuntansi online, kami tahu berapa  jumlah dokumen dalam bentuk kertas yang harus Anda buang untuk mengelola proses PO pada bisnis Anda. Dengan fitur pesanan pembelian pada Accurate online Anda dapat dengan mudah menyingkirkan berkas kertas yang Anda gunakan dan menginput catatan pembelian Anda secara otomatis.

3. Meminimalisir Kesalahan.

Anda meminta 50 pena dan vendor mengirimkan 30 “sesuai dengan kesepakatan di telepon” (padahal Anda tidak menelepon). Anda menyetujui harga tertentu tetapi vendor menagih Anda lebih banyak, alasannya “karena harga sudah naik”. Terdengar mengerikan? Dengan melakukan proses PO pada Accurate Online Anda akan terhindar dari hal-hal yang menyebalkan seperti ini.

4. Lakukan Pesanan, Terima, & Lacak Pembayaran

Misalkan Anda memesan Item beberapa kali sehari. Ketika Anda menerima produk yang dipesan, gunakan nomor pesanan pembelian atau PO untuk mencari pada sistem dan melacaknya dalam waktu singkat. Dengan PO, Anda juga dapat menautkan nomor pesanan sebagai referensi ke tagihan Anda untuk mengetahui pesanan apa yang telah Anda bayar.

5. Semua Pembelian Tercatat di Akun Anda

Setiap melakukan pembelian berarti ada biaya yang dikeluarkan pada bisnis Anda.  Pencatatan semua transaksi penting bagi Anda untuk mengetahui berapa banyak laba yang Anda hasilkan. Dengan melakukan proses PO pada Accurate Online, semua pembelian Anda secara otomatis akan tercatat  pada laporan transaksi.

 

Gunakan Fitur  Pesanan Pembelian Dengan Mudah di Accurate Online

Berikut adalah cara menggunakan fitur pesanan pembelian pada Accurate Online yang memudahkan operasional pada bisnis Anda:

 

1. Klik menu Pembelian lalu pilih opsi Pesanan Pembelian.

pesanan pembelian pada accurate online 1

 

2. Isi Nama Pemasok, Tanggal dan informasi yang dibutuhkan.  Pada bagian Cari/Pilih Barang & Jasa, masukan barang atau jasa yang akan dipesan.

pesanan pembelian pada accurate online 2

 

3. Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut.

pesanan pembelian pada accurate online 3

 

4. Lakukan langkah 2 dan 3  untuk memasukkan barang & jasa selanjutnya dengan pemasok yang sama. Jika telah selesai klik Simpan.

pesanan pembelian pada accurate online 4

 

Kemudahan Dalam Bisnis Adalah Pilihan

Pembuatan PO bisa dilakukan untuk pembelian bahan baku, barang jadi untuk stok, dan peralatan lain. Dokumen yang dihasilkan pada saat PO mengikat secara hukum yang  bisa memberi tahu Anda dan vendor tentang apa yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan dan berapa harganya. Dan dengan pembuatan pesanan pada Accurate Online, Anda dapat memperhitungkan semuanya bahkan untuk pembelian terkecil.

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :

 

By |2019-01-17T04:36:08+00:00January 16th, 2019|Akuntansi, Bisnis|