Tertarik Membangun Usaha Barber Shop? Berikut adalah Tipsnya

Jika Anda seorang lelaki, dimanapun Anda berada, Anda pasti akan mendapati setidaknya satu usaha barber shop atau tukang cukur di suatu daerah. Alasan adanya bisnis ini sederhana, rambut tidak akan pernah beerhenti tumbuh.

Atas dasar ini, dan memanfaatkan fakta bahwa setiap orang membutuhkan potong rambut, Anda bisa membuka usaha barber shop di lingkungan Anda. Jika dibandingkan dengan bisnis lain, usaha ini tidak memiliki “perawatan” yang terlalu sulit selama Anda memiliki tukung cukur yang andal.

Jika ada tambahan jasa lainnya, barber shop  biasanya memiliki layanan yang lebih mendasar dan tidak rumit jika dibandingkan dengan salon. Jika Anda tertarik membuka barber shop berikut kami berikan tips yang akan membuat usaha barber shop berjalan dengan optimal :

Pilih Lokasi Yang Tepat Untuk Usaha Barber Shop Anda

Hampir semua bisnis jasa menjadikan lokasi akan sangat berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis tersebut. Untuk bisnis barber shop misalnya, lokasi akan menentukan mayoritas pelanggan Anda. Jika barber shop Anda berada dekat sekolah dasar maka akan sangat ideal jika Anda berencana untuk memasarkan layanan Anda kepada anak-anak kecil.

Identifikasi Layanan yang akan Anda Tawarkan

Barber shop biasanya dikenal menyediakan layanan potong rambut dengan mayoritas pelanggan adalah pria. Tetapi ada juga yang menyediakan layanan tambahan seperti pijat, hiasan rambut yang cepat, bahkan layanan non cukur rambut.

Tentukan layanan apa yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Atau Anda bisa memadukan barber shop Anda dengan sesuatu yang baru agar lebih menarik dimata konsumen. Misalnya barber shop dengan kedai kopi premium.

Pilih Karyawan yang Kompeten

Merekrut karyawan atau tukang cukur yang andal dan terlatih adalah salah satu faktor keberhasilan untuk usaha barber shop yang Anda bangun. Kenyataannya, banyak pemilik barber shop yang memiliki karyawan yang sesing terlambat bekerja atau lebih buruk lagi mereka, tidak datang untuk bekerja.

Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk memilih pegawai yang tidak hanya memiliki keterampilan yang baik namun juga disiplin dan profesional.

Fokus pada Layanan Pelanggan yang Baik

Bangun hubungan dengan pelanggan Anda dan pastikan karyawan Anda memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan Anda. Jika memungkinkan, tawarkan layanan tambahan gratis seperti pijat leher.

Penting juga untuk mempertahanka barber shop Anda dalam kondisi bersih dan selalu sterilkan semua alat cukur setelah setiap kali digunakan. Pelanggan tidak akan ingin datang lagi ke barber shop Anda jika kotor dan membahayakan kesehatan mereka.

Bangun Marketing ke berbagai Lini

Bangun situs web untuk usaha barber shop Anda dan kumpulkan data pelanggan, termasuk alamat email. Kirimkan newsletter kepada pelanggan Anda setiap beberapa minggu sekali dengan tips yang informatif dan mungkin kupon diskon. Ini akan menarik pelanggan kembali ke toko Anda, sambil memberi mereka perasaan bahwa mereka benar-benar mendapatkan nilaidari uang yang mereka keluarkan.

Atau bisa juga Anda, mulai dari beberapa akun jejaring sosial untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan Facebook, Twitter, atau Instagram untuk mengadakan kontes atau mengirim layanan baru yang ditawarkan oleh babrber shop Anda.

Anda juga dapatt menggunakan cara ini untuk meminta umpan balik dari pelanggan yang akan membantu Anda meningkatkan reputasi barber shop Anda dan mendatangakan banyak pelanggan baru yang akan meningkatkan margin keuntungan Anda.

Catat semua Pengeluaran dan Pemasukan pada Pembukuan

Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan pada barber shop Anda adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha barber shop Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercyaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini. 

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :