Mau Beli atau Berlangganan Accurate? Jangan Tertipu Website Palsu

Accurate, adalah software akuntansi buatan Indonesia yang dikembangkan sejak tahun 1999 dan telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis dari pelbagai jenis usaha, juga telah memenangkan Top Brand Award selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Dengan berbagai pencapaian tersebut, Accurate terus berkembang dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pelaku usaha yang terus meningkat.

Semakin banyak digunakannya suatu produk maka akan semakin banyak alternatif pengganti produk tersebut, tidak terkecuali pada software akuntansi, dan hal tersebut adalah hal yang sangat wajar. Namun beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan nama Accurate untuk kepentingan pribadi dan merugikan banyak pihak.

Ironisnya, kemajuan zaman juga membuat kejahatan semakin marak. Baru-baru ini tim cpssoft sebagai pengembang dari produk Accurate menemukan beberapa website scam yang memiliki tampilan layaknya penjual produk Accurate namun nyatanya mereka tidak menjual produk Accurate atau produk lainnya buatan cpssoft.

Website scam dan palsu tersebut seperti softwareaccurate.com dan softwareaccurate5.com

Ingin Beli atau Berlangganan Accurate? 7 Tips bagi Anda agar tidak Terjebak pada Website Palsu

Jangan kehilangan uang Anda sepeserpun karena penipuan. Berbelanja di situs web palsu dapat mengakibatkan informasi pribadi termasuk informasi keuangan Anda dicuri atau perangkat Anda terinfeksi virus atau malware. Berikut kami berikan 7 tips sederhana untuk terhindar dari website palsu, scam, atau penipuan, seperti 2 alamat website di atas.

Tips 1: Perhatikan bilah alamat

Hal pertama yang ingin Anda cari di situs web adalah https: // di awal alamat. huruf S dalam https: // berarti aman dan menunjukkan bahwa situs web menggunakan enkripsi untuk mentransfer data, melindunginya dari peretas.

Jika situs web menggunakan http:// (tidak terdapat huruf S), itu tidak menjamin bahwa situs web adalah scam, tetapi itu adalah indikator yang harus diperhatikan. Agar aman, Anda tidak boleh memasukkan informasi pribadi ke situs yang dimulai dengan http://. Seperti 2 contoh website palsu diatas, softwareaccurate.com dan softwareaccurate5.com

Beberapa browser internet, seperti Google Chrome, membantu memperingatkan Anda tentang situs web yang tidak aman. Ketika sebuah situs aman, Anda mungkin melihat gembok kecil di sebelah alamat web, atau alamat tersebut disorot dengan warna hijau. Anda juga mungkin memperhatikan nama domain di sebelah gembok sebelum https://. Itu berarti situs web memiliki salah satu tingkat enkripsi tertinggi dan dapat dipercaya.

Contoh URL Aman: HTTPS
Beberapa browser menyoroti alamat web yang tidak aman berwarna merah atau hanya mengatakan “Tidak aman.”

Contoh URL Tidak Aman
Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mengklik gembok atau pemberitahuan “Tidak aman” untuk melihat detail lebih lanjut tentang keamanan situs web. Anda juga dapat memeriksa situs melalui pencarian situs aman Google. Kehadiran https: // tidak menjamin keamanan, tetapi ini adalah permulaan yang baik.

Langkah # 2: Periksa nama domain

Trik favorit scammers atau pelaku yang tidak bertanggung jawab adalah membuat situs web dengan alamat yang meniru merek atau perusahaan besar, seperti Yah00.com atau Amaz0n.net. Scammers mengandalkan Anda membaca sekilas alamat dan nama domain, sehingga selalu layak memeriksa ulang bilah alamat jika Anda diarahkan ke situs web dari halaman lain.

Seperti 2 contoh website tiruan yang menjual produk Accurate diatas, softwareaccurate.com dan softwareaccurate5.com. Kedua website ini menggunakan kata Accurate pada domain mereka.

Langkah # 3: Lihat umur domain

Scammers tahu bahwa lebih banyak orang akan melakakuan pembelanjaan selama waktu-waktu tertentu untuk software akuntansi biasanya banyak digunakan pada saat musim pelaporan pajak. Mereka mengumpulkan  dan membuat situs palsu untuk mengambil kesempatan ini.

Dengan memeriksa usia domain, Anda dapat melihat berapa lama situs web berada dalam bisnis, memberi Anda rasa yang lebih baik tentang kebenarannya.

Pelacak domain seperti Whois Lookup memberi Anda informasi tentang siapa nama domain terdaftar, di mana mereka berada, dan berapa lama situs web telah aktif.

Langkah # 4: Perhatikan tata bahasa dan ejaan yang buruk

Kelebihan ejaan, tanda baca, kapitalisasi, dan kesalahan tata bahasa dapat mengindikasikan bahwa situs web tersebut buruk. Perusahaan dengan situs web yang sah mungkin memiliki kesalahan ketik sesekali tetapi masih berupaya menghadirkan situs web profesional.

Jika situs web menggunakan huruf kapital untuk setiap kata lain atau memiliki banyak frasa dan tanda baca yang aneh, waspada itu!

Langkah # 5: Cari informasi kontak yang dapat diandalkan

Cari beberapa cara untuk menghubungi perusahaan (telepon, email, obrolan langsung, alamat sebenarnya) dan cobalah. Adakah yang pernah menjawab telepon? Apakah Anda mendapatkan voicemail atau formulir email yang direkam secara umum? Jika satu-satunya metode kontak adalah formulir email online, berhati-hatilah.

Pada kasus Accurate, pada website softwareaccurate.com dan softwareaccurate5.com memberikan informasi kontak dan alamat yang palsu. Pada saat kami melihat halaman kontak dan alamat, website tersebut mengarahkan kami ke chat whatsapp yang tidak menawarkan produk Cpssoft atau Accurate sama sekali. Alamat yang tertera pada website tersebut bukan alamat kantor Cpssoft.

Langkah # 6: Gunakan hanya opsi pembayaran yang aman

Situs web belanja harus menawarkan opsi pembayaran standar, seperti kartu kredit atau debit. Jika sebuah situs web mengharuskan Anda untuk menggunakan transfer langsung, atau bentuk pembayaran tanpa jaminan lainnya seperti bitcoin misalnya, kami sarankan untuk berpikir ulang, bahkan jika situs web ini terlihat sah.

Langkah # 7: Terlalu sempurna untuk menjadi kenyataan? Pikirkan lagi

Banyak penjual barang, terutama di online memberikan diskon terhadap barang stok lama, untuk memberikan ruang pada stok baru. Namun biasanya diskon  yang diberikan juga tidak terlalu besar.

Tetapi jika Anda menemukan situs yang memiliki model iPad terbaru  dengan diskon 80%, hindari website tersebut.  Anda tidak akan pernah melihat barang yang Anda beli untuk uang yang Anda belanjakan.

Beli Accurate atau Berlangganan Accurate Online hanya di Accurate.id atau pada Partner Resmi yang Ditunjuk

Jika Anda berencana menggunakan atau beli produk Accurate, kami sarankan Anda membelinya dan mendapatkannya pada pihak resmi yang telah ditunjuk atau melalui website accurate.id atau cpssoft.com.

Atau Anda juga bisa mengunjungi partner penjualan resmi produk Accurate yang tersebar di jabotabek dan daerah lain di Indonesia. Untuk daftarnya, dapat Anda lihat melalui link ini.

Merasa ragu atau menemukan website serupa yang menjual produk Accurate di luar daftar partner resmi? Hubungi kami!

Saat Anda mendapatkan dan melakukan pembelian Accurate pada tempat resmi, Anda akan mendapatkan pelayanan yang optimal atas apa yang Anda bayar. Niat Anda untuk melakukan pengembangan bisnis akan lebih aman dan nyaman, karena Anda tahu kemana Anda harus melakukan pengaduan, keluahan, dan saran atas produk yang telah Anda gunakan.