Pentingnya Pembukuan yang Baik bagi Bisnis Salon Anda

Apakah Anda memilik salon? Bagaimana Anda melakukan pembukuan usaha salon Anda? Di mana Anda dapat menyimpan informasi pembayaran dan menghitung gaji pegawai Anda? Salon kecantikan, seperti bisnis lainnya, mengumpulkan banyak informasi keuangan yang penting untuk didokumentasikan, seperti transaksi, pembayaran gaji, laba, dan pengeluaran.

Ada berbagai metode untuk menyimpan dan mengatur semua data ini, seperti catatan kertas, lembar Excel, dan perangkat lunak akuntansi untuk salon rambut, tetapi yang mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda?

Pertama-tama, menggunakan catatan kertas bukan pilihan lagi. Proses ini tidak aman, memakan banyak waktu, dan dapat menyebabkan banyak kesalahan dalam perhitungan. Selain itu, mendokumentasikan informasi tentang transaksi keuangan antara Anda dan pemasok dalam buku catatan dapat menyebabkan kesalahpahaman atau hilang begitu saja.

Opsi yang lebih baik adalah menggunakan lembar kerja Excel, di mana Anda dapat mendokumentasikan catatan keuangan dan menghitung gaji. Metode ini menghemat waktu dalam beberapa aspek dan memberi Anda lebih percaya diri dalam keakuratan perhitungan Anda.

Namun, perangkat lunak semacam itu tidak menyediakan ruang yang cukup untuk perencanaan keuangan dan hanya memberi Anda gagasan yang kabur tentang keuntungan dan pengeluaran Anda. Lebih jauh, Anda dapat membaca kenapa pembukuan melalui excel tidak efisien melalui artikel ini.

Solusi terbaik untuk pembukuan salon adalah software akuntansi seperti Accurate Online yang akan membantu Anda memantau pergerakan uang masuk dan keluar dari akun Anda, mengotomatisasi tugas-tugas rutin pada pembukuan, meningkatkan produktivitas, dan memeriksa setiap detail bisnis Anda.

Kenapa Accurate Online Cocok untuk Usaha Salon Anda

Ada banyak software akuntansi berbeda di Indonesia, namun Accurate Online memiliki fungsi lebih dari yang lain dan yang paling penting adalah Accurate Online memiliki fitur yang melayani kebutuhan usaha salon Anda, seperti:

  • Menghitung otomatis laba dan pengeluaran: pembayaran dari klien, perhitungan gaji, dll.;
  • Melacak saldo harian: layanan yang disediakan dan produk yang dijual
  • Merencanakan anggaran Anda, termasuk keuntungan dan pengeluaran
  • Penghitungan stok yang realtime

Tentunya ini akan membantu Anda mengatur keuangan Anda, tetap up to date dengan setiap perubahan dalam saldo akun, menetapkan target penjualan, dan merencanakan pengeluaran Anda. Fungsi-fungsi ini juga akan membantu Anda menjaga semua transaksi keuangan yang dilakukan melalui salon Anda secara rapi. Tetapi bagaimana dengan proses lainnya?

Mengenal Lebih Jauh Fitur Accurate Online untuk Pembukuan Salon Anda

Accurate Online adalah software akuntansi untuk mengotomatisasi dan memudahkan proses akuntansi pada salon Anda. Telah digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis kecantikan dan salon di Indonesia.

Berikut adalah yang bisa Accurate Online lakukan untuk memudahkan bisnis salon Anda

Semua transaksi keuangan dapat dicatat dan di kelola dalam akun Accurate Online. Anda juga dapat menghasilkan berbagai laporan tentang semua aspek keuangan bisnis Anda dimana saja dan kapan saja, hal ini dikarenakan Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud.

Lebih mudah untuk melacak stok. Anda dapat melihat apakah semua produk dan bahan yang Anda butuhkan ada dalam persediaan dan memesan persediaan yang kurang. Dengan begitu tidak ada lagi Anda bisa mlakukan pemenuhan pesanan semua pelanggan Anda dengan lebih baik

Accurate Online dapat melacak penawaran Anda dengan pemasok. Anda dapat melihat perusahaan tempat Anda bekerja dan berapa banyak Anda telah membayar atau harus membayar untuk produk, serta meninjau pengeluaran.

Anda dapat dengan mudah merencanakan dan menganalisis laba dan pengeluaran. Accurate Online memungkinkan Anda melacak keuangan yang masuk dan keluar dari akun Anda, melihat saldo harian, keuntungan penjualan dan produk, laporan laba rugi, dan membandingkannya dengan pencapaian sebelumnya.

Mudah untuk mengatur program loyalitas atau diskon. Accurate Online akan melacak berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan atau dana yang Anda belanjakan dengan menerapkan program tertentu. Anda juga dapat menyesuaikan diskon bagi setiap suplier atau pelanggan setia Anda

Accurate Online membantu Anda menganalisis setiap proses salon dari sudut pandang keuangan. Ini mendukung Anda ketika mencari cara untuk meningkatkan retensi, produktivitas, dan komisi tenaga penjual. Bahkan, jika salon Anda berkembang dan memiliki banyak cabang, Anda bisa memantau setiap keungan percabang dengan mudah.

Accurate Online memiliki fitur pembatasan Akses untuk pengguna yang Anda kehendaki. Anda dapat memilih karyawan mana yang dapat melihat, laporan keuangan, membuat ataupun menghapus transaksi. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membacanya melalui artikel ini. 

Pengembangan Salon lebih Mudah dengan Pembukuan Terstruktur

Pengorganisasian dan pemantauan keuangan penting untuk bisnis apa pun, tetapi banyak aspek lain dari manajemen salon yang dapat diotomatisasi dan ditingkatkan. Seperti informasi yang kami kemukakan diatas, Accurate Online adalah software akuntansi yang tidak hanya membantu pembukuan dan proses akuntansi.

Accurate Online juga bisa membantu Anda tentang perpajakan, payroll karyawan, dan juga banyak lainnya. Dengan begitu pengembangan bisnis Anda akan lebih terarah dengan biaya yang dapat ditekan. Jika Anda memiliki salon dan ingin mencoba mengoptimalkan pembukuan usaha salon Anda dengan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.