Pengertian dan Manfaat Purchase Order Dalam Dunia Bisnis

Mungkin, masih ada banyak orang yang belum mengerti tentang purchase order. Ini merupakan istilah yang ada seiring dengan berkembangnya kebutuhan, permintaan dan variasi dalam dunia bisnis. Sebelumnya, kita hanya perlu memesan material maupun bentuk barang jadi dan jasa menggunakan telepon atau email, bukan?

Namun, sekarang semua hal mengenai transaksi bisnis akan terasa lebih kompleks dari sebelumnya. Dimana kita harus mengerti beberapa hal penting yang diistilahkan dalam dunia bisnis. Apalagi diiringi dengan adanya perkembangan teknologi yang sekarang kian maju. Inilah salah satu peranan penting dari adanya istilah purchase order tersebut.

Apa Itu Purchase Order?

PO atau Purchase Order ini adalah sebuah dokumen yang berisikan rincian dari barang maupun jasa. Ini adalah rincian yang akan mereka beli dari sang penyedia atau pemasok. PO ini nantinya juga akan mengambil peranan sebagai sebuah kontrak. Dimana kontrak tersebut yang akan mengikat kedua belah pihak dalam sebuah kesepakatan jual beli.

Sistem yang ada di dalam PO ini mungkin akan sangat mirip dengan invoice. Dimana isi dokumen PO adalah beragam data dan rincian transaksi tersebut. Berikut beberapa rincian data yang selalu ada di dalam dokumen PO, yaitu:

  • Nama pemesan
  • Nama perusahaan
  • Alamat pengiriman
  • Alamat penagihan
  • Tanggal pengiriman
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Nama produk
  • Jumlah barang
  • Harga barang
  • Metode pembayaran
  • Cara pengiriman
  • Nomor pesanan
  • Syarat serta ketentuan yang berlaku dalam transaksi

Seberapa Penting Kegunaan Sistem PO?

Ada banyak perusahaan yang masih belum menerapkan dan menggunakan sistem PO ini. Sebagian merasa sistem ini akan sangat merepotkan bagi mereka. padahal, ini adalah salah satu sistem yang snagat penting bagi perkembangan sebuah bisnis. Kenapa? Karena ini akan melindungai banyak hal yang bersifat negatif dari sebuah bisnis.

Mungkin, memberikan kepercayaan penuh kepada vendor dan pembeli biasa dan sering dilakukan perusahaan kecil. Tapi, apa jadinya jika hal tersebut dilakukan oleh sebuah perusahaan yang sudah besar? Bukankah tindakan kriminal bisa terjadi dimana saja dan kapan saja? Hal ini adalah hal yang bisa dicegah jika kita menggunakan sistem PO tersebut.

Coba saja bayangkan jika kita memesan suatu barang yang akhirnya datang tidak sesuai dengan rincian yang ada. padahal, untuk melakukan komplain, kita tidak punya dokumen dan data yang valid, bukan? Nah, inilah mengapa kita perlu menggunakan sistem purchase order tersebut.

PO akan menggambarkan sebuah data yang berisikan informasi penting dan valid mengenai apa saja yang dipesan dalam transaksi jual beli tersebut. Bahkan, ini adalah hal yang sangat penting jika melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak. Pastinya tidak ada yang ingin mengalami kerugian dengan jumlah yang besar, bukan?

Manfaat Purchase Order

Tentu saja, ada beberapa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan sistem PO ini. Berikut manfaat dari sistem PO tersebut:

1. Menghindari Tindak Penipuan

Ini merupakan sistem transaksi yang nantinya akan mengurangi adanya tindakan penipuan. Pemesanan secara langsung memang mudah dan lebih simpel, tapi ini tidak bisa menghindarkan kita dari masalah penipuan. Apalagi, jika pemesanan tersebut sedikit melenceng dari SOP yang ada. Tentunya, pemesanan yang menggunakan sistem PO akan jauh lebih aman. Dimana kita memiliki informasi valid mengenai rincian pemesanan tersebut.

2. Penentuan Harga

Didalam sistem PO, pembeli akan dengan mudah menentukan harga kepada pemasok atau penjual. Dengan lebih mudah melakukan pengajuan harga yang diinginkan. Jika pihak pembeli ingin mengajukan harga dalam pembelian dan akan lebih mudah disetujui jika penjual menginginkannya juga.

Bahkan, biasanya sistem PO ini akan memberikan diskon atau potongan harga yang diberlakukan untuk pembelian dalam jumlah banyak. Tentunya, ini akan sangat menghemat pembelian yang dilakukan dalam sistem borongan.

3. Pengamanan Untuk Ketersediaan Barang

Ini adalah sistem yang akan mengamankan pengamanan ketersediaan barang yang akan dibeli. Dimana penjual akan mengamankan dan mengirimkan pesanan sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pembeli.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan manfaat sistem purchase order untuk perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk membuat proses purchase order lebih mudah pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Accurate Online bisa menjadi pilihan software akuntansi yang tepat bagi bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan sudah digunakan oleh jutaan entitias bisnis di Indonesia.

Anda bisa mecoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

 

Anda juga bisa membaca artikel akuntansi menarik lainnya melalui link dibawah ini :