Ini Dia Manfaat dan Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

Transaksi dalam suatu bisnis sangat penting untuk dibuatkan faktur penjualanya. Pasalnya, hal ini akan diperlukan untuk mengisi laporan keuangan suatu bisnis yang sedang berjalan. Faktur penjualan atau disebut sales invoice merupakan lembar bukti tagihan atau transaksi yang ditujukan kepada konsumen atas pembelian atau penjualan barang dan jasa.

Bentuk suatu faktur penjualan umumnya tidak diatur secara baku, sehingga pemilik bisnis atau perusahaan dapat mengubah bagian-bagian  faktur dan disesuaikan dengan keperluan bisnis Anda. Di zaman dulu, faktur penjualan dibuat dalam bentuk konvesional, seperti nota misalnya. Namun, zaman serba digital saat ini, faktur penjualan bahkan hadir dalam bentuk digital berupa faktur elektronik.

Manfaat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

Lalu apa manfaat membuat faktur penjualan untuk bisnis Anda? Berikut ini ulasanya:

  • Faktur menjadi informasi barang atau jasa yang dibeli konsumen dari perusahaan kita
  • Faktur menjadi informasi besarnya nilai tagihan pembayaran yang harus dibayarkan pihak pembeli
  • Faktur penjualan merupakan bukti koreksi, jika saja ada pembeli yang salah menerima barang yang dikirim oleh penjual dan dapat segera diperbaiki
  • Faktur penjualan juga sebagai rujukan yang sah, jika barang atau jasa dijual kepada pihak lain
  • Faktur sebagai bukti transaksi yang sah untuk kemudian dimasukan transaksi tersebut dalam pembukuan keuangan perusahaan atau bisnis Anda
  • Faktur penjualan dapat digunakan sebagai rujukan untuk faktur pada kasus-kasus tertentu

Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa untuk membuat faktur penjualan bisnis Anda, ada dua metode yang dapat digunakan. Yang pertama dengan metode konvensional atau manual, dimana faktur dibuat dengan ditulis pada kertas khusus.

Berikan informasi yang lengkap seperti indentitas penjual dan pembeli, apa saja barang atau jasa yang di beli, berapa jumlah yang harus dibayar serta keterangan lainya sesuai kebutuhan.

Selain ditulis secara manual, Anda juga dapat lebih mudah dalam membuat faktur penjualan, dengan membeli buku nota atau faktur yang banyak dijual di toko buku. Format faktur penjualan dalam buku seperti ini sudah dicetak lengkap, sehingga Anda tinggal menulis dan mengisi informasinya saja.

Metode berikutnya adalah membuat faktur penjualan secara modern, yaitu dengan menggunakan bantuan dari software akuntansi. Dengan kemudahan ini, Anda sebagai bagian penjualan dapat membuat, mencetak, hingga mengirimkan faktur dengan tepat.

Umumnya, software akuntansi sudah dilengkapi dengan template faktur dalam bentuk baku, tetapi penjual juga masih bisa mengubahnya sesuai keperluan bisnisnya.

Dengan adanya cara membuat faktur penjualan dalam bentuk faktur penjualan elektronik dari software akuntansi yang digunakan, transaksi bisnis Anda akan lebih mudah dan tidak terlalu repot. Pembukuan keuangan bisnis Anda juga tentu lebih mudah dibuat.