Ini dia 5 Langkah Mudah Membuat Business Plan

Anda ingin mulai menjalankan suatu bisnis, apakah sudah membuat business plan? Pasalnya, mendirikan suatu bisnis tentunya tidak mudah, diperlukan perencanaan yang baik agar bisnis bisa berjalan dengan lancar kedepanya. Membuat business plan atau rencana bisnis merupakan hal utama yang perlu dilakukan saat akan mendirikan bisnis.

Business plan adalah rencana tertulis mengenai latar belakang, tujuan serta bagaimana bisnis Anda akan mencapai tujuanya. Agar lebih mudah, terdapat beberapa komponen dalam business plan yang perlu diketahui. Simak pada paragraf selanjutnya.

Langkah Membuat Bisnis Plan Usaha Anda

Sebelum mengetahui apa saja langkah mudah untuk membuat rencana bisnis usaha Anda, berikut beberapa komponen yang harus ada dalam business plan :

  • Definiskan tentang bisnis Anda secara garis besar bersama susunan tim
  • Deskripsikan tentang mengapa Anda mendirikan bisnis tersebut lalu apa yang dilakukan oleh bisnis Anda tersebut saat ini
  • Riset pasar untuk mengetahui minat konsumen terhadap produk atau jasa dalam bisnis Anda, serta bagaimana kondisi competitor bisnis serupa dan apa kelebihan bisnis Anda
  • Penjelasan struktur bisnis dan perananya
  • Penjelasan produk atau jasa yang ditawarkan
  • Bagaimana strategi marketing dan penjualan yang akan diterapkan dalam bisnis
  • Penjelasan tentang modal bisnis, berapa banyak yang dibutuhkan serta dari mana sumber modal tersebut beserta rincianya
  • Proyeksi keuangan, yaitu rincian modal dan pendapatan yang akan diterima
  • Surat perizinan tentang kelegalan bisnis dan dokumen penting lainya

Adapun beberapa langkah mudah membuat business plan, sebagai berikut:

Lakukan Riset

Lakukan riset secara mendetail dan sesuaikan dengan selera pasar saat ini. Lakukan analisis terhadap produk yang Anda buat serta lakukan riset apa saja yang dilakukan competitor sejenis terhadap produk yang sama.

Tetapkan Tujuan Bisnis

Jelaskan dan tuliskan oleh Anda, apa yang menjadi tujuan bisnis tersebut serta apa hasil yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang pasti, bisnis akan terjadi secara terarah dan Anda lebih mudah dalam mengambil keputusan bisnis.

Buat Company Profile

Membuat company profile tentunya merupakan hal yang wajib ada dalam business plan Anda, karena merupakan halaman utama untuk mengenalkan usaha Anda tersebut. Usahakan, buatlah suatu company profile tentang bisnis Anda dengan detail dan jelas. Dengan begitu, saat presentasi dilakukan, calon investor bisa melihat langsung bisnis Anda selengkap mungkin.

Mencatat Seluruh Transaksi Keuangan

Business plan dalam usaha Anda, nantinya akan menjadi sarana untuk mendapatkan pendanaan dari investor. Maka dari itu, cantumkan arus keuangan dari bisnis Anda dengan mencatat seluruh transaksi keuangan baik dalam jumlah kecil hingga besar, terkait bisnis Anda tersebut

Miliki Strategi Marketing

Anda harus memiliki dan membuat strategi marketing yang bermanfaat bagi usaha Anda sendiri. Mulailah dengan membuat timeline mengenai waktu yang tepat untuk Anda melakukan promo hingga perkenalan produk baru kepada konsumen agar kegiatan marketing menjadi lebih teratur.

Mungkin membuat rencana bisnis seperti di atas menjadi cukup rumit. Namun, hal ini sangat penting dan harus dilakukan bagi para pebisnis yang ingin memajukan bisnisnya di masa depan dengan membuat business plan yang lengkap dan mudah.