• Sistem informasi akuntansi banner

Mengenal Arti, Bagian, dan Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Apa itu Sistem Informasi Akuntansi?

Sistem informasi Akuntansi  adalah  proses untuk mengumpulkan data, memproses data menjadi informasi, dan mendistribusikan informasi itu kepada pengguna. Tujuan dari sistem informasi akuntansi adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data keuangan dan akuntansi guna menghasilkan laporan atau informasi yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis. Dahulu  pencatatan akuntansi kebanyakan menggunakan sistem manual,  namun seiring disrupsi bersamaan dengan revolusi industri, saat ini sebagian besar sistem informasi akuntansi sudah menggunakan otomatisasi.

 

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

  • Sistem informasi akuntansi memiliki tiga fungsi dasar:Fungsi pertama adalah pengumpulan dan penyimpanan data yang efisien dan efektif mengenai aktivitas keuangan organisasi, termasuk mendapatkan data transaksi dari dokumen sumber, mencatat transaksi dalam jurnal, dan memposting data dari jurnal ke buku besar.
  • Fungsi kedua adalah untuk menyediakan informasi yang berguna untuk membuat keputusan, termasuk menghasilkan laporan manajerial sekaligus laporan keuangan, misalnya adalah laporan laba – rugi.
  • Fungsi ketiga adalah sistem ini memastikan data transaksi bisnis Anda terekam dan terproses secara akurat dan aman.

 

Bagian dari Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi biasanya memiliki enam bagian dasar yang biasanya memiliki korelasi satu sama lain dalam sebuah bisnis.

  1. Orang yang menggunakan sistem, termasuk akuntan, manajer, dan analis bisnis
  2. Prosedur dan instruksi adalah cara pengumpulan data, disimpan, diambil, dan diproses
  3. Data termasuk semua informasi yang masuk ke dalam sistem
  4. Perangkat lunak terdiri dari program komputer yang digunakan untuk memproses data
  5. Infrastruktur teknologi informasi mencakup semua perangkat keras yang digunakan untuk mengoperasikan sistem tersebut. Contohnya seperti komputer, server, atau router.
  6. Kontrol internal yaitu tindakan keamanan yang digunakan untuk melindungi data yang ada.

 

Reliabilitas Dalam Sistem Informasi Akuntansi

Mengingat pentingnya sistem informasi akuntansi dalam memberikan informasi bisnis yang berharga, maka reliabilitas atau keandalan sangat penting disini. terlebih data yang disimpan dalam sistem tersebut biasanya menyangkut privasi dan kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. American Institute of CPA (AICPA) dan Canadian Institute of Chartered Accountants (CICA) telah mengidentifikasi lima prinsip dasar yang penting bagi keandalan sistem ini, yaitu :

  1. Keamanan – Akses ke sistem dan datanya dikontrol dan dibatasi hanya untuk yang berwenang.
  2. Kerahasiaan – Perlindungan informasi sensitif dari pengungkapan yang tidak sah.
  3. Privasi – Pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi pribadi tentang pelanggan dilakukan dengan cara yang tepat dan privat.
  4. Memproses integritas – Pemrosesan data yang akurat, lengkap, dan tepat waktu dilakukan dengan otorisasi yang tepat.
  5. Ketersediaan – Sistem ini tersedia untuk memenuhi kewajiban operasional sesuai kontrak.

Pentingnya  sistem informasi akuntansi dalam sebuah perusahaan adalah hal yang tak bisa Anda kesampingkan. Maka dari itu, memilih software akuntansi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda adalah faktor yang krusial. Gunakanlah Accurate online, software akuntansi berbasis cloud yang sudah banyak dipakai oleh perusahaan multinasional sampai UKM. Tanpa perlu instal dan bisa digunakan kapan saja, dimana saja. Bisa digunakan pada sistem operasi apapun, mulai dari Mac, Windows, bahkan Linux. Jadikan bisnis Anda lebih bailk dengan pencatatan transaksi yang lebih baik.

Anda bisa mengunduh demo gratis accurate online disini

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :

By |2019-01-03T10:03:49+00:00October 23rd, 2018|Akuntansi|