10 Buku Akuntansi Terbaik Untuk Pemula

Di dunia yang penuh persaingan seperti sekarang, banyak usaha kecil tidak atau belum memiliki pendanaan untuk merekrut akuntan professional untuk mengelola dan memenuhi laporan keuangan mereka. Namun melalui perkembangan teknologi, khususnya internet, penyebaran informasi dan beragam buku  akuntansi untuk pemula yang ada, banyak UMKM atau pengusaha kecil meningkatkan kemampuan mereka tentang akuntansi secara otodidak.

Kami telah membuat daftar buku-buku terbaik tentang dasar-dasar akuntansi. Daftar buku ini dirancang untuk pembaca tanpa latar belakang akuntansi atau keuangan yang menginginkan pengenalan akuntansi oleh para ahli dalam bidang akuntansi di dunia. Dalam membuat daftar ini, kami mempertimbangkan jumlah ulasan dari Amazon.com  (parameter kami adalah : lebih banyak ulasan baik, maka peringkatnya lebih tinggi ).  Berikut adalah 10 Buku Akuntansi dengan peringkat ulasan terbaik dari kami:

1. Financial Statements: A Step-by-Step Guide to Understanding and Creating Financial Reports. Penerbit : Career Press

Financial Statements

Buku Akuntansi dasar best-seller ini berfungsi sebagai pengantar yang bagus untuk manajer non-keuangan, investor pasar saham, mahasiswa, dan Anda yang ingin mempelajari akuntansi. Tanpa menggurui, panduan Thomas R. Ittelson dalam buku ini selangkah demi selangkah memandu kita melalui tiga tipe dasar laporan keuangan: neraca, laporan laba rugi, dan arus kas. Dengan menyeimbangkan penjelasan yang jelas dari ketiga dasar-dasar akuntansi dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diperlukan, Ittelson membuat buku ini dirancang untuk usaha kecil dan non-akuntan.

Baca juga: KPI : Penjelasan Lengkap dan Mengenal Contohnya

Dalam buku ini menerangkan definisi yang jelas lengkap dengan contoh-contoh visual, Ittelson memastikan pembacanya dapat memahami bagaimana mengukur kesehatan keuangan perusahaan mereka. Untuk non-akuntan, buku ini harus dibaca untuk meningkatkan literasi keuangan.

 

2. Accounting Game: Basic Accounting Fresh from the Lemonade Stand, Penerbit : Sourcebooks

Accounting Game

Dalam dunia bisnis pekerjaan non-keuangan sekalipun membutuhkan pengenalan lebih jauh dengan konsep keuangan, terutama untuk bisnis yang anda bangun, buku Accounting Game karya Darrell Mullis dan Judith Orloff harus dibaca, terutama bagi pemilik usaha kecil. Dengan menggunakan contoh berkelanjutan dan analogi yang tepat, mulai stand limun kecil, mereka menjelaskan dasar-dasar keuangan, termasuk istilah  dan bagian bagian dari keuangan umum.

Dengan mencontohkan stand limun kecil yang mereka bangun, para pembaca akan mempelajari finansial dasar, termasuk konsep-konsep seperti aset, kewajiban, pendapatan, persediaan, dan lain-lain. Dirancang untuk seseorang tanpa latar belakang akuntansi, Accounting game meninjau tiga laporan keuangan inti secara bertahap dan membangun pengetahuan seiring bab demi bab dalam buku ini. Untuk Anda pengusaha UMKM, buku ini adalah buku yang wajib ada dalam rak buku Anda.

Baca Juga : Perbedaan Akuntansi Berbasis Akrual dan Akuntansi Berbasis Kas

3. Accounting for the Numberphobic: A Survival Guide for Small Business Owners. Penerbit : AMACOM / American Management Association

Accounting for the Numberphobic

Dawn Fotopulos, penulis Accounting for the Numberphobic, mengungkapkan 3 laporan keuangan usaha kecil: Laporan Laba Bersih, Laporan Arus Kas, dan Neraca. Dengan fokus khusus pada pemahaman informasi dan implikasi dari setiap dokumen, buku ini berguna bagi pemilik usaha kecil untuk mengendalikan keuangan perusahaan mereka.

Melalui beberapa kasus, buku akuntansi ini meningkatkan literasi keuangan pembaca dalam menumbuhkan laba, mengukur arus kas, kesinambungan keuangan, dan nilai perusahaan secara keseluruhan. Bagi siapa pun tanpa latar belakang keuangan dan membutuhkan dasar-dasar akuntansi, buku ini harus dibaca.

4. Accounting Made Simple: Accounting Explained in 100 Pages or Less, penerbit Simple Subjects

Accounting Made Simple

Accounting Made Simple karya Mike Piper ini merupakan ikhtisar ringkas atas prinsip-prinsip akuntansi dasar. Setiap bab dan ringkasan babnya terdefinisi dengan baik, buku akuntansi ini juga merupakan referensi yang bagus bagi Anda pengusaha UMKM. Materi yang mudah dicerna tentang beberapa dasar-dasar akuntansi, seperti cara membaca dan menyiapkan laporan keuangan, bagaimana menghitung rasio keuangan, depresiasi, dan amortisasi yang berbeda. Buku akuntansi ini juga mencakup konsep di balik Standar Akuntansi yang Diterima Secara Umum dan berlaku di Indonesia  (PSAK) dan Persamaan Akuntansi tanpa istilah teknis apa pun. Saat  pembaca menyelesaikan buku ini, maka pembaca tidak hanya tahu cara mencerna dan membuat laporan akuntansi dasar, tetapi mereka juga memiliki pemahaman dasar tentang beberapa teori dalam dunia Akuntansi.

 

5. Accounting All-in-One For Dummies, penerbit : For Dummies

Accounting All-in-One For Dummies

For Dummies, penerbit yang sudah menerbitkan banyak buku  dengan genre how to yang sudah sangat terkenal di dunia, mulai dari cara menjadi programmer sampai cara menjadi akuntan diterbitkan oleh mereka. Buku Accounting All-in-One For Dummies ditulis sebagai panduan referensi untuk mahasiswa dan profesional akuntansi. Accounting All-in-One For Dummies adalah koleksi yang berharga untuk setiap rak buku bagi Anda pemilik usaha kecil. Penulis Joy Kraynak memberikan perincian komprehensif tentang banyak konsep akuntansi, termasuk mengatur sistem akuntansi, mencatat transaksi, menyesuaikan entri, menyiapkan laporan laba rugi dan neraca, membuat anggaran, dan banyak lagi. Meskipun mencakup banyak hal, Accounting All-in-One For Dummies ini adalah buku tepat untuk pengetahuan akuntansi dasar atau sebagai penyegaran bagi Anda yang lebih berpengalaman.

 

6. Accounting: For Small Businesses QuickStart Guide – Understanding Accounting for Your Sole Proprietorship, Startup, & LLC, Penerbit : ClydeBank Media LLC

Accounting For Small business

Dirancang untuk mereka yang ingin mengembangkan bisnis kecil. Buku panduan terbitan  ClydeBank Media ini berisikan materi yang mudah dibaca dan dicerna. Buku Akuntansi ini membimbing pembaca untuk mempelajari prinsip-prinsip akuntansi dasar, termasuk hubungan antara aset, kewajiban, dan ekuitas, dan membuat dan menggunakan laporan keuangan.

Buku ini memasukkan penjelasan yang detail dan dengan contoh yang mudah dimengerti. Seperti : mendeteksi dan mencegah penipuan, pengoptimalan catatan, akuntansi akrual vs akuntansi kas, dan masih banyak lagi. Buku akuntansi ini meningkatkan pemahaman keuangan holistik bagi pembaca. ClydeBank Media sendiri selaku penerbit sangat menjamin materi dalam buku ini sesuai tinjauan  atas dasar-dasar akuntansi. Bahkan mereka menawarkan jaminan uang kembali 100%. Cukup hebat bukan?

7. Fundamental Accounting Principles. Penerbit : McGraw Hill

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1975, Fundamental Accounting Principles sekarang masuk dalam edisi ke-22. Selama lebih dari tiga puluh tahun, buku ini telah menjadi standar untuk akuntansi keuangan. Buku Akuntansi ini menggunakan bahasa yang jelas dan akurat secara teknis dan menggunakan prinsip pendidikan Success Student Cycle yang mendorong pembelajaran daripada menghafal. Dasar-dasar akuntansi secara perlahan dibangun di atas satu sama lain dalam setiap bab dibuku ini  sebagai contoh yang relevan dan mudah dipahami. Setiap edisi terbaru juga otomatis memperbarui konten dan contoh kasus, sehingga pembaca dapat yakin mereka mendapatkan informasi terkini tentang prinsip-prinsip akuntansi dasar. 

 

8. Accounting, 6th edition (Barron’s Business Review Series) Penerbit: Barron

Peter J. Eisen’s, Penulis  yang membiasakan pembaca dengan istilah akuntansi dasar, persamaan akuntansi, laporan keuangan, dan catatan transaksi. Buku Akuntansi ini Idealnya cocok untuk pemilik usaha kecil yang perlu menetapkan atau mempelajari dasar-dasar akuntansi mereka.

Buku ini juga membahas cara tutup buku atau membuat jurnal penyesuaian pada laporan akuntansi di akhir periode. Selain menjelaskan apa yang dimaksud oleh masing-masing prinsip akuntansi, Eisen juga berfokus pada penjelasan tentang bagaimana dan mengapa masing-masing prinsip ini begitu penting dipelajari. Pembaca akan mengerti dengan pemahaman menyeluruh tentang akuntansi dasar dan secara bersama sama meningkatkan pengetahuan finansial secara keseluruhan.

 9. Accounting: Tools for Business Decision Making, 5th Edition. Penerbit : Wiley

Accounting Tools for Business Decision Making

Accounting: Tools for Business Decision Making oleh Paul Kimmel, Jerry Weygandt, dan Donald Kieso memberikan pengenalan yang ramah kepada pembaca tentang prinsip-prinsip akuntansi dasar. Melalui ilustrasi, diagram, dan contoh yang jelas, penulis mengubah elemen dasar akuntansi dasar menjadi buku akuntansi yang mudah dicerna. Para penulis mengikuti metode “Macro to micro” untuk membahas setiap laporan keuangan. Dalam buku ini menjelaskan bagaimana setiap jenis laporan keuangan berkontribusi pada aspek-aspek tentang pembiayaan, investasi, dan kegiatan operasi bisnis lainnya. Dengan contoh terbaru dalam edisi ke-5, buku akuntansi ini meningkatkan pemahaman ilmu akuntansi dan keuangan pembaca dengan penjelasan yang jelas dan menyeluruh tentang dasar-dasar akuntansi.

 

10. Persiapan Dasar ACCURATE Online. Penerbit : Bisnis2030

persiapan-dasar-accurate-online

Buku yang terakhir adalah buku terbitan dalam negeri yaitu penerbit Bisnis2030 tentang software akuntansi Accurate online. Dalam buku ini menjelaskan secara mendetail pengoperasian penggunaan Accurate secara mendalam. Mulai dari proses aktivasi fitur pada modul terkait, fitur dasar, penjualan, pembelian, persediaan, akun perkiraan, dan lain lain. Buku ini dikemas dengan materi yang mudah dipahami dan berisi tutorial yang sangat mudah dimengerti karena berisikan tangkapan gambar dari setiap langkahnya. Anda bisa memesan buku tersebut disini

Untuk Anda yang belum tahu tentang Accurate online, Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dipakai oleh banyak perusahaan baik di dalam negeri dan luar negeri. Dikembangkan sejak tahun 1998, menjadikan Accurate sebagai software pencatatan keuangan yang sudah terbukti dan teruji keanndalann. anda bisa mencoba demo secara gratis melalui link ini

 

Baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini :