8 Universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia

Jika Anda ingin bercita-cita menjadi akuntan, tentunya pendidikan dan pembelajaran tentang Akuntansi menjadi hal yang sangat penting. Atas dasar itu pula, memilih program akuntansi terbaik di universitas favorit bisa menjadi modal dan dan nilai jual Anda saat Anda berkarir nanti. Selain pelatihan dan sertifikasi yang mungkin nanti akan Anda butuhkan untuk menunjang karir Anda, memilih jurusan akuntansi terbaik juga merupakan pilihan awal terbaik jika Anda ingin menjadi akuntan yg profesional.

Berdasarkan data QS World University Rankings yang kami ambil, berikut adalah 8 nama  universitas dengan fakultas akuntansi terbaik per agustus 2018:

 

Universitas Diponegoro

Undip

 

Undip atau Universitas Diponegoro merupakan universitas negeri yang berada di semarang jawa tengah dan masuk dalam universitas favorit di Indonesia. Jurusan akuntansi di Undip juga termasuk jurusan favorit dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Sering mengadakan seminar berkelas nasional, event terakhir adalah membuka forum akunting pada maret lalu dengan mengusung tema akuntansi forensik. Universitas dipenogoro masuk dalam daftar ke 8 sebagai universitas dengan jurusan akuntansi terbaik

 

Universitas Airlangga

Unair

Universitas Airlangga adalah universitas negeri  yang terletak di Surabaya, Jawa timur. Hal yang menarik pada program akuntansi di Unair adalah jika pada universitas lain dalam 1 tahun berlaku 2 smester, untuk unair berbeda. Di Unair ada tambahan smester yang dinamakan smester pendek yang berkisar hanya 1 bulan dan biasanya setelah berakhirnya semester genap. Universitas Airlangga masuk sebagai universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di peringkat ke 7.

 

Universitas Indonesia

UI

Universitas yang identik dengan almamater kuning ini menduduki peringkat ke  untuk universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Banyak penghargaan yang sudah didapatkan oleh para dosen dan mahasiswa jurusan akuntansi yang berasal dari Universitas Indonesia. yang paling terbaru  adalah salah satu dosen UI dari jurusan akuntansi memenangkan disertasi Terbaik di American Accounting Association 2018.

Baca Juga : Mengetahui Lebih Jauh Tentang North Star Metric

 

Universitas Islam Indonesia

Universitas islam Indonesia atau yang disingkat UII menjadi nomor 5 untuk universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. UII sendiri adalah universitas swasta tertua di Indonesia dan juga termasuk universitas favorit untuk kalian meneruskan jalur pendidikan. Program studi akuntansi di UII sendiri merupakan yang termasuk program yang sangat diminati dan banyak peminatnya. Meskipun universitas swasta, namun UII sudah banyak berkontribusi pada dunia akuntansi di Indonesia melalui Pengembangan Kajian dan Riset yang telah banyak dilakukan oleh UII.

 

Universitas Sebelas Maret

Universitas kebanggaan kota Solo ini menempati urutan ke 4. Menjalin afiliasi dengan ikatan akuntan Indonesia atau IAI menjadikan UNS sebagai universitas dengan program akuntansi dengan kurikulum terupdate untuk meminimalisir gap  antara dunia kerja dan dunia perkuliahan. Tidak hanya sampai disitu UNS juga merupakan member dari Assosiation of Asia Pasific Business School (AAPBS)

Baca juga : Apa itu bauran pemasaran atau marketing mix? ayo kenal lebih jauh

Universitas Surabaya

Program studi akuntansi Ubaya atau Universitas Surabaya telah banyak meraih prestasi, baik nasional maupun internasional. Hal ini menjadikan Ubaya menjadi salah satu universitas pilihan jika Anda mau menjadi akuntan yang kompeten. Ubaya sendiri menempati peringkat ke 3 untuk universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Program studi akuntansi Ubaya juga banyak meraih prestasi yang membanggakan di bidang Akuntansi itu sendiri

 

Telkom University

Telkom University atau Tel-U adalah universitas yang terletak di Bandung, Jawa barat. Saat ini sedang berusaha untuk melakukan internasionalisasi pada setiap program studinya, termasuk juga akuntansi. Tidak hanya itu,  Tel-U juga sering menyelenggarakan pelatihan bersertifikasi untuk membekali kompetesi tambahan yang relevan dengan bidang  akuntansi. Telkom University sendiri menempati urutan ke 2 di Indonesia untuk universitas dengan jurusan akuntansi terbaik.

Baca juga: Mempelajari KPI , Mengenal Contohnya, dan Penjelasannya

 

Universitas Brawijaya

Jurusan akuntansi di Universitas Brawijaya merupakan yang terbaik di Indonesia untuk saat ini. Bekerjasama dengan berbagai instansi baik dari dalam maupun luar negeri menjadikan Universitas Brawijaya atau UB mendapatkan peringkat teratas untuk universitas dengan fakultas akuntansi terbaik versi QS World University Rankings. Seluruh akreditasi dari setiap program pendidikan akuntansi baik program sarjana, magister, dan dokter sudah terakreditasi dengan peringkat A atau sangat baik. Hal ini menjadikan UB atau universitas Brawijaya sebagai Universitas yang tepat untuk Anda yang mau menjadi akuntan yang handal

Untuk menjadi akuntan yang hebat Anda diharuskan untuk terus belajar dan memahami berbagai kasus akuntansi. Anda juga akan dituntut untuk menjadi akuntan yang mampu memahami dan mengoperasikan software akuntansi yang sudah banyak dipakai oleh banyak instansi dan perusahaan besar, contohnya adalah accurate. Saat ini Accurate juga tersedia dalam aplikasi berbasis cloud yang memudahkan mobilitas laporan keuangan secara real time yaitu accurate online. Anda bisa mencoba dan mempelajari accurate disini