6 Jurus Jitu Menjadi Penjual yang Andal

 

Berani berbisnis berarti berani menjadi seorang penjual yang andal. Dalam menjalankan bisnis, terutama bagi para pemula, posisi kita bisa menjadi multitasking. Mulai dari menjadi seorang pemilik usaha itu sendiri, hingga terjun sebagai tenaga marketing dan tenaga penjual dari produk atau jasa yang ditawarkan bisnis kita. Menjual barang atau jasa tersebut terkadang tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebelum merekrut tenaga penjual, penting bagi kita untuk memahami terlebih dulu bagaimana menjadi seorang penjual yang andal.

Jurus Jitu Menjadi Penjual yang Andal

Bagi para pemilik bisnis tingkat pemula, mungkin Anda akan berencana untuk merekrut tim penjual terbaik agar bisa menjual produk dan jasa bisnis Anda dengan hasil yang maksimal. Namun, untuk itu, tentunya kita memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit. Alangkah baiknya jika sebagai owner dari suatu bisnis, Anda sudah terlebih dulu terjun sebagai penjual yang andal dengan mengembangkan kualitas diri. Apa saja jurus jitu menjadi penjual yang andal, berikut ulasanya:

Memiliki Kepercayaan Diri dan Keberanian

Bisnis akan selalu mendatangkan persaingan yang ketat, dalam hal ini, seorang tenaga penjual wajib memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jika sudah percaya diri, maka penjual akan menjadi pribadi yang berani. Keduanya akan berhasil membuat calon pelanggan merasa yakin juga untuk membeli produk atau jasa Anda.

Memiliki Imajinasi

Seorang penjual yang andal juga harus memiliki imajinasi yang tinggi. Misalnya, penjual harus bisa memposisikan diri sebagai calon pembeli, saat menghadapi situasi yang berat dalam transaksi jual beli. Dengan begitu, penjual dapat lebih mengerti sasaran dan kebutuhan pelanggan.

Nilai dan Ketepatan Produk

Tenaga penjual yang andal, harus mengetahui bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki nilai dan ketepatan produk yang cocok dengan calon pembeli. Misalnya, penjual yang andal tidak akan menawarkan mobil Jaguar pada calon pembeli yang seharusnya membeli mobil Ford.

Memahami Kualifikasi Calon Pembeli

Seorang penjual yang Andal juga harus memahami kualifikasi calon pembeli, contohnya mengetahui kondisi financial dari calon pembeli. Hal tersebut penting untuk menghindari istilah “gagal jual” pada penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.

Memiliki Wawasan Produk yang Baik

Hal ini sudah menjadi dasar yang mutlak untuk diketahui para penjual, dimana ia harus menguasai pengetahuan seputar produk yang dijual, khususnya keunggulan apa saja yang bisa didapatkan dari produk atau jasa yang Anda jual tersebut.

Memiliki Kegigihan Tingkat Tinggi

Seorang penjual yang andal, tentunya harus memiliki sikap yang gigih. Setiap penjualan pastinya akan sering mendapatkan penolakan dari calon pembeli. Namun, penolakan hal tersebut seharusnya dianggap sebagai tantangan oleh para penjual untuk semakin menjual dengan maksimal lagi.

Anda juga harus mencatat setiap penjualan yang terjadi pada sistem pembukuan yang terencana agar Anda bisa memantau setiap pengeluaran dan pemasukan dari usaha Anda.

Gunakanlah Accurate Online sebagai solusi kemudahan pembukuan bisnis Anda. Memiliki fitur terlangkap dan harga yang terjangkau, cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis. Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menjadi tenaga penjual yang andal? Pastikan Anda sudah memiliki pengembangan kepribadian dengan jurus jitu diatas. Semoga berhasil.

 

Ingin mengetahui artikel tentang bisnis lainnya? Berikut adalah beberapa artikel pilihan kami :