Baru Mulai Usaha? Simak  5 Strategi Pemasaran Produk Baru yang Mudah Dijalankan

Memulai sebuah usaha tentunya membutuhkan strategi pemasaran produk  yang efektif dan mudah dijalankan. Meningkatkan penjualan akan menjadi fokus pada usaha yang baru saja dirilis. Produk baru tentunya tidak mudah dapat diterima pasar begitu saja. Untuk itu, para pengusaha harus mengetahui dan menguasai beberapa strategi tersebut, agar bisa menarik minat konsumen lebih banyak lagi.

Strategi Pemasaran Produk Baru

Seiring berkembangnya zaman, memasarkan produk harus dilakukan dengan cara yang lebih beragam. Konsumen yang juga lebih pintar dalam memilih produk seperti saat ini, juga menjadi tantangan dalam menerapkan strategi pemasaran, bagi bisnis yang baru saja dirilis. Apa saja strategi pemasaran produk baru tersebut, berikut ulasanya:

Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Strategi yang pertama adalah dengan melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. Dimana tim marketing akan melakukan komunikasi dengan konsumen secara langsung. Setelah konsumen membeli produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen akan berkomunikasi lagi dengan konsumen lainya seperti temanya dan kerabatnya yang berpotensi untuk membeli lagi produk tersebut.

Pemasaran dengan Reseller dan Dropship

Reseller dan dropship merupakan strategi pemasaran produk baru yang efektif, apalagi di era bisnis online seperti sekarang ini. Produk baru yang kita jual akan lebih cepat dikenal oleh konsumen, karena umumnya pemasaran memang dilakukan oleh reseller serta dropship tersebut. Tugas kita sebagai pemilik usaha hanya mengirimkan produk sesuai pesanan dari reseller dan dropship kepada konsumen.

Pemasaran di Acara Tertentu

Strategi pemasaran berikut ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada konsumen dengan langsung dan ikut berpartisipasi dalam suatu acara kepada pihak lainya. Sebagai pemilik usaha, kita tidak perlu mencari konsumen, karena mereka akan datang dengan sendirinya ke acara tersebut. Kita hanya tinggal menjual produk kita saja secara langsung.

Pemasaran dengan Sosial Media

Strategi pemasaran ini tentunya merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemasar dari suatu produk dan jasa yang akan dijual. Sebelum menggunakan strategi ini, sebaiknya pilih terlebih dulu platform social media mana yang akan menjadi focus untuk berjualan kepada konsumen. Dengan begitu, pemasaran akan lebih focus dan lebih efektif.

Pemasaran dengan Kupon Belanja

Strategi pemasaran produk baru berikutnya adalah dengan memberikan kupon belanja. Berikan kupon ini kepada konsumen, sebagai pengurang harga produk yang akan dia beli.Dengan begitu, konsumen akan berpikir bahwa usaha Anda ini benar-benar bersahabat terhadap mereka.

Untuk menjalankan beberapa strategi pemasaran di atas, Anda mungkin akan membutuhkan anggaran biaya khusus. Namun, dengan mengandalkan relasi dan koneksi, bisa saja Anda melakukan strategi pemasaran produk baru ini dengan lebih hemat bahkan gratis.

Kesimpulan

Melakukan strategi pemasaran harus dilakukan dengan rencana yang matang agar bisnis berjalan menjadi lebih efektif. Jangan lupa juga tentang pembukuan usah agar keuangan Anda lebih terkontrol.

Jika pembukuan pada bisnis berantakan, tentunya ini akan mengakibatkan laporan keuangan yang tidak benar dan akan berdampak untuk kesehatan bisnis bagi Anda sendiri selaku pemilik usaha dan juga bagi investor atau pemangku kepentingan lainnya.

Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan proses pembukuan seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah memenangkan Top Brand Award selama 4 tahun berturut-turut untuk kategori software akuntansi dan sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui artikel tentang bisnis lainnya? Berikut adalah beberapa artikel pilihan kami :