Amnesti Pajak: Pengertian Dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Pengertian Amnesti Pajak

Amnesti pajak sering disebut juga dengan pengampunan pajak atau tax amnesty merupakan kesempatan yang berikan oleh pemerintah kepada wajib pajak untuk melunasi pajak terhutang periode sebelumnya tanpa dikenai denda ataupun pidana. pengampunan pajak diatur dalam UU No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak

Amnesti pajak ini dilakukan ketika ada beberapa otoritas memulai penyelidikan pajak pada tempo yang telah lalu. Dengan pengampunan pajak akan memberikan keuntungan antar kedua pihak baik pemerintah maupun wajib pajak.

Pengampunan pajak sangat membantu pagi para pengusaha untuk melakukan pembayaran pajak pada periode yang lalu tanpa dikenakan denda maupun bunga. Sehingga wajib pajak dan pemerintah akan sama-sama memperoleh keuntungan.

Keuntungan yang Didapat Bisnis dari Amnesti Pajak

Mendorong Bisnis Secara Sehat

Agar bisnis berjalan dengan baik dan sehat kita perlu memperhatikan beberapa indikator dalam bisnis. Salah satunya yaitu peraturan yang ada di Indonesia. Anda harus tunduk da patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemiliki usaha/bisnis setiap tahunnya. Jika anda menghindar dari pajak, konstikuensinya cukup berat dan juga tingginya denda serta hukuman yang diberikan. Amnesti pajak merupakan salah satu program untuk mendorong para pengusaha untuk membayar pajak.

Karena kebanyak dari pemilik perusahaan yang enggan membayar pajak pada tahun sebelumnya maka pemerintah memberikan program amnesti pajak. Sehingga dengan adanya pengampunan pajak ini akan menguntungkan pemerintah dan wajib pajak.

Mempermudah Perizinan dan Legalitas

Jika usaha kita belum mempunya legiltas perusahaan maka kita perlu mendaftarkannya. Supaya legalitas perusahaan kita diakui oleh negara dan segala bentuk kegiatan diketahui oleh negara sehingga usaha kkita tidk illegal.

Untuk membuat legalitas usaha pastinya kita diperlukan NPWP dari pemilik usaha atau NPWP perusahaan yang akan didaftarkan legalitasnya. Maka dari itu dengankita membayar pajak semua urusan akan dipermudah. Dengan adanya amnesti pajak akan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan usaha.

Kemudahan Memperluas Bisnis

Jika anda ingin memprluas bisnis maka perlu diadakan izin opereerasional perusahaan untuk membuka cabang baru atau tempat baru. Nah disini jika perusahaan kita belum membayar pajak, maka sulit untuk mengurus administrasinya. Dengan adanya pengampunan pajak akan membuat kita urusan kita semakin cepat.

Terhindar dari Denda & Pengeluaran Tambahan

Dengan andanya amnesti pajak, anda sebagai pemilik usaha akan memiliki keuntungan yaitu tidak dikenakan denda dan bunga terhadap pajak yang belum anda bayar dimasa lalu. Sehingga pengelurannya pun berkurang dan bisnis kita akan mudah berkembang.

Terhindar dari Masalah Hukum

Amnesti pajak juga mengurangi permasalahan hukum karena perusahaan anda tidak perlu berselisih dengan pemerintah saat lalai dalam membayar pajak. Anda  hanya perlu menghitung kembali masalah selisih pelaporan pajak yang harus Anda bayar, kemudian membayar ketika tawaran program amnesti pajak dari pemerintah masih masih ada.

Kesimpulan

Begitu banyak kegunaan dari program amnesti pajak ini. Semoga para pelaku usaha dapat melakukan pengampunan pajak dan membayar pajak tepat waktu. Ini sangat berguna karena untuk mempercepat bisnis anda dan untuk bisnis jangka panjang.

Dalam sebuah bisnis, urusan perpajakan juga termasuk urusan yang vital. Untuk mempermudah penghitungan perpajakan, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online. Dengan Accurate Online urusan perpajakan pada bisnis Anda bisa lebih mudah dan cepat.

Pada Accurate Online tersedia fitur perpajakan mulai dari perhitungan PPN, Pajak Penghasilan pasal 23 , Dukungan eSPT Masa PPh 21/26, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari melalui link ini.

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :