Peranan Penting Cashflow Dalam Sebuah Bisnis

Jika diartikan secara harfiah, memang makna dari cashflow sendiri sangatlah sederhana. Ya, ini adalah istilah yang digunakan untuk jumlah keseluruhan uang masuk dan uang yang sudah dikeluarkan. Dan totalan uang yang paling diutamakan di sini adalah yang bersifat tetap atau liquid. Jadi, secara gamblang kita bisa mengartikan ini adalah gambaran keseluruhan transaksi jual beli yang dilakukan dengan pihak ketiga. Tapi, tahukah anda tentang apa itu harta atau total kekayaan yang bersifat liquid?

Ini merupakan kekayaan tetap berupa kas atau uang yang misalnya diletakkan dalam sebuah akun Bank. Jika ini menyangkut persediaan barang, maka ini adalah barang yang nilainya sudah terkunci dari HPP. Berarti persediaan barang tersebut nantinya tidak akan menadapatkan penyusutan harga. Cashflow ini akan secara otomatis terjadi jika kita membeli sebuah barang.

Secara gamblang, maka aliran ini akan membentuk penambahan ketersediaan barang namun mengurangi ketersediaan uang. Ini juga akan secara otomatis terbentuk jika kita sedang menjual barang. Sebaliknya, hal ini akan menghasilkan penambahan uang namun berkurangnya stok persediaan barang. Pengaruh yang dihitung dalam perhitungan cashflow sendiri adalah saat adanya perpindahan uang.

Seberapa Penting Peranan Cashflow?

Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang kita pelajari untuk mengetahui perkembangan dari sebuah bisnis. Dengan adanya jenis-jenis laporan keuangan, maka kita bisa menentukan apakah bisnis tersebut mengalami kemajuan atau tidak. Laporan keuangan ini sendiri digolongkan menjadi : laporan laba rugi, neraca keuangan dan laporan arus kas atau cashflow. Dan laporan arus kas ini adalah laporan yang sangat kritis. Kenapa?

Karena laporan arus kas ini sangat dianjurkan untuk dibuat dalam jangka waktu lebih singkat diantara laporan keuangan jenis lainnya. Cashflow sendiri, diibaratkan sebuah oksigen dalam bisnis. Kita harus emmantau arus kas yang terjadi jika ingin bisnis tersebut selalu berkembang dan mengalami kemajuan. Jika tidak, maka akan ada banyak kesalahan fatal yang terjadi.

Sedangkan, umumnya beberapa jenis laporan keuangan akan dilakukan dalam jangka waktu bulanan, triwulan maupun tahunan. Laporan keuangan ini sendiri nantinya akan menjadi cerminan bagaimana hasil dari usaha strategi yang sudah berjalan dalam sebuah bisnis. Pentingnya cashflow ini juga bisa menentukan bagian jasa atau usaha mana yang sangat menguntungkan dalam bisnis tersebut.

Manfaat Cashflow

Dari penjelasan di atas, pastinya sudah bisa dibayangkan sebberapa penting peranan cashflow dalam sebuah bisnis, bukan? Tanpa laporan arus kas, maka kita akan sulit menentukan banyak hal terkait perkembangan dari bisnis tersebut. dan tentu juga cashflow memiliki banyak manfaat seperti yang akan dijelaskan di abwah ini:

Memberikan Informasi Penting

Arus kas ini adalah salah satu faktor yang menentukan berjalan dengan lancar atau tidaknya sebuah bisnis. Jika anda menjalankan bisnis yang berkaitan dengan penyediaan barang maupun jasa. Maka, melalui laporan arus kas, anda bisa menentukan mana yang labih menguntungkan. Tidak hanya itu, laporan ini juga bisa menentukan bagaimana tipe konsumen yang ada dan dibutuhkan.

Dengan laporan ini juga, kita bisa mengenali bagian mana yang mudah mengeluarkan banyak biaya. jadi, kita bisa meminimalisir kerugian dan memaksimalkan pendapatan. Inilah informasi-informasi penting yang akan menentukan perkembangan bisnis tersebut. Bahkan, prospek kedepannya dari bisnis ini bisa dibaca secara lebih mudah,

Bahan Pertimbangan Untuk Keputusan Penting

Beragam keputusan penting, misalnya untuk melanjutkan atau tidak atau mengambil rencana lain dalam bisnis bisa terjadi saat mengamati cashflow. Setidaknya, bisnis yang telah terbaca aliran kasnya akan memudahkan pemilik untuk menentukan pertimbangan yang terbaik. Bahkan, ini juga bisa menjadi tolak ukur, apakah nantinya tetap bisa menjalankan bisnis yang sama tau tidak.

Mengamati perkembangan cashflow akan memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana perkembangan likuiditas bisnis. Apakah barang maupun jasa yang dihasilkan dalam bisnis tersebut masih menghasilkan? Masih tergolontg aman atau tidak? Inilah mengapa sangat dianjurkan untuk selalu meperhatikan laporan arus kas dalam sebuah bisnis.

Baca juga :