Retur Pembelian Melalui Faktur Dengan Accurate Online

Pernah mengalami kasus dimana barang yang telah Anda beli lalu dikembalikan kepada Anda karena terjadi kesalahan atau kerusakan pada produk yang Anda beli?

Jika Anda pernah mengalami hal semacam ini dalam bisnis, tentunya ini berpengaruh pada laporan stok dan kecocokan pembukuan Anda, terlebih jika Anda melakukan pembukuan secara manual.

Namun jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu takut jika hal ini terjadi karena Accurate Online memliki fitur pengembalian pembelian yang akan memudahkan Anda dalam mencatat ketersediaan stok dan pembukuan secara up to date, sekalipun terjadi pengembalian produk dengan intensitas yang sering.

Fitur retur pembelian merupakan fitur di Accurate Online yang berfungsi untuk mencatat pengembalian barang yang telah dijual kepada pelanggan. Pengembalian tersebut bisa terjadi karena barang tidak sesuai spesifikasi ataupun karena terjadi kerusakan.

Untuk fitur Retur Pembelian pada Accuratre Online, Anda bisa mengajukan retur dari mana saja pada proses pembelian, mulai retur dari faktur, penerimaan, uang muka, bahkan tanpa faktur sekalipun.

Namun untuk kasus ini, kami akan memberikan contoh penggunaan fitur pengembalian pembelian dari faktur pembelian secara penuh dan sebagian

Note : Pastikan Anda sudah membuat faktur pembelian sebelumnya

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

Membuat Retur Pembelian dari Faktur Secara Keseluruhan atau Sebagian

1. Klik menu Pembelian lalu pilih opsi Retur Penjualan

return pembelian 1

 

2. Lengkapi informasi Pemasok, Tanggal, Retur Dari dan pada bagian Cari/Pilih Faktur, isi dengan nomor faktur yang akan diretur, (dalam kasus ini kita pilih no faktur 11111) lalu klik Ambil

return pembelian 2

 

3. Tentukan barang yang akan diretur lalu klik Lanjut.

fitur accurate

 

Jika Anda ingin melakukan pengembalian barang sebagian, Anda bisa klik pada baris barang yang sudah ada pada formulir Retur Pembelian, lalu edit pada bagian Kuantitas, kemudian klik Lanjut. Namun jika Anda ingin mengembalikan keseluruhan barang pada faktur, lewati poin ini.

fitu accurate online

fitur accurate online 2

 

4. Jika sudah selesai, klik Simpan

fitur accurate online

 

Kesimpulan

Dengan hadirnya fitur ini tentunya akan mememudahkan Anda dalam melakukan pencatatan pengembalian barang dan meminimalisir kesalahan laporan stok yang akan mengganggu alur bisnis Anda.

Jadikan bisnis lebih mudah dengan Accurate Online. Dengan ratusan fitur yang saling berhubungan untuk meringkas proses pembukuan dan pengelolaan stok Anda. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan menjadi software akuntansi terbaik dalam Top Brand Award sejak tehun 2016.

Jika Anda tertarik menggunkan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

 

Untuk mengetahui fitur Accurate Online lainnya, Anda bisa membaca artikel dibawah ini :