Pengertian BUMN : Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian BUMN

Istilah BUMN atau kependekan dari Badan Usaha Milik Negara memiliki pengertian sebagai suatu badan usaha, dimana modalnya dimiliki oleh pemerintah yang berasal dari kekayaan Negara. Hal ini sesuai dengan UU no. 19 tahun 2003.

Dalam sistem perekonomian, peranan BUMN sebagai pelaku ekonomi berlaku secara nasional. Tujuan didirikanya BUMN adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai sector yang ada. Beberapa sector seperti pertanian, perikanan, transportasi, telekomunikasi, perdagangan, listrik, keuangan hingga konstruksi.

Tujuan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Kita telah mengulas tujuan BUMN, yaitu sebagai perwujudan dari kesejahteraan masyarakat Indonesia. Adapun tujuan lainya dari pendirian BUMN, sebagai berikut:

  • Menambah penerimaan bagi Negara di berbagai sector BUMN
  • Memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan serta perkembangan ekonomi nasional
  • Bertanggung jawab atas penyediaan jasa dan barang yang berkualitas untuk memenuhi hajat hidup orang banyak
  • Memperoleh keuntungan dari semua sector BUMN yang ada
  • Berpartisipasi secara aktif untuk membimbing dan membantu pengusaha ekonomi lemah dalam wujud koperasi dan masyarakat
  • Menjadi pionir berbagai kegiatan usaha yang belum dilakukan oleh koperasi dan pihak swasta

Fungsi BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN merupakan suatu lembaga Negara yang dinaungi secara langsung oleh pemerintah. Maka dari itu, BUMN memiliki peranan yang besar, yaitu bukan saja untuk mensejahterakan masyarakat, namun juga untuk membantu meningkatkan pendapatan Negara. Adapun beberapa fungsi BUMN, sebagai berikut:

  • BUMN sebagai penyedia produk-produk yang bernilai ekonomis, serta tidak disediakan oleh badan usaha milik swasta
  • BUMN sebagai alat pemerintah Indonesia, dalam mengelola serta menata kebijakan perekonomian masyarakat
  • BUMN sebagai badan usaha yang menyediakan layanan untuk masyarakat, dalam menyediakan barang serta jasa untuk memenuhi kebutuhan orang banyak
  • BUMN sebagai pelopor bagi banyak sector ekonomi yang belum diminati swasta
  • BUMN tidak menyediakan lapangan kerja yang tinggi, namun dapat menambah pendapatan Negara
  • BUMN membantu pengembangan usaha kecil koperasi dan mikro
  • BUMN membantu meningkatkan serta mendorong aktifitas masyarakat di berbagai jenis usaha

Jenis-Jenis BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Setelah mengetahui pengertian BUMN, Saatnya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis BUMN. Berikut ulasanya:

  • Badan Usaha Perseroan ( Persero), badan ini diatur dalam peraturan pemerintah No.12 1998 dan sebagain sahamnya milik Negara
  • Badan Usaha Umum (Perum), merupakan BUMN yang modalnya secara penuh berasal dari Negara. Meski begitu, pengelolaanya terpisah dari kekayaan Negara.

Ciri-ciri BUMN

Seperti yang kami bahas diatas, BUMN adalah perusahan milik negara yang bertujuan untuk memberikan jasa atau layangan kepada publik serta memberikan pendapatan yang akan digunakan untuk menyelenggarakan kepentingan publik. Modal BUMN sebagian besar dimilki oleh pemerintah dan juga keutungan dari BUMN juga digunakna untuk kepentingan masyarakat banyak. BUMN juga sebagai asset negara karena kekayaan negara ada pada BUMN.

Ciri-ciri BUMN yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

Sumber Pemasukan Negara

Kita tahu jelas bahwa BUMN merupakan salah satu pemasukkan negara. Karena BUMN merupakan penyedia barang serta layanan untuk masyarakat.

Dengan adanya BUMN, negara akan mendapatkan pendapatan rutin dari pelayanan dan penyediaan yang di berikan untuk seluruh rakyat indonesia. Sehingga semua keuntungan dari penjualan milik negara. Dari seluruh keuntungan BUMN inilah negara memperoleh uang kas. dengan adanya BUMN aktivitas ekonomi akan teratur berjalan di Indonesia.

Kekuasaan Penuh di Tangan Pemerintah

Sesuai dengan namanya badan usaha milik negera sehingga semua aktivitas dikontrol, di awasi dan dikuasi oleh negara. Kekuasaan BUMN penuh dimiliki oleh pemerintah, hal ini bertujuan agar menjaga kesetabilan dan menghindari atau mencegah terjadinya penyelewengan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena negara pemilik resmi dan juga yang mendirikan BUMN maka pemerintah berhak penuh memegang kekuasaan dalam perusahaan ini. BUMN di kuasai penuh oleh pemerintah akan memiliki keuntungan tersediri bagi perekonomian bangsa karena dapat menjaga kestabilan ekonomi dan juga dapat menghindari penyelewengan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Segala Risiko Ditanggung Pemerintah

Setelah kekuasaan penuh ada ditangan pemerintah maka segala keuntungan serta kerugian juga ditanggung oleh pemerintah. Resiko dari kerugian suatu BUMN negara yang menanggung itu semua.

Melayani Kepentingan Umum & Pelayanan Publik

Tentunya BUMN melanyani kepentingan umum dan berguna untuk seluruh masyarakat. Kita bisa lihat seperti PLN, air, sarana komunikasi, rumah sakit dan masih banyak lagi.

Saham Bisa Dimiliki Masyarakat

Untuk saham yang ada di BUMN, tidak hanya negara yang berhak menguasainya. Namun masyarakat juga berhak memiliki saham yang ada di dalam BUMN. Saham yang dapat dimiliki oleh masyrakat tidak lebih dari 50% dari saham yang dimiliki oleh BUMN. Jadi masyarakat juga bisa memiliki saham BUMN ini.

Produknya Dibutuhkan Masyarakat

Apapun yang disediakan atau yang diperjualbelikan merupakan produk yang memang dibutuhkan sekali oleh masyarakat. Bisa dibilang bila produk atau jasa yang ditawarkan BUMN tidak ada, maka masyarakat akan kebingungan bagaimana cara memenuhi kebutuhan mereka tersebut.

Sebagai Stabilisator Perekonomian Dalam Rangka Mensejahterakan Rakyat

BUMN juga berperan dalam menstabilkan perekonomian sehingga dapat mensejahterakan rakyat. Selain kebutuhan rakyat yang terpenuhi juga kesejahteraan rakyat akan terbantu, misalnya ada yang namanya program keluarga harapan. Dana alokasi untuk program itu berasal dari BUMN.

Kesimpulan

Setelah memahami secara keseluruhan tentang pengertian BUMN, sudah seharusnya BUMN yang ada saat ini mendukung perekonomian Negara, agar dapat tumbuh berkembang sejajar dengan Negara lainya. Meski begitu menurut pengertian BUMN, namun BUMN juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Bagi Anda yang sedang mencari software pembukuan dengan fitur terlengkap dan harga terbaik, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memenangkan Top Brand Award selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Sudah dipakai berbagai entitas bisnis mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional.

Masih ragu dengan Accurate Online? Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.