Mengetahui Elemen Perencanaan Bisnis Dan Manfaat Perencanaan Bisnis

Pengertian Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu usaha bisa mencapai tujuan suatu usaha atau bisnis. Dalam perencanaan ini dijabarkan rencana tertulis dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional. Hal itu memungkinkan perusahaan untuk menetapkan tujuan dan menarik investasi. Mereka juga merupakan cara bagi perusahaan untuk tetap berada di jalur yang benar.

Perencanaan bisnis sangat berguna untuk perusahaan baru maupun lama, setiap perusahaan harus memiliki perencanaan bisnis. Umumnya, sebuah perusahaan akan meninjau kembali rencana tersebut secara berkala untuk menganalisa apakah tujuan telah terpenuhi dan juga mengevaluasinya.

Meski bisa saja berhasil menjalankan usaha tanpa perencanaan bisnis, namun itu bukanlah ide yang baik. Bahkan, sangat jarang ada perusahaan yang bisa bertahan tanpa adanya perencanaan. Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika membuat perencanaan yang baik dan tujuan perusahaan akan lebih mudah direalisasikan. Hal ini karena perusahaan memiliki alat berupa perencanaan bisnis yang bisa digunakan sebagai acuan.

Manfaat Perencanaan Bisnis

1. Membantu Anda Mendapatkan Modal

Anda mungkin seorang wirausahawan baru yang sedang mencari investor untuk mendukung usaha yang akan dijalanan. Dengan adanya perencanaan bisnis nantinya bisa meyakinkan investor untuk menanamkan modal mereka.

2. Kelola Pertumbuhan Usaha

Ketika bisnis Anda berkembang, banyak hal dapat berubah termasuk anggaran tahunan Anda, jumlah karyawan dan target keuangan serta klien Anda. Perencanaan bisnis dapat membantu Anda menilai dan memantau bagaimana perusahaan Anda saat ini berkembang dan bagaimana untuk terus tumbuh ke depannya.

3. Menentukan Dan Memantau Tujuan Anda

Perencanaan bisnis memungkinkan Anda menentukan dan memantau tujuan perusahaan. Anda bisa menganalisa bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Dengan adanya perencanaan bisnis, perusahaan bisa menentukan bagaimana cara atau strategi pemasarannya. Sehingga layanan atau produk bisa dengan mudah ditemukan oleh konsumen. Bukan tidak mungkin jangkauan pemasarannya akan lebih luas jika diatur dengan baik.

5. Mengelola Karyawan

Elemen perencanaan bisnis ini memungkinkan Anda mengetahui siapa yang ada di dalam perusahaan. Mengetahui jabatan yang dipegang oleh seseorang serta bagaimana cara merekrut karyawan yang bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Elemen Perencanaan Bisnis

Di bawah ini adalah beberapa elemen yang umum dan paling penting dari rencana bisnis.

Ringkasan eksekutif: Bagian ini berisi uraian mengenai perusahaan serta misi-misi yang menjadi tujuan perusahaan. Terdapat pula informasi tentang struktur perusahaan seperti pemimpin, karyawan, lokasi perusahaan dan sebagainya

Produk dan layanan: Di sini, perusahaan dapat menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya, dan juga menentukan harga, masa pakai produk, dan manfaat bagi konsumen. Faktor-faktor lain yang bisa dimasukan ke bagian ini adalah proses produksi dan manufaktur, hak paten yang dimiliki perusahaan. Setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan juga dapat dimasukkan di sini.

Analisa pasar: Suatu perusahaan membutuhkan penanganan industri yang baik serta target pasarnya. Di bagian ini akan diuraikan bagaimana persaingan. Dengan hal ini perusahaan akan mengetahui keunggulan dan kelemahan para pesaingnya.

Strategi pemasaran: Bagian ini menjelaskan bagaimana perusahaan akan menarik minat dan mempertahankan pelanggannya agar setia dengan produk atau layanan perusahaan. Selain itu juga bermaksud untuk menentukan cara untuk menjangkau konsumen. Berarti jalur distribusi juga harus diuraikan disini.

Perencanaan keuangan: Agar perusahaan bisa berjalan dengan normal tanpa ada masalah finansial, perusahaan harus melakukan perencanaan keuangan. Laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya dapat dimasukkan ke bagian ini. Keuangan perusahaan, investor bisa diuraikan di sini.

Anggaran: Setiap perusahaan yang baik perlu memiliki anggaran. Hal ini termasuk biaya yang berkaitan dengan kepegawaian, pengembangan, produksi, pemasaran, dan pengeluaran lain  dan apa pun yang terkait dengan bisnis.

Untuk melakukan perencanaan keuangan dan anggaran, tentunya Anda memerlukan pembukuan yang menunjang itu semua. Jika Anda masih menggunakan proses akutansi manual itu akan menjadi penghambat dalam waktu kerja dan rencana bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk alur pembukuan yang lebih baik. Software akuntansi berbasis cloud adalah solusi terbaik bagi pengembangan usaha Anda contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu entitas bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional. Pemenang Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai 2019 dan memliki fitur laporan keuangan paling lengkap.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari untuk mencoba fitur fiturnya melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca ajrtikel pilihan kami dibawah ini :