Apa itu Surat Izin Tempat Usaha? Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Setiap orang yang ingin mendirikan perusahaan, pasti akan membutuhkan tempat usaha atau kantor operasionalnya. Nah, tempat usaha ini tidak bisa sembarangan didirikan begitu saja. Bisa saja didirikan, tetapi bangunan tempat usaha ini harus memiliki legalitasnya. Untuk itu perlu sebuah Surat Izin Tempat Usaha.

Apa itu SITU (Surat Izin Tempat Usaha)?

Surat Izin Tempat Usaha adalah surat legalitas yang dikeluarkan oleh badan hukum setempat kepada perusahaan/badan usaha/perorangan yang menyatakan bahwa tempat usaha yang digunakan telah sesuai dengan tata ruang wilayah setempat dan bisa digunakan untuk kegiatan usaha/produksi/penanaman modal.

Dengan memiliki SITU, maka perusahaan tidak akan mendapatkan masalah dari pihak eksternal jika ada yang merasa terganggu oleh kehadiran tempat usaha itu.

Jadi sangat disarankan Surat Izin Tempat Usaha ini segera diurus sejak awal ketika mendirikan perusahaan, selain harus mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan.

Memiliki Surat Izin Tempat Usaha adalah suatu kewajiban karena ini memang surat ada aturannya dari Pemerintah melalui Peraturan Daerah. Jadi apabila Anda tidak memiliki SITU, bisa dipastikan perusahaan Anda akan mendapatkan sanksi. Apalagi jika skala perusahaan Anda sangat besar.

Cara Mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha

Tentu yang banyak ditanyakan oleh pengusaha yang masih awam soal perizinan adalah mencarinya dimana. Mudah saja, Anda cukup datang ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tingkat kabupaten/kota. Di tempat inilah Anda bisa mengajukan pembuatan Surat Izin Tempat Usaha.

Untuk persyaratannya silakan tanyakan kepada pihak dinas terkait di daerah Anda untuk lebih jelasnya. Akan tetapi umumnya untuk membuat SITU ini Anda perlu menyiapkan dokumen seperti KTP, Fotokopi IMB, Fotocopy STTS PBB dan SPPT tahun terkahir, Fotocopy akte pendirian perusahaan atau kantor , dll.

Jika syarat sudah dilengkapi semua, tinggal mengisi formulir permohonan SITU yang didapatkan di Dinas Penanaman Modal.

Formulir tersebut nantinya harus mendapatkan pengesahan dari dari pihak kelurahan dan kecamatan. Setelah mendapatkan pengesahan dari pihak kelurahan dan kecamatan, maka tinggal diserahkan ke Dinas Penanaman Modal di Kabupaten/Kotamadya untuk proses selanjutnya.

Surat Izin Tempat Usaha ini memiliki masa berlaku 3 tahun dan bisa diperpanjang tetapi harus direview kembali.