Syarat-Syarat Laporan Keuangan yang Layak dan Benar

Penyusunan laporan keuangan harus memerhatikan syarat-syarat yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Syarat-syarat standar akuntansi keuangan secara umum terdiri dari 2 bagian, yaitu syarat umum (kuantitatif) dan syarat khusus (kualitatif). Penjelasannya sebagai berikut.

 

1. Syarat Umum (Kuantitatif)

Syarat umum sesuai standar akuntansi adalah informasi keuangan harus bisa dipercaya dan lengkap yang mencakup harta, utang, modal, kewajiban, pendapatan, dan beban perusahaan. Informasi yang disajikan tentang kebijakan akuntansi, harta, dan laba perusahaan yang sangat berguna bagi perusahaan terutama untuk mengambil keputusan yang penting.

2. Syarat Khusus (Kualitatif)

Syarat khusus (kualitatif) terdiri dari beberapa poin yang harus disajikan secara terperinci.

  • Laporan keuangan yang disusun harus sesuai dan relevan dengan tujuan perusahaan. Laporan ini harus bisa menggambarkan beberapa informasi penting yang sesuai dengan fakta kegiatan perusahaan. Selain itu, informasi juga harus akurat tentang kondisi perusahaan secara menyeluruh yang berhubungan dengan kegiatan memperoleh laba sebagai tujuan akhir sebuah perusahaan.
  • Laporan keuangan yang disusun harus jelas dan mudah untuk dipahami oleh siapa saja sesuai dengan siklus akuntansi yang jelas sehingga pihak yang membutuhkan informasi keuangan dari laporan tersebut bisa memahami isinya dengan jelas.
  • Laporan keuangan yang disusun harus sesuai dengan ukuran dan daya uji kebenaran. Dasar penetapan aturan tertentu harus dibuat agar pembuatan laporan keuangan dapat menggunakan dasar yang akan dijadikan untuk mengukur kebenaran laporan keuangan.
  • Laporan keuangan yang disusun harus netral (tidak memihak siapapun) dan lengkap sebagai informasi data akuntansi. Laporan keuangan harus sesuai kaidah akuntansi yang ada (Standar Akuntansi Keuangan/SAK) dan tidak boleh dibuat dengan sebuah data rekayasa tanpa dasar yang kuat seperti bukti transaksi dan sebagainya. Informasi keuangan yang disajikan harus apa adanya tanpa menutup-nutupi informasi dari segi apa saja.
  • Laporan keuangan harus disajikan secara tepat waktu karena kebutuhan akan laporan keuangan itu vital bagi sebuah kegiatan usaha. Laporan keuangan akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi perusahaan untuk menentukan langkah berikutnya.
  • Laporan keuangan harus mempunyai daya banding. Maksudnya adalah laporan keuangan harus bisa memberikan informasi sebagai perbandingan dengan laporan periode sebelumnya sehingga perusahaan akan mudah untuk mengambil langkah selanjutnya dalam pengambilan keputusan.
  • Laporan keuangan harus bersaldo normal sesuai dengan akun atau rekening perkiraan sebagai suatu ketetapan yang pasti dalam ilmu akuntansi. Saldo normal artinya aktiva pasti dari segi debit, sedangkan saldo normal kewajiban pasti kredit dan lain-lain.

Untuk informasi tambahan bagi para pembaca, saldo normal akun perkiraan adalah klasifikasi suatu kode perkiraan sebagai salah satu bagian dari prinsip pembukuan berpasangan dalam akuntansi.

Suatu akun dikatakan normal jika telah memiliki saldo normal di kedua sisi, yaitu debet (D) atau kredit (K). Suatu akun dengan saldo normal pada debit akan bertambah nilainya jika terjadi transaksi pada sisi debit. Sebaliknya, agar nilai akun dengan saldo normal kredit meningkat maka harus ditambahkan transaksi pada sisi kredit.

Laporan keuangan yang telah memenuhi syarat-syarat tersebut tentu akan lebih bermanfaat bagi berbagai pihak yang membutuhkan informasi dari laporan keuangan.

Pihak-pihak yang membutuhkan informasi tentu tidak akan merasa ragu dengan kondisi perusahaan karena laporan keuangan telah menyajikan data sesuai fakta atau tanpa rekayasa karena adanya kepentingan tertentu. Jika perusahaan dinilai sedang lesu atau labanya menurun maka pihak manajemen bisa melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

Jika sudah baik bukan berarti tidak ada perubahan, tetapi justru pihak manajemen harus mempertahankan prestasi atau terus meningkatkan kinerja perusahaan. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan dan laporan laba rugi yang baik dan benar, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Dengan Accurate Online Anda bisa memnyederhanakan semua proses akuntansi dengan lebih efisien. Terdapat segudang fitur yang memudahkan  Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari proses rekonsiliasi bank dan penghitungan pajak secara otomatis juga fitur smartlink ecommerce yang memudahkan Anda dalam mengontrol penjualan Anda di berbagai toko online di Indonesia.

Tunggu apalagi? Anda dapat mencoba demo gratis Accurate Online selama 1 bulan. Daftar sekarang disini, dan rasakan kemudahan dalam pengembangan bisnis Anda.

 

 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: