Prinsip Dasar Pembukuan yang Perlu Dipahami

Dalam mengelola bisnis atau usaha itu sudah wajib membuat pembukuan keuangan. Dalam membuat pembukuan ini pun harus memperhatikan beberapa prinsip dasar dalam pembukuan. Tujuannya agar hasil dari pembukuan itu bisa mudah dipahami oleh orang awam dan tentunya memudahkan saat evaluasi.

Apa saja prinsip-prinsip dasar itu?

Membuat Pembukuan Keuangan yang Sistematis

Yang sistematis itu adalah bisa membedakan mana yang merupakan pemasukan dan mana yang pengeluaran. Jadi sebaiknya dalam pembukuan ini dibuat pencatatannya sendiri-sendiri, pemasukan dibuat sendiri, pengeluaran pun seperti itu. Kemudian jika ada utang piutang juga perlu dibuat pembukuannya sendiri.

Intinya setiap transaksi perlu dibuat pembukuan sendiri agar memudahkan dalam melakukan evaluasi nantinya.

Buat Sesuai Alurnya

Misalnya saja dalam pembukuan uang keluar, maka perlu dibuat sesuai alur atau kronologis waktunya. Jangan sampai jika ada transaksi pengeluaran hari ini tetapi dicatat besok dengan tanggal besok pula. Itu tidak tepat, karena akan memengaruhi ketika nanti ingin melakukan validasi.

Misalnya saja ada data yang salah, kemudian ingin diruntut setiap transaksinya, kalau pembukuannya tidak runtut maka itu akan menyulitkan.

Buat yang Mudah Dipahami

Buatlah pembukuan dengan format yang umum dipakai, sehingga ketika ada orang lain ingin melihat pembukuan tersebut akan langsung paham. Dan pastikan pencatatannya rapi agar selain mudah dilihat juga memberikan kesan profesional.

Bisa Dipertanggungjawabkan

Kemudian prinsip yang penting juga adalah setiap transaksi dalam pembukuan bisa dipertanggung jawabkan. Jadi jangan sampai ada kecurangan atau iseng untuk menambahkan data yang tidak ada buktinya.

Ketika Anda membuat pembukuan perlu ada prinsip-prinsip dasar di atas. Ini berlaku juga pembukuan yang Anda buat adalalah pembukuan manual. Tetapi jika Anda sudah menggunakan software akuntansi, semua prinsip di atas sudah ada di dalamnya. Anda pun tidak perlu memikirkan lagi.

Contohnya adalah seperti Accurate Online, software akuntansi terbaik di Indonesia yang sudah memenangkan Top Brand Award sejak 4 tahun berturut-turut dan telah digunakan oleh 300 ribu pengguna di Indonesia. Memiliki fitur terlengkap dan harga yang paling terjangkau. Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.