Manfaat Melakukan Pencatatan Keuangan Usaha Kecil Anda

Sukses tidaknya sebuah usaha bukan bergantung pada besarnya modal ataupun sumber daya yang dimiliki, akan tetapi ada hal penting yang perlu dikelola dengan benar. Dan itu adalah pengelolaan keuangan. Banyak pelaku usaha kecil yang merasa tidak perlu terlalu detail dalam melakukan pengelolaan. Mereka menganggap karena usahanya masih skala kecil, akhirnya pengelolaan keuangan hanya dilakukan secara sederhana.

Padahal mengelola dalam hal ini melakukan pencatatan keuangan dalam usaha kecil itu sangat penting. Dan ini bisa menentukan perkembangan usaha Anda ke depannya. Faktanya banyak usaha kecil yang terpaksa gulung tikar karena bermasalah dengan kondisi keuangannya. Sayangnya tidak banyak yang sadar dan masih banyak yang beranggapan kalau usaha yang sukses itu ya yang modalnya besar dan memiliki transaksi yang banyak.

Ada yang dilupakan bahwa menjaga cashflow itu juga penting. Karena manfaat mencatat keuangan pada usaha kecil itu yang akan didapatkan banyak sekali, seperti :

Dapat Mengendalikan Keuangan Usaha

Dengan memiliki pembukuan keuangan yang jelas dan sistematis, maka Anda akan bisa melihat apa-apa saja yang memang dibutuhkan dalam usaha Anda. Dan ketika Anda ingin mengeluarkan uang untuk kebutuhan itu, nantinya dapat mengacu pada kondisi keuangannya. Sehingga Anda tidak sekadar membelanjakan uang dengan cuma-cuma, tetapi benar-benar membelanjakan yang sesuai dibutuhkan untuk meningkatkan produtivitas.

Anda juga tahu kapan harus mengeluarkan biaya ini itu. Kalau memang kondisi keuangan kurang surplus, Anda bisa melakukan ini, begitu juga sebaliknya.

Sebagai Indikator Untung Rugi

Yang jelas dengan melakukan pembukuan keuangan, Anda akan bisa memantau kinerja keuangan usaha Anda apakah sedang dalam kondisi untung atau rugi. Kalau tanpa adanya pembukuan, mustahil akan bisa melihat apakah usaha ini rugi atau laba. Apalagi jika sudah mendekati akhir tahun, Anda harus tahu sebenarnya usaha Anda dalam kurun waktu setahun bagaimana.

Sehingga di tahun depan bisa melakukan perbaikan dan perencanaan yang dibutuhkan.

Untuk Memudahkan Saat Pelaporan Pajak

Nah, jika Anda sudah memiliki NPWP untuk usaha kecil Anda, maka Anda punya kewajiban untuk melaporkan pajak usaha Anda. Untuk bisa melaporkan pajak usaha ini butuh catatan keuangan dalam satu tahun terakhir. Yang nantinya sumber utama dari perhitungan pajak adalah dilihat dari neraca dan rugi labanya.

Sebagai Senjata untuk Mengajukan Pinjaman

Mungkin saja Anda memang butuh suntikan modal agar tetap bisa menjalankan usaha. Kemudian Anda ingin melakukan pinjaman modal melalui bank atau sistem KUR. Salah satu hal penting agar pengajuan pinjaman Anda disetujui adalah dengan memiliki pembukuan keuangan yang jelas. Dan dengan adanya pembukuan ini, pihak bank atau pemodal akan melihat kondisi keuangan usaha Anda melalui pembukuan ini.

Jadi jangan harap bisa mendapatkan modal jika usaha Anda tidak melakukan pencatatan keuangan dengan jelas dan sistematis.

Selain itu, paska mendapatkan pinjaman, Anda juga punya kewajiban untuk membuat laporan keuangan. Ini sebagai pertanggung jawaban Anda kepada pemodal. Dan mau tidak mau Anda pun harus membuat pembukuan.

Seperti itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan pencatatan keuangan di usaha kecil Anda. Agar semua pencatatan itu bisa dilakukan dengan rapi, efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa software akuntansi. Karena dengan menggunakan software akuntansi, masalah pencatatan keuangan bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu lagi belajar bagaimana membuat nerasa dan lainnya, karena semua sudah dibuat secara otomatis melalui software akuntansi. Yang Anda lakukan cukup memasukkan data-data yang dibutuhkan.

Software Akuntansi Accurate, adalah software akuntasi yang bisa Anda coba. Perangkat ini memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan dalam pencatatan keuangan. Anda bisa coba gratis software ini di sini.