Pentingnya Pemahaman tentang Rasio Investasi

Pemahaman tentang akuntansi terutama interpretasi laporan keuangan suatu perusahaan sangat penting. Walaupun bukan seorang akuntan yang menyusun laporan keuangan, kemampuan untuk interpretasi  harus dimiliki oleh seseorang untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan.

Tren investasi sedang menggeliat saat ini sehingga kemampuan untuk memahami laporan keuangan untuk memprediksi keadaan suatu perusahaan pada masa depan diperlukan. Dari laporan keuangan perusahaan, calon investor dapat mengetahui potensi dan perkembangan perusahaan yang telah dicapai pada masa lalu dan masa yang sedang berjalan.

Apa yang harus dipahami terlebih dahulu untuk menginterpretasi keuangan sebuah perusahaan dari laporan keuangannya? Jawabannya adalah rasio keuangan. Rasio keuangan harus dipahami untuk menilai kinerja suatu perusahaan, tetapi karena rasio keuangan beragam jenisnya sehingga harus tahu rasio apa yang penting bagi investor.

Tidak semua rasio digunakan oleh setiap perusahaan karena penggunaan masing-masing rasio keuangan tergantung kebutuhan setiap perusahaan. Adapun rasio yang harus diketahui oleh para calon investor adalah rasio investasi sementara. Berikut penjelasan tentang rasio tersebut.

Rasio Investasi Sementara

Rasio investasi sementara adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam pengembalian atau pemberian imbalan kepada para pemberi dana, yaitu investor khususnya investor yang ada di pasar modal dalam jangka pendek.

Rasio ini bermanfaat bagi para investor untuk menilai kinerja sekuritas saham di pasar modal. Tujuan analisis sekuritas saham di pasar modal adalah menentukan sekuritas saham dan produk derivasi yang menguntungkan bagi para investor.

Keuntungan investasi saham yang diharapkan oleh para investor di pasar modal terdiri dari dua macam, yaitu perubahan harga sekuritas saham yang bersangkutan (capital gain) dan deviden. Deviden umumnya berupa keuntungan investasi dalam jangka panjang, sedangkan capital gain atau pendapatan investasi adalah keuntungan investasi dalam jangka pendek.

Jenis-jenis aktiva yang dipakai oleh perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan melalui distribusi hasil investasi antara lain bunga, royalti, deviden, uang sewa, dan apresiasi nilai investasi atau manfaat lainnya bagi perusahaan yang berinvestasi melalui hubungan perdagangan.

Kegunaan Rasio Investasi Sementara

Kegunaan perhitungan rasio ini adalah mengetahui kemampuan aset yang digunakan untuk menghasilkan laba usaha yang berasal dari kegiatan utama perusahaan dengan memanfaatkan aktiva operasi. Aset yang dihitung adalah aset yang memberikan kontribusi terhadap pencapaian laba usaha saja.

Penyertaan dan aktiva-aktiva lain yang juga menghasilkan pendapatan lain (di luar laba usaha) tidak dihitung. Aktiva lain-lain tersebut antara lain aktiva yang berupa aktiva belum selesai atau aktiva nonoperasional sehingga tidak diikutsertakan dalam pengertian aktiva operasi.

Rumus Perhitungan Rasio Investasi Sementara

Rasio investasi sementara terdiri dari beberapa rumus sebagai berikut.

  • Laba Usaha = ……… % dari Aktiva Operasi atau Laba Usaha x Penjualan Aktiva Operasi.

Rasio ini akan menunjukkan tingkat produktivitas seluruh aset. Hasil perhitungan Return on Investment (ROI) dengan Return on Asset (ROA) akan diketahui hingga seberapa besar aset penunjang atau aset yang tidak produktif dan hasil sampingan perusahaan.

  • Laba Bersih (ROI) = ……… % x Total Aktiva

Rasio Laba Bersih Atas Modal (Return on Equity) untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari penanam modal. Modal yang dimaksud adalah semua modal yang tertanam di perusahaan yang termasuk saldo laba (laba ditahan).

  • Laba Bersih = ……… % x Modal Sendiri

Rasio Laba per Lembar Saham (Earning Per Share) untuk mengukur laba bersih per lembar saham (maksimum) yang didapatkan dari investor. Laba ini berjumlah maksimum karena laba yang dibagi biasanya kurang dari besaran EPS. Rasio ini adalah satu-satunya rasio yang muncul di laporan keuangan yang berada di bawah laba bersih.

  • Laba Bersih = ……… % x Jumlah Lembar Saham.

Itulah rasio investasi sementara yang memiliki beberapa jenis perhitungan. Sebagian besar rasio ini tidak tertulis jelas di laporan keuangan sehingga harus menghitung sendiri, hanya rasio laba per lembar saham yang tertulis jelas di laporan keuangan. Selamat memahami rasio investasi dan mulailah berinvestasi untuk masa depan.