Pengertian dan Contoh Laporan Perubahan Modal Secara Lengkap

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Dalam banyak situasi, bisnis menyiapkan laporan keuangan “mini” yang biasa disebut laporan perubahan modal selain tiga laporan keuangan utama (laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas).

Laporan perubahan modal  atau ekuitassecara sederhana diartikan sebagai laporan keuangan yang harus dibuat oleh perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode yang bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut

Anda akan menemukan laporan perubahan modal di hampir semua perusahaan publik, karena sebagian besar tersebut memiliki struktur kepemilikan yang relatif kompleks pada setiap perubahan dalam akun ekuitas mereka selama tahun tersebut.

Modal pemilik terdiri dari dua sumber yang berbeda secara fundamental:

  • Modal diinvestasikan dalam bisnis oleh pemilik
  • Laba diperoleh dan dipertahankan dalam bisnis

Akun spesifik yang dikelola oleh bisnis untuk total modal pemiliknya bergantung pada organisasi hukum entitas bisnis. Salah satu jenis utama organisasi hukum bisnis adalah korporasi, dan pemiliknya adalah pemegang saham. Perusahaan mengeluarkan kepemilikan saham yang disebut modal saham.

Pergerakan modal pemegang saham selama periode akuntansi terdiri dari unsur-unsur berikut:

  • Laba atau rugi bersih selama periode akuntansi yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham
  • Menambah atau mengurangi cadangan modal
  • Pembayaran dividen kepada pemegang saham
  • Keuntungan dan kerugian diakui langsung dalam ekuitas
  • Pengaruh perubahan kebijakan akuntansi
  • Efek koreksi kesalahan periode sebelumnya

Contoh Laporan Perubahan Modal

Berikut ini adalah contoh laporan peubahan modal bisnis kepemilikan tunggal jenis layanan percetakan Gama Printing. Pemilik memiliki modal awal dalam usaha sebesar Rp 240.000.000 dan selama tahun 2018 telah melakukan pengambilan dana atau Prive sebesar Rp 20.000.000.

Berikut adalah cara untuk mengetahui laporan perubahan ekuitas sederhana yang dilakukan pemilik Gama Printing

Pertama, Buat Laporan Laba Rugi

laporan laba rugi

Membuat Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan modal

 

Komponen Pada Laporan Perubahan Modal

1. Modal awal

Ini merupakan saldo pada awal periode pelaporan komparatif sebagaimana tercermin dalam laporan posisi keuangan periode sebelumnya.

Modal awal tidak disesuaikan sehubungan dengan koreksi kesalahan periode sebelumnya yang diperbaiki pada periode berjalan dan juga dampak perubahan kebijakan akuntansi yang diterapkan selama tahun berjalan karena disajikan secara terpisah dalam laporan perubahan modal (Poin ketiga)

2. Pengaruh Perubahan Kebijakan Akuntansi

Karena perubahan kebijakan akuntansi diterapkan secara retrospektif, penyesuaian diperlukan dalam cadangan pemegang saham pada awal periode pelaporan komparatif untuk menyajikan kembali ekuitas awal ke jumlah yang akan ditentukan pada kebijakan akuntansi baru selalu diterapkan.

3. Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Efek koreksi kesalahan periode sebelumnya harus disajikan secara terpisah dalam laporan perubahan modal sebagai penyesuaian. Efek dari koreksi mungkin tidak dijatuhkan terhadap saldo awal modal sehingga jumlah yang disajikan dalam laporan periode berjalan dapat dengan mudah direkonsiliasi dan dilacak dari laporan keuangan periode sebelumnya.

4. Saldo yang disajikan kembali

Ini merupakan ekuitas yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pada awal periode komparatif setelah penyesuaian sehubungan dengan perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya seperti dijelaskan pada poin ketiga.

5. Perubahan Modal Saham

Masalah modal saham lebih lanjut selama periode tersebut harus ditambahkan dalam laporan perubahan modal sedangkan penukaran saham harus dikurangkan dari laporan tersebut. Efek dari penerbitan dan pelunasan saham harus disajikan secara terpisah untuk cadangan modal saham dan cadangan premi saham.

6. Dividen

Pembayaran dividen yang dikeluarkan atau diumumkan selama periode tersebut harus dikurangkan dari ekuitas pemegang saham karena merupakan distribusi kekayaan yang dapat diatribusikan kepada masing-masing pemegang saham.

7. Laba rugi untuk periode tersebut

Ini merupakan laba atau rugi yang diatribusikan kepada pemegang saham selama periode seperti yang dilaporkan dalam laporan laba rugi. yang kami paparkan di atas.

8. Perubahan dalam Cadangan Revaluasi

Keuntungan dan kerugian revaluasi yang diakui selama periode tersebut harus disajikan dalam laporan perubahan modal sejauh hal tersebut diakui di luar laporan laba rugi.

Keuntungan revaluasi yang diakui dalam laporan laba rugi karena pembalikan rugi penurunan nilai sebelumnya tidak akan disajikan secara terpisah dalam laporan perubahan ekuitas karena hal tersebut sudah dimasukkan dalam laba rugi untuk periode yang bersangkutan.

9. Keuntungan & Kerugian Lainnya

Keuntungan dan kerugian lainnya yang tidak diakui dalam laporan laba rugi dapat disajikan dalam laporan perubahan modal seperti keuntungan dan kerugian aktuarial yang timbul dari penerapan pajak biaya masuk, nilai tukar, dan lain lain.

10. Saldo akhir

Ini merupakan saldo cadangan ekuitas pemegang saham pada akhir periode pelaporan sebagaimana tercermin dalam laporan posisi keuangan.

Kesimpulan

Laporan perubahan modal membantu pengguna laporan keuangan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan dalam ekuitas pemilik selama periode akuntansi.

Sedangkan pergerakan cadangan pemegang saham dapat diamati dari neraca, laporan perubahan ekuitas mengungkapkan informasi signifikan tentang cadangan ekuitas yang tidak disajikan secara terpisah dalam laporan keuangan yang mungkin berguna dalam memahami sifat perubahan dalam cadangan ekuitas suatu entitas bisnis.

Contoh informasi tersebut termasuk masalah modal saham dan pelunasan selama periode tersebut, efek dari perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan periode sebelumnya, keuntungan dan kerugian yang diakui di luar laporan laba rugi, diumumkan dividen dan saham bonus yang dikeluarkan selama periode tersebut.

Bagi Anda yang kesulitan untuk membuat laporan keuangan secara tepat dan akurat, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk memudahkan proses pembukuaan Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang udah digunakan oleh 300.000 user, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional.

Anda dapat membuat semua laporan keuangan dalam bisnis dengan mudah dan minim kesalahan. Coba Accurate Online sekarang, gratis 30 hari melalui link ini.

 

 

Ingin mengetahui artikel lainnya seputar pembukuan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: