Mengenali Pengertian dan Manfaat Jurnal Khusus

Ada dua jenis jurnal yang akan kita ketahui dalam pencatatan buku akutansi. Dimana 2 jenis jurnal tersebut adalah jurnal khusus dan jurnal umum. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan manfaat  jurnal khusus. Jurnal ini adalah jenis yang digunakan dalam pencatatan transaksi-transaksi khusus dalam sebuah perusahaan.

Dimana jurnal umum sendiri secara gambalng menyatakan pencatatan semua transaksi keuangan yang terjadi. Sedangkan transaksi khusus yang dimaksudkan di sini adalah transaksi yang sama, sering berulang dan sering terjadi dalam jumlah yang banyak. Berikut beberapa jenis dari jurnal khusus, yaitu :

JenisKegunaan
Jurnal PembelianUntuk penampungan catatan beragam transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang maupun usaha dengan cara kredit
Jurnal PenjualanTempat pencatatan segala jenis penjualan baik barang maupun jasa yang dilakukan dengan cara kredit
Jurnal Penerimaan KasPencatatan untuk semua jenis transaksi yang menghasilkan uang tunai dari berbagai sumber
Jurnal Pengeluaran KasPencatatan pengeluaran operasional perusahaan dalam bentuk uang tunai

Manfaat Jurnal Khusus

Setiap pencatatan di dalam jurnal akutansi, memiliki manfaatnya masing-masing. Ini juga termasuk didalamnya manfaat pencatatan dan pembuatan dari jurnal khusu. Setelah mengenali beberapa jenis yang tergolong dalam jurnal khusus maka kali ini kita akan membahas bebrapa manfaatnya.

Pencatatan Yang Secara Sistematis Lebih Mudah

Jenis-jenis atau pembagian dari jurnal ini ada 4, jadi ini akan memudahkan pencatatan trnasksi setiap kelompok. Jadi, tidak lagi dilakukan pencatatan secara umum, namun sudah dibagi pergolongannya masing-masing. Alhasil, laporan keuangan yang dibuat akan lebih terperinci, efisien dan tersistematis dengan baik.

Proses data Transaksi Yang Lebih Cepat

Secara gamblang, pencatatan data akan lebih mudah jika bisa dikelompokkan dalam kategori-kategori khusus. Ini akan membuat setiap data tersistematis dengan baik dan tidak berantakan. Kecepatan untuk proses data yang akan diolah menjadi semakin cepat jika menggunakan pengelompokkan tersebut. Misalnya saja, kita harus mencatat sebanyak 100 kali data jika ada 100 data trnsaksi di jurnal umum. Tapi, kita hanya perlu mecatat satu jenis data dalam satu pengelompokkan di bidang jurnal khusus.

Penggambaran Data Yang Lebih Jelas dan Cepat

Karena dalam jurnal khusus kita sudah mengenali pengelompokkan trnsaksi, maka hanya akan dimuat data sejenis. Misalnya saja, data trnsaksi penerimaan barang, maka isinya hanya akan ada masalah penerimaan barang saja. Begitu juga dengan data penjualan barang, isinya juga akan berkaitan dengan trnsaksi penjualan barang. jadi, data kleuangan yang disampaikan akan tersaji lebih tepat, akurat dan cepat.

Proses Postingan Kedalam Buku Besar Akan Lebih Mudah

Seperti yang telah kita ketahui di atas, jurnal ini akan membagi semua data menurut 4 golongan. Jadi, semua data transksi keuangan yang ada akan dikelompokkan dengan data yang sama. Ini berarti tidak lagi sulit untuk menemukan sekaligus memposting data kedalam buku besar. Jadi, banyak trnsaksi keuangan yang bisa diselesaikan dengan mudah. Hanya tinggal mencari akun yang digolongkan kedalam trnsaksi tersebut.

Pemeriksaan Secara Berkala Menjadi Lebih Mudah

Auditor publik akan melakukan pemeriksaan ulang secara berkala. Pemeriksaan ini nantinya akan menyangkut pemeriksaan eksternal dan internal. Proses pembukuan dan pengemasan data akan lebih praktis dengan adanya jurnal khusu ini. Oleh karena itu, pemeriksaan ulangan oleh auditor akan lebih mudah.

Dengan penjelasan manfaat di atas, kita akan menyadari seberapa pentingnya kegunaan jurnal ini terutama untuk laporan keuangan perusahaan. nantinya, ini akan menjadi salah satu teknik pencatatan keuangan bisnis yang mirip dengan sistem dari software akutansi online. TSistem software akutansi sendiri biasanya akan menawarkan pencatatan data yang akurat dan dilansir secara realtime. Didalam sebuah jurnal, pencatatan data yang diberikan akan sangat menguntungkan dan memudahkan untuk bisa digunakan secara baik dan jelas. Demikianlah informasi terkait jurnal khusus dan manfaatnya bagi perusahaan.

 

Baca juga :