Mengenali Fungsi, Tujuan dan Pengertian Jurnal Penyesuaian

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi, tujuan dan pengertian dari jurnal penyesuaian. Maka kali ini kita akan membahasnya secara lebih dalam. Jurnal  ini digunakan dan dibuat untuk mengetahui gambaran jumlah  saldo rill.

Karena itu, ketelitian dalam pembuatan jurnal ini sangat diperlukan. Dalam pencacatan akutansi, jurnal penyesuaian ini memiliki tujuan dan fungsinya tersendiri. Untuk itu, kita juga harus mengenali lebih dalam. Tentang apa sebenarnya pengertian maupun tujuan dan fungsi dari jurnal penyesuaian tersebut.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah sebuah jurnal yang disusun disaat terjadinya perubahan saldo dari sebuah akun. Jadi, pencatatan perubahan saldo di dalam akun tersebut nantinya akan mencerminkan saldo riil. Jumlah ini adalah saldo sesungguhnya yang ada di akhir periode.

Dengan demikian, kita tahu bahwasanya jurnal penyesuaian ini akan dicatat pada akhir periode. Ini dilakukan sebelum worksheet atau penyusunan kertas kerja diatur. Ini juga disusun setelah menentukan hasil dari neraca saldo.

Secara garis besar, dapat kita simpulkan bahwasanya jurnal penyesuaian ini akan digunakan sebagai penetapan saldo akhir. Biasanya, ini akan dimasukkan pada catatan di dalam buku besar sebuah akun. Jurnal  ini akan menentukan jumlah pendapatan maupun beban secara bersih.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Saldo

Oleh karena itu, jurnal yang satu ini nantinya akan menggambarkan jumlah atau saldo di setiap akun-akun yang ada. Peencatatan ini akan selalu ada di dalam periode yang sudah berlangsung. Sebenarnya, ada 2 faktor utama mengapa sebuah transaksi membutuhkan sebuah skala penyesuaian, yakni:

  1. Sebuah keadaan dimana sudah terjadi transaksi. Namun informasi terkait transaksi tersebut masih belum dicatat perkiraannya.
  2. Perkiraan sebuah transaksi yang sudah berlangsung sudah dicatat. Hanya saja, saldo perkiraan masih dalam tahapan penyesuaian agar bisa didapatkan dalam jumlah yang tepat.

Tujuan Jurnal Penyesuaian

Untuk memahami lebih lanjut, maka berikut akan kita bahas apa saja yang menjadi tujuan dari sebuah jurnal ini, yakni:

  • Untuk bisa memastikan, adanya mixed account. Mixed account ini sendiri adalah beberapa akun yang masih tergolong akun campuran. Akun-akun seperti ini ada 2 jenis yakni : akun nominal dan akun riil.
  • Agar di akhir dari sebuah periode, akun-akun riil bisa menunjukan jumlah yang pasti. Ini diutamakan bagi akun riil yang berjenis hutang dan aktiva dalam sebuah neraca.
  • Untuk menampilkan jumlah pendapatan yang ada di dalam akun-akun nominal pada sebuah periode akhir. Jadi, kita bisa menemukan jumlah beban beserta jumlah pendapatan yang valid.
  • Meminimalisir adanya kesalahan akibat pos-pos antisipasi.
  • Menjaga sebuah konsistensi yang sudah ditetampkan berdasarkan petunjuk dari sebuah buku pedoman.

Dalam kebutuhan yang dialami oleh sebuah perusahaan jasa, ada 4 penyebab utama. Penyebab tersebut yang menyebabkan adanya penyesuaian di dalam akhir periode, yaitu:

  1. Dibutuhkan sebuah penyesuaian untuk pencacatan terhadap akun perlengkapan, karena pasti ada beberapa perlengkapan yang sudah habis digunakan.
  2. Mengatasi permasalahan terhadap adanya penyusutan nilai yang berlaku untuk akun aktiva tetap.
  3. Mengatasi masalah beban yang terlewat jangka waktu yang tergolong didalam piutang beban yang harus dilunaskan atau dibayarkan dimuka.
  4. Penyesuaian yang akan dilakukan untuk membayarkan jenis utang beban. Karena, jasa yang sudah dipakai, hanya saja belum dibayarkan.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Setelah kita mengetahui pengertian dan tujuan, maka kali ini kita akan membahas fungsi dari jurnal penyesuaian, yaitu:

  • Perumusan untuk diakhir periode pada akun buku besar. Sehingga, saldo yang tertera tidak berbeda dengan saldo yang seharusnya.
  • Untuk menghitung beban maupun pendapatan yang dihasilkan selama periode akhir tersebut.

Demikianlah hal penting terkait jurnal penyesuaian yang bisa diketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Jika Anda ingin mempermudah proses akuntansi dalam bisnis, Anda bisa menngunakan software akuntansi. Anda bisa mencoba Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud gratis yang telah banyak digunakan oleh UKM dan perusahaan multinasional.

Anda bisa mencoba Accurate Online gratis melalui link ini.

 

 

Anda juga bisa membaca artikel akuntansi menarik lainnya melalui link dibawah ini :