Kelebihan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Bisnis

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Padahal penerapan sistem ERP di suatu bisnis bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Jika perusahaan umumnya memakai sistem database secara terpisah, tetapi ERP mampu membuat data-data di setiap bagian terintegrasi dalam satu wadah sehingga semua pihak yang membutuhkan bisa mengakses dengan mudah dan lengkap.

Akibat secara tidak langsung, pengelolaan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.  Lalu apa itu ERP? ERP adalah singkatan dari tiga elemen utama, yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (perencanaan). Sumber daya perusahaan terdiri dari sumber daya manusia, modal, dan aset.

Konsep ERP sebenarnya lebih sering digunakan dalam konteks software. Tujuan utama software ERP adalah menjadi penyedia wadah untuk arus informasi di dalam perusahaan sehingga pihak manajemen bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang tersedia.

Pada dasarnya, konsep ERP bisa berjalan dengan baik jika didukung aplikasi dan infrastruktur komputer yang baik sehingga pengelolaan data bisa dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

Suatu sistem ERP terdiri dari berbagai modul dan submodul yang mewakili berbagai komponen bisnis perusahaan sehingga perusahaan bisa memilih modul sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa modul dalam sistem ERP antara lain Modul Sumber Daya Manusia (Human Resource Module), Modul Inventaris/Persediaan (Inventory Module), Modul Penjualan dan Pemasaran (Sales and Marketing Module), Modul Pembelian (Purchase Module), Modul Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relations Management Module), Modul Manufakturing (Manufacturing Module), dan Modul Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management Module).

Adapun kelebihan sistem ERP sebagai berikut.

1. Efisiensi dan Produktivitas Meningkat

Keberadaan sistem ERP dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas suatu perusahaan. Aktivitas-aktivitas harian perusahaan seperti order, pengiriman barang, profil pemasok, manajemen kas (manajemen keuangan), manajemen gudang, realisasi penjualan hingga akuntansi dapat berjalan lebih baik dan cepat. Bahkan, siklus waktu penjualan menjadi kas dan pembayaran supplier bisa dilakukan lebih cepat.

2. Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan

Sistem ERP mempunyai berbagai alat pendukung untuk mengambil keputusan seperti alat perencanaan dan alat simulasi sehingga perusahaan bisa memanfaatkan sumber dayanya lebih efektif dan efisien. Penyajian laporan keuangan dalam sistem ERP juga lebih mudah, cepat, dan dapat diakses oleh pihak-pihak terkait tanpa batas waktu.

3. Bisnis dan Akurasi Data Terintegrasi dengan Baik

Sebuah perusahaan yang memakai ERP akan bisa melihat perubahan pada setiap modul atau submodul karena pembaharuan yang terjadi bersifat real time. ERP juga bisa meminimalisasi duplikat atau pencurian data yang umum disebabkan oleh kesalahan pengguna (human error).

Integrasi bisnis akan berjalan dengan lebih baik dan akurasi data di dalam perusahaan bisa dipertanggungjawabkan. Bahkan, penerapan sistem ERP dalam perusahaan akan membuat pekerjaan-pekerjaan di dalam perusahaan lebih terstruktur dan tidak bergantung dengan individu tertentu. Kegiatan perusahaan akan berjalan lebih seragam karena semua karyawan yang memakainya akan memiliki tampilan yang sama saat menjalankan aktivitas bisnis.

4. Biaya Manajemen dan Biaya Operasional Berkurang

Biaya operasional dan manajemen selalu ada di setiap perusahaan dan berkaitan dengan laporan keuangan. Setiap perusahaan harus memangkas biaya manajemen dan biaya operasional agar tidak terlalu membebani perusahaan. Software ERP bisa mengurangi biaya-biaya tersebut melalui sistem yang seragam dan terintegrasi.

5. Penyempurnaan Kolaborasi

Karyawan di sebuah perusahaan tentu memiliki beragam karakter sehingga sering timbul konflik atau ketidakcocokan saat bekerja. Dengan menggunakan software ERP setidaknya perselisihan yang terjadi antarbagian atau departmen yang biasa terjadi bisa dikurangi karena kolaborasi tim semakin baik.

Kesalahan-kesalahan seperti input data akan terpampang nyata sehingga tidak akan ada konflik di hadapan semua pihak yang bersangkutan. Penyelesaian masalah atau pencarian solusi bisa dilakukan lebih baik dan cepat.

Sistem ERP diciptakan dengan banyak kelebihan sehingga memungkinkan penyesuaian kebutuhan bagi setiap perusahaan tanpa perlu proses programming kembali. Berbagai kebutuhan terutama kegiatan akuntansi tentang penyusunan laporan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Itulah beberapa kelebihan sistem ERP sehingga setiap perusahaan besar sebaiknya memakai sistem ini.

Namun kekurangan dari sistem ERP biasanya harga yang dikenakan sangat mahal, dan untuk pengoperasiannya diperlukan adaptasi yang cukup lama. Pengguna sistem ini biasanya adalah pelaku bisnis yang sudah sangat besar dan perusahaan multinasional.

Jika Anda menginginkan sistem akuntansi yang lebih sederhana dan bisa terintrgrasi dengan sistem lain seperti sistem kasir dan pengelolaan perpajakan, mungkin Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk bisnis Anda. Accurate online aplikasi akuntansi berbasis cloud yang memudahkan pengelolaan bisnis Anda dimana saja dan kapan saja. Anda bisa menggunakan demo Accurate Online secara gratis melalui link ini.

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya di bawah ini :