Bank DBS, Accurate Online, dan UnionSPACE Bangun Ekosistem Dukung Perkembangan UKM di Indonesia

Pada 6 Maret 2019, Bank DBS Indonesia mengumumkan kemitraan strategis dengan PT. Cipta Piranti Sejahtera, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak cloud akuntansi Accurate Online.

Melalui kolaborasi ini, Bank DBS Indonesia ingin membantu usaha kecil dan menengah (UKM) menghemat waktu dan sumber daya manusia. Setelah UKM menghubungkan akun korporat Bank DBS Indonesia dengan Accurate Online, setiap transaksi bisnis yang dilakukan oleh UKM dengan akun korporat Bank DBS Indonesia akan secara otomatis masuk dan tercatat dalam Accurate Online.

Pengaturannya sangat mudah dan tidak memerlukan formulir kertas apapun; UKM hanya perlu sekali mengotorisasi koneksi melalui internet banking IDEAL dan transaksi bank dari DBS akan langsung masuk tercatat ke Accurate Online setiap hari. Setelah transaksi bank tercatat dalam Accurate Online, fitur “Smart Reconciliation” akan mencoba mencocokkan data rekening koran dengan entri akuntansi secara otomatis, sehingga dapat menghemat berjam-jam waktu pengguna dalam melakukan rekonsiliasi bank.

Hal ini juga berarti bahwa UKM dapat memiliki pembaruan terkini tentang arus kas mereka sehingga dapat membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Inovasi ini menyingkirkan tugas manual mengimpor transaksi bank dan rekonsiliasi.

“Sebagai “World’s Best Bank for SME” oleh Euromoney, kami ingin menjadi solusi perbankan untuk UKM di Indonesia dengan menyediakan berbagai fasilitas dan wawasan yang dapat membantu UKM membuat keputusan dalam bisnis mereka. Kolaborasi ini adalah bagian dari implementasi misi kami “Live more, Bank less” yang memungkinkan nasabah menikmati hidup sepenuhnya tanpa harus disulitkan dengan urusan administratif perbankan.

Kami juga menemukan bahwa banyak UKM dan start-up yang menggunakan Excel atau kertas fisik untuk pembukuan. Mengingat sifat tugas tersebut yang membosankan, mereka cenderung melakukan rekonsiliasi hanya sebulan sekali, sehingga pandangan yang dimiliki tentang arus kas mereka tidak up-to-date,” kata Rudy Tandjung, Direktur PT Bank DBS Indonesia.

accurate online, dbs, dan accurate online dalam membantu perkembangan UKM di indonesia 1

Di sisi lain, Darwin Tjoe, Founder Accurate menambahkan, “Dengan menggunakan akun korporat DBS yang terhubung dengan Accurate Online, UKM dengan mudah dapat melakukan dan memantau pembukuan keuangan bisnis mereka. Nasabah Bank DBS Indonesia dan Accurate Online juga dapat memperoleh manfaat dari penghematan biaya.

Manfaat lain yang diberikan dari kolaborasi Bank DBS Indonesia dan Accurate Online adalah UKM yang mendaftar online menjadi nasabah baru Bank DBS Indonesia untuk akun korporat DBS pada atau sebelum 30 Juni 2019 dapat menikmati transaksi SKN tanpa batas hingga 31 Maret 2020 di atas keuntungan lain yang diperoleh seperti saldo minimum hanya senilai Rp500.000, gratis internet banking dan mobile banking, bebas biaya bulanan, serta bunga hingga 5%.

Selain itu, nasabah UKM DBS yang baru dan yang sudah ada dapat menikmati uji coba satu bulan gratis, diikuti dengan berlangganan gratis selama tiga bulan jika UKM menghubungkan akun korporat DBS mereka dengan Accurate Online selama masa coba gratis satu bulan tersebut.”

Untuk informasi lebih lanjut  tentang integrasi Bank DBS dan Akun Accurate Online, Anda dapat mengaksesnya melalui link ini.

Tidak hanya dengan Accurate Online, Bank DBS Indonesia juga berkolaborasi dengan UnionSPACE. Perusahaan co-working terbesar di Asia Tenggara, untuk membantu UKM menghemat biaya sewa dan mendukung ekspansi mereka di luar Indonesia. Nasabah UKM baru dan lama dari DBS akan mendapat manfaat dari berlangganan gratis ke Paspor UnionSPACE yang baru diluncurkan selama 6 bulan.

Paspor UnionSPACE tidak hanya memungkinkan UKM untuk menggunakan alamat kantor yang bergengsi, tetapi juga memberikan UKM penggunaan lokasi UnionSPACE dan outlet Maxx Coffee di Indonesia. Selain itu, UKM yang ingin melakukan ekspansi di luar Indonesia dapat mengunjungi lokasi UnionSPACE di negara lainnya.

Pelanggan UKM baru dan lama dari UnionSPACE yang mendaftar online untuk akun korporat DBS pada atau sebelum 30 Juni juga dapat menikmati transaksi SKN tanpa batas hingga 31 Maret 2020. Ini dapat dikemas dengan DBS’ Multi-Currency Account yang membantu UKM bertransaksi dan mengelola ke 12 mata uang dalam e-wallet terpisah, semua dikelola dalam satu akun tunggal. Secara keseluruhan, UKM dapat menghemat hingga Rp50.000.000 dalam biaya sewa dan perbankan.

Bersama dengan Alibaba Cloud, UnionSPACE juga merupakan mitra untuk DBS SME Academy, sebuah seri pendidikan yang membantu membangun kemampuan bisnis untuk mempercepat laju inovasi, memungkinkan UKM untuk menjadi efisien, efektif dan cerdas teknologi.

“Kami sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem untuk pertumbuhan UKM di Indonesia seperti bagaimana kami membangun ekosistem UKM di negara lain. Dengan menyediakan pelaku usaha dan startup ruang kerja yang lebih efisien dan program percepatan pertumbuhan dengan mitra bisnis dan institusi terpilih, UnionSPACE dapat memberdayakan anggota kami untuk meningkatkan skala dan tumbuh secara internasional,” kata Albert Goh, CEO UnionSPACE.

Perkembangan teknologi pada era digital telah memberikan dampak besar pada bisnis di berbagai bidang, tidak terkecuali bagi UKM dan start-up. Sebagai pelopor bank yang memanfaatkan teknologi untuk membentuk masa depan perbankan, Bank DBS Indonesia dengan misi “Live more, Bank less” selalu menghadirkan berbagai fasilitas untuk nasabah dapat menikmati hidup sepenuhnya. Membangun ekosistem untuk UKM adalah pilar utama untuk menunjukkan komitmen Bank DBS Indonesia dalam mendukung pertumbuhan UKM dan start-up di Indonesia.

accurate online, dbs, dan accurate online dalam membantu perkembangan UKM di indonesia 2

Tentang Bank DBS

DBS Bank adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit “AA-” dan “Aa1” bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 26.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Tentang Accurate Online

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud terlengkap yang dipercaya oleh lebih dari 300.000 pemilik bisnis di Indonesia. Misinya adalah mengembangkan produk inovatif yang terjangkau dan mudah digunakan bagi semua pelaku bisnis di Indonesia.

Berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh pengguna, Accurate kembali meraih Top Brand Award tahun 2019 dalam kategori software akuntansi. Ini adalah kali keempat secara berturut-turut sejak tahun 2016 Accurate meraih penghargaan serupa.

Untuk menjawab tantangan pelaku usaha yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan kemudahan dalam pembukuan, Accurate Online hadir sebagai software akuntansi berbasis cloud yang dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.

Accurate Online dapat digunakan untuk segala jenis usaha, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar. Beragam fitur yang dimiliki Accurate Online dapat membantu UMKM menjalankan bisnis mereka lebih mudah dan lebih efisien, sehingga cukup satu software untuk mengelola pencatatan keuangan UMKM. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi accurate.id.

Tentang UnionSPACE

UnionSPACE adalah penyedia ruang kerja yang berdedikasi dalam memberikan wadah bagi wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya di Asia Tenggara. Karena itu, UnionSPACE tidak hanya menyediakan coworking space, tapi juga solusi bisnis lainnya seperti Serviced Office, Virtual Office, hingga layanan resepsionis telepon. Didirikan sejak tahun 2016, UnionSPACE telah melayani pebisnis dan wirausaha di Jakarta, Manila dan Kuala Lumpur; dan dengan jumlah member mencapai 22.000 yang terhubung melalui platform aplikasi online UnionSPACE Apps.