Mengapa Aplikasi Pembukuan Penting Untuk Bisnis Anda?

Seperti yang telah kami bahas disini, kata akuntansi mengacu pada proses yang berurusan dengan sistem keuangan suatu bisnis. Sistem keuangan meliputi riwayat transaksi, mengaudit dan menafsirkan segala macam laporan keuangan.

Orang-orang biasa mengelola semua hal ini secara manual, tetapi aplikasi pembukuan telah merampingkan sistem kerja yang lebih sulit dilakukan jika menggunakan metode akuntansi manual. Hampir semua bisnis mempertimbangkan pentingnya aplikasi pembukuan dalam bisnis pada zaman sekarang.

Pentingnya Aplikasi Pembukuan Untuk Bisnis Kecil

Aplikasi pembukuan layaknya seperti rumah penampungan untuk bisnis kecil. Jika Anda luangkan waktu, Anda akan memahami sendiri pentingnya aplikasi pembukuan dalam bisnis Anda, terutama bagi Anda yang baru membangun sebuah binis.

Pikirkan, Anda adalah wirausahawan yang baru memulai sebuah bisnis dengan anggaran yang ketat. Tentu saja, Anda tidak akan dapat menunjuk seorang ahli untuk itu mengelola anggaran Anda, namun aplikasi pembukuan akan membantu Anda untuk mengelola anggaran bisnis sesuai rencana Anda.

Aplikasi akuntansi telah menjadi seperti asisten dalam bisnis dengan melakukan program sederhana di area yang rumit. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 3000 perusahaan pada tahun 2017 yang mencari software akuntansi, 37% diantara mereka adalah pembeli baru. Dan hal ini ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami jelaskan bagaimana software akuntansi membantu mengembangkan bisnis Anda.

Menghemat Waktu Anda

Waktu adalah hal terpenting dalam bisnis terutama ketika Anda baru memulai perjalanan. Ketika Anda menangani pembukuan secara manual, itu menghabiskan banyak waktu berharga Anda. Di sisi lain, menggunakan software akuntansi telah menyederhanakan sistem secara keseluruhan. Penyederhanaan ini menghemat waktu yang Anda butuhkan untuk berinvestasi di sektor lain.

Mempercepat Pekerjaan

Ketika Anda memiliki lebih sedikit daftar kerja untuk dilakukan, Anda mendapatkan kesempatan untuk melakukan pekerjaan lain. Misalnya saat riwayat penjualan Anda dicatat secara otomatis, Anda tidak perlu duduk untuk menghitung total penjualan. Anda akan mendapatkan hasilnya secara otomatis.

Meminimalisir Kesalahan

Adalah hal normal jika Anda melakukan kesalahan dalam perhitungan. Pikiran Anda selalu tidak bekerja dalam kondisi terbaik setiap saat. Masalahnya adalah satu kesalahan kecil dalam perhitungan finansial bisa menghancurkan bisnis Anda. Tetapi otomatisasi dalam proses ini membawa kesempurnaan dalam pekerjaan karena akan meminimalisir membuat kesalahan seperti itu.

Laporan Bisnis

Anda memerlukan faktur, riwayat transaksi, detail stok Anda, dan banyak hal lain yang merupakan bagian dari total laporan bisnis Anda.
Tentunya akan sangat melelahkan duduk dengan banyak kertas dan membuat laporan. Aplikasi pembukuan akan menyiapkan laporan itu untuk Anda secara mudah dan cepat

aplikasi pembukuan 1

Menghitung Pajak dengan Mudah

Hanya pengusaha yang tahu betapa pentingnya masalah pajak saat Anda menjalankan bisnis. Jika Anda mempedulikan pajak, Anda akan mendapatkan masalah kedepannya. Dan untuk pajak, Anda perlu perincian dokumen keuangan.

Seperti yang kami katakan diatas tadi, software akuntansi akan mengotomatiskan laporan keuangan untuk Anda. Laporan yang sudah jadi ini akan membantu Anda memulai kompleksitas perpajakan, bahkan adapula aplikasi perpajakan yang secara otomatis menghitung perpajakan usaha Anda seperti Accurate Online.

Efektivitas biaya

Pada awal pemakaian, aplikasi pembukuan akan menghemat biaya jika dibandingkan menunjuk seorang ahli untuk menangani proses akuntansi ada. Setelah itu, software akuntansi akan mengurangi biaya yang akan datang jika dibandingkan dengan melakukan akuntansi sistem manual.

Sekali lagi, software akuntansi dimulai dengan biaya yang sangat rendah, terutama untuk software akuntansi berbasis cloud.

Mengamankan Data Anda

Mengamankan data Anda adalah tugas yang cukup krusial. Keberadaan bisnis Anda dipertaruhkan jika dokumen Anda jatuh ke tangan yang salah. Aplikasi pembukuan terbaik akan mengunci data Anda ke perangkat Anda dan sangat sedikit orang yang memiliki akses ke informasi tersebut.

Jadi, menggunkan software akuntansi adalah solusi terbaik untuk mengamankan data  pada bisnis Anda.

 

Jenis Aplikasi Pembukuan

Ada berbagai jenis aplikasi pembukuan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pertimbangan penggunaannya tergantung pada status bisnis mereka, kemudahan penggunaan, lokasi bisnis dll. Ada juga perangkat lunak akuntansi berbasis industri.

Seperti yang pernah kita bahas pada artikel ini jenis perangkat lunak Akuntansi yang dapat dibedakan dengan beberapa klasifikasi seperti dibawah ini

  • Aplikasi pembukuan berbasis database: Software ini didedikasikan perusahaan atau korporasi besar atau multi- million dollar companies. Tentu saja mahal aplikasi seperti ini sangat mahal karena diperuntukan perusahaan bisnis besar.

Ada pula software akuntansi yang sebagian besar digunakan oleh pemilik usaha kecil dan menengah. Ada dua jenis perangkat lunak yaitu:

  • Aplikasi pembukuan berbasis desktop: Ini adalah perangkat lunak khusus untuk UKM (usaha kecil dan menengah). Cocok bagi pemilik usaha di daerah dengan jaringan internet yang belum stabil
  • Aplikasi pembukuan berbasis Cloud: Perangkat lunak berbasis cloud sedang tren saat ini. software akuntansi ini juga untuk bisnis kecil dan menengah. Cocok untuk bisnis diperkotaan dan pemilik bisnis dengan mobilitas yang tinggi.

aplikasi pembukuan 2

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Untuk Bisnis Anda

Menurut sebuah laporan dari negara tetangga kita, Malaysia. 97% bisnis di Malaysia adalah bisnis kecil atau menengah. Dan kebanyakan dari mereka menggunakan sistem akuntansi bisnis. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sampai artikel ini dibuat, belum ada laporan yang menerangkan tentang berapa banyak perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi pembukuan pada operasional bisnis mereka.

Namun, peningkatan pengguna software akuntansi di Malaysia membuktikan bahwa harus ada keuntungan tertentu untuk menarik pengguna untuk memakai software akuntansi. Di atas, kita sudah membahas mengapa kita harus menggunakan ini dalam bisnis.

Sekarang mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi pembukuan:

  • Meningkatkan produktivitas: Menghemat waktu, membuat laporan dalam waktu singkat, membawa kesempurnaan dalam pekerjaan dan secara keseluruhan meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Menghadirkan informasi yang tepat: software akuntansi dengan semua dokumen keuangan yang tercatat membuat informasi yang tepat untuk Anda dan membantu saat menyiapkan anggaran.
  • Perkiraan bisnis: Menggunakan perangkat lunak akuntansi tidak hanya membantu Anda dalam membuat anggaran tetapi juga dapat memberi Anda perkiraan bisnis yang akan datang.
  • Tetap up to date: Anda dapat mengawasi data Anda dengan mudah melalui software akuntansi, terutama softaware akuntansi berbasis cloud. Hal ini membuat data Anda selalu diperbarui bahkan sampai detail terkecil pada bisnis Anda.
  • Mempercepat pengembangan bisnis: Semua ini membantu akan membuat bisnis Anda bergerak  lebih cepat dan membantu menciptakan jalan bisnis menuju kemajuan dengan mudah.

 

Masalah yang Mungkin Terjadi dengan Aplikasi Pembukuan

Menerapkan sistem baru mungkin sedikit merepotkan. Hal yang sama berlaku untuk sistem akuntansi. Tidak peduli seberapa mudah software tersebut merampingkan proses akuntansi dengan menyelamatkan Anda dari semua kertas itu, namun pastinya Anda tetap akan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi

Perangkat lunak akuntansi yang ditargetkan oleh UKM atau bisnis kecil menengah biasanya memiliki tampilan minimalis dalam desain. Jadi mereka tidak memerlukan dukungan teknis. Tetapi tentunya harus ada  tim dari pengembang yang bekerja untuk memecahkan masalah jika terjadi.

 

Kesimpulan

Popularitas aplikasi pembukuan sedang meningkat, terutma aplikasi berbasis cloud. Ini adalah hal baru yang menarik bagi orang-orang ketika mereka berpikir untuk menyingkirkan buku kertas tebal dan bekerja ditempat yang sama dari waktu ke waktu. Sotware akuntansi berbasis cloud adalah revolusi.

Namun, sistem baru cenderung membingungkan sebagian orang. Inilah sebabnya mengapa pentingnya untuk membahas manfaat yang mungkin dinikmati orang-orang dengan sistem dan bagaimana hal itu dapat menjadi sangat penting dalam bisnis atau masalah apa yang mungkin akan Anda hadapi.

Aplikasi pembukuan berbasis cloud seperti Accurate Online adalah sebuah solusi untuk proses akutnansi yang lebih baik. Anda bisa mengerjakan dan memantau pembukuan bisnis kapan saja dan dimana saja. Dengan fitur terlengkap dan kekinian, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia. Terbukti dengan memenangkan Top Brand Award untuk kategori software akuntansi selama 4 tahun berturut-turut.

Anda dapat mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari, melalui link ini. Dengan Accurate Online, bisnis jauh lebih mudah

 

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar akuntansi? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: