4 Laporan Akuntansi Ini Penting untuk Usaha Kecil Anda

Memulai sebuah bisnis yang ingin terus dikembangkan, tentu tidak akan terlepas dari laporan akuntansi. Akuntansi merupakan hal yang penting untuk dibuat dalam sebuah kegiatan bisnis, meskipun masih dalam skala kecil. Manfaat akuntansi tidak hanya untuk membuat laporan perpajakan atas usaha Anda saja. Laporan akuntansi juga dapat membantu meningkatkan, menumbuhkan serta memperluas usaha kecil Anda.

Untuk itu, Laporan akuntansi sebaiknya selalu dibuat, agar setiap transaksi yang terjadi dalam usaha kecil Anda selalu terupdate dengan tepat dan akurat.

Berikut ini 4 laporan akuntansi yang penting untuk usaha kecil Anda:

Neraca Keuangan

Neraca keuangan dalam akuntansi nantinya akan memudahkan dalam memberikan gambaran mengenai apa yang dimiliki usaha Anda pada waktu tertentu.

Neraca tentunya mencatat asset yang dimiliki seperti piutang, rekening bank hingga rekening investasi. Aset berupa property juga masuk dan ditulis dalam neraca.

Begitu juga dengan peralatan seperti komputer dan property fisik lainya yang mendukung usaha Anda dan asset tersebut bisa dijual.

Dalam neraca juga, sebaiknya Anda melihat mengenai asset jangka pendek dan liabilitas (modal) jangka pendek. Ingat dengan persamaan akuntansi yang sangat umum diketahui, yaitu Aset ditambah kewajiban menjadi ekuitas.

Laporan Laba rugi Usaha

Selain neraca, Anda juga bisa membuat tentang laporan laba rugi dari usaha yang sudah dijalankan. Laporan ini akan memberikan informasi kepada kita tentang berapa jumlah uang yang sudah dihasilkan dalam usaha kecil Anda. Laporan keuangan laba rugi ini harus dibuat setiap bulan.

Dengan begitu, kita akan bisa melihat progress dari usaha yang sedang kita lakukan, apakah untung atau rugi, akan kelihatan dalam laporan laba rugi tersebut.

Piutang Usaha

Dalam usaha, komponen piutang usaha juga selalu ada karena usaha yang dijalankan bukan usaha amal dan semua bekerja tidak secara gratis. Untuk soal piutang, pastikan setiap ada pembayaran itu harus dibuatkan faktur dan dikumpulkan.

Melalui laporan penuaan piutang, Anda juga bisa tetap memaksimalkan  saldo terlambat dari pelanggan kita.

Penghasilan dari Pelanggan

Ingat kembali, bahwa saat Anda memulai usaha ini apakah ada orang lain yang memiliki utang terhadap kantornya. Penghasilan dari pelanggan bisa saja di dapat, asalkan berjumlah seimbang.

Terkadang akuntansi pendapatan pelanggan memang tinggi, dan akan menguntungkan dalam penghasilan pelanggan. Anda juga berhati- hati jika ada klien yang sama yang malah membuat usaha kita maju, itu akan lebih berisiko.

Memiliki usaha skala kecil tentunya masih banyak yang harus dilakukan, termasuk mempersiapkan laporan akuntansi dengan cermat dan mudah dipahami pihak perusahaan juga. Untuk mempermudah dalam menghasilkan laporan ini, Anda bisa menconba menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pembukuan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional. Anda bisa mencoa Accurate Online secara gratis melalui link ini. 

 

Anda bisa membaca artikel menarik lainnya disini: