6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Ayam Geprek Tanpa Pinjam ke Bank

Ingin membuka usaha di bidang kuliner yang sedang laris seperti ayam geprek? Pastikan Anda sudah memiliki modal usaha ayam geprek tanpa pinjam ke bank terlebih dulu. Saat ingin membuka usaha, yang ada di pikiran kita dan terkadang menjadi hambatan untuk memulai usaha adalah bagaimana cara mendapatkan modal yang mudah tanpa harus repot berhutang ke bank dengan suku bunga yang tinggi.

Memulai modal dengan berhutang sebenarnya tidak dianjurkan saat Anda ingin memulai suatu usaha. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai modal tanpa pinjam ke bank tersebut.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Ayam Geprek Tanpa Pinjam ke Bank

Modal untuk memulai usaha sebenarnya tidak hanya berupa uang. Kemauan yang besar dan semangat yang tinggi untuk memulai usaha itu sendiri adalah hal yang akan memudahkan kita mendapatkan modal usaha tanpa harus pinjam ke bank. Bagaimana caranya? Berikut ulasanya:

Berhemat dengan menyisihkan Sebagian Uang Tabungan

Ini merupakan sumber yang paling mudah untuk bisa mendapatkan modal usaha, yaitu dari keuangan pribadi. Anda yang sudah rajin menabung sejak dulu, tentunya memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki modal usaha ayam geprek, tanpa pinjam ke bank. Mulailah dengan menyisihkan sedikit demi sedikit biaya hidup atau gajimu, ke dalam tabungan khusus untuk usaha. Ini berlaku untuk jangka panjang.

Menjual Aset Berharga untuk Modal Tambahan

Selain keuangan pribadi, jika Anda memiliki asset berupa barang berharga yang mungkin sudah jarang digunakan, Anda bisa menjadikanya sumber modal usaha ayam geprek tanpa pinjam ke bank. Beberapa barang seperti mobil, tv, gadget, mesin cuci dan pakaian serta aksesoris mahal milik Anda, bisa dijadikan sumber asset untuk mendapatkan modal usaha.

Dapatkan Modal dari Situs Crowdfunding

Istilah yang mengatakan bahwa internet bisa mendatangkan uang untuk kita, hal itu memang benar adanya. Sekarang ini, hanya dengan gadget, laptop dan internet, bahkan Anda sudah memiliki peluang untuk mendapatkan modal usaha tanpa pinjam ke bank. Kunjungilah situs Crowdfunding local atau internasional, mereka suka ada yang menawarkan sponsorship untuk usaha. Namun, jangan jadikan sebagai modal usaha yang utama, karena pendanaan lewat ini biasanya dalam kisaran kecil.

Mendirikan Usaha Bersama Teman

Hal ini bisa dilakukan untuk membuka usaha ayam geprek dengan modal ditanggung bersama dengan teman. Carilah teman yang memiliki minat usaha yang sama di bidang kuliner, dan ceritakan mengenai ide usaha ayam geprek Anda. Pastikan Anda mengetahui secara detail bagaimana latar belakang teman Anda ini dalam mengelola keuangan, agar usaha bisa berjalan sesuai keinginan.

Pinjam Modal Kepada Keluarga

Sebenarnya, sumber pinjaman modal yang tidak akan berbunga adalah kepada keluarga kita sendiri. Mereka adalah investor yang sebenarnya, yang akan siap membantu kita dalam masalah mengumpulkan modal usaha tanpa harus meminjam ke bank. Sebaiknya, jadikan kesempatan ini untuk modal awal usaha saja ya.

Kunjungi Seminar dan Temukan Investor

Rajinlah berkunjung ke seminar-seminar usaha atau bisnis saat ini, Anda juga akan mudah mendapatkan investor yang menawarkan investasi uang usaha untuk mendapatkan modal usaha tanpa pinjam ke bank. Pastikan Anda membuat proposal usaha terbaik Anda terlebih dulu.

Gunakan Software Akuntansi Untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnis

Jika Anda sudah menjalankan bisnis ayam geprek milik Anda, langkah selanjutnya adalah mengelola keuangan bisnis Anda untuk menghasilkan keuntungan. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu pengelolaan laporan keuangan dan perencanaan bisnis yang lebih baik.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda coba gunakan. Accurate Online telah banyak digunakan oleh UKM sampai perusahaan multinasional dengan berbagai jenis bisnis. Mulai dari usaha kuliner rumahan sampai dengan usaha manufaktur yang memerlukan perhitungan yang cermat.

Anda bisa mencoba gratis Accurate Online selama sebulan melalui link ini 

 

Tertarik dengan artikel lain seputar bisnis? Dibawah ini adalah artikel terbaik lainnya :