Bagaimana Mengembangkan Bisnis dari Sisi Marketing?

Ketika Anda sudah memiliki bisnis dan produk yang siap dijual, maka Anda juga perlu memikirkan bagaimana produk itu bisa terjual. Karena percuma jika produk atau jasa Anda bagus tetapi dalam menjualnya Anda tidak bisa. Atau mungkin tidak bisa tepat sasaran.

Untuk itulah mengapa dalam mengembangkan bisnis perlu adanya tim marketing. Tim Marketing sangat berperan penting dalam mengenalkan dan memastikan kalau produk Anda bisa sampai pada target pasar Anda. Karena tim marketing akan melihat bagaimana keadaan internal maupun eksternal bisnis Anda, sehingga dapat meramu cara untuk memasarkan produk dengan tetap sasaran.

Tentu untuk bisa melakukan itu juga perlu bantuan lain seperti Tim Business Development. Sehingga sinergi antar divisi ini bisa membuahkan hasil yang maksimal untuk pengembangan bisnis secara umum.

Nah, dalam mengembangkan bisnis khusus dari sisi marketing, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah :

Melakukan Promosi

Promosi adalah hal wajib yang perlu dilakukan agar bisnis bisa semakin dikenal. Anda perlu meningkatkan promosi melalui berbagai cara dan media yang sesuai dengan target pasar Anda. Promosi yang masive akan sangat berdampak baik untuk bisnis Anda. Hanya saja Anda perlu menyiapkan budget promosi yang besar.

Namun yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan promosi adalah mempersiapkan bahwa stok produk Anda benar-benar sudah mencukupi atau sesuai dengan target penjualan yang telah ditetapkan. Sehingga ketika nanti promosi sudah berjalan dan ada peningkatan penjualan, maka Anda sudah siap dengan stok produk yang melimpah.

Perluas Jaringan Bisnis

Melalui promosi Anda akan bisa melihat statistik jangkaun dan respon dari pembeli. Dari situ Anda bisa membuat perhitungan kembali untuk bisa memperluas jaringan. Mungkin Anda bisa melakukan perluasan area pemasaran, atau bisa juga dengan menggaet pasar baru lagi.

Perluasan jaringan bisnis ini tentu juga perlu terus disinergikan dengan strategi promosi yang baik. Karena perluasan jaringan bisnis ini artinya akan mendapatkan orang-orang baru yang belum mengenal produk Anda. Sehingga promosi juga perlu dilakukan untuk mendukung perluasan jaringan bisnis ini.

Mengasah Kemampuan SDM

Jangan hanya mengandalkan teknologi atau sumber daya lain yang sifatnya berupa alat. Sebaik-baiknya alat yang dimiliki, kondisi SDM yang Anda miliki jauh lebih berharga. Untuk itu jangan ragu untuk mengasah kemampuan SDM yang Anda miliki.

Pegawai-pegawai Anda perlu diberikan pembekalan lagi agar bisa menangani bisnis yang skalanya lebih besar. Selain itu agar bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada saat ini.

Keterampilan pegawai sangatlah penting untuk pengembangan bisnis Anda. Dengan memiliki pegawai yang semakin profesional, maka akan tercipta hal-hal baru di bisnis Anda.

Selalu Tanggapi Keluhan dari Pelanggan

Kadang sebuah bisnis bisa berkembang bukan karena ide-ide kreatif dari SDM yang dimiliki, tetapi justru dari keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pelanggan. Karena keluhan dari pelanggan itulah sesuatu yang nyata ada di lapangan dan itu butuh solusi.

Ketika bisnis Anda bisa mengatasi dan memberikan solusi tersebut, maka akan semakin baik bisnis Anda. Pelanggan pun akhirnya mendapatkan solusi dari masalah yang dikeluhkannya.

Cari Tahun Tentang Kompetitor

Yang namanya bisnis sudah pasti akan ada kompetitor. Itu adalah hal wajar. Yang terpenting adalah dalam mengembangkan bisnis Anda perlu tahu bagaimana kompetitor Anda. Ketahui dan kenalilah kompetitor Anda, sehingga Anda tahu bagaimana kualitas produknya, apa kekurangannya, bagaimana teknik pemasarannya dll.

Dari itu semua Anda bisa melakukan yang lebih baik dan beda dibanding kompetitor Anda tersebut.