Poin Penting Menjalankan Usaha Restoran Modal Kecil

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas. Akan tetapi dalam menjalankan bisnis kuliner seperti membuka usaha restoran, tidak bisa dilakukan dengan gegabah. Faktanya banyak restoran yang pada akhirnya sepi dan tutup. Ini menandakan bahwa meskipun pangsa pasarnya luas, tetapi jika pengelolaan sebuah usaha tidak dilakukan dengan baik, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Dalam membuka usaha restoran khususnya yang bermodal kecil, harus lebih teliti lagi mulai dari awal perencanaan hingga saat menjalankannya. Nah, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuka dan menjalankan usaha restoran dengan modal kecil.

Berikut diantaranya :

1. Pastikan Memilih Lokasi yang Tepat

Salah satu kunci sukses usaha restoran adalah faktor lokasi. Faktor penting lainnya adalah dari segi kualitas (rasa). Masalah lokasi ini jangan Anda sepelekan, karena jika hanya mengandalkan makanan yang Anda sajikan enak saja itu belum cukup. Lokasi restoran harus berada di tempat yang tepat.

Bagaimana lokasi yang tepat itu?

Tentunya letaknya strategis, seperti dekat dengan jalan raya, jarak antar kompetitor jauh, termasuk lokasinya berada di lingkungan yang memang sesuai dengan produk yang Anda jual. Inilah mengapa Anda perlu melakukan riset kecil sebelumnya. Karena meski pangsa pasar luas, kadang masalah kuliner ini ada segmen-segmennya.

2. Lengkapi Izin Usaha

Berhubungan dengan faktor lokasi di atas, masalah perizinan ini juga perlu Anda siapkan. Apalagi jika lokasi restoran Anda berada di area yang ramai, maka perlu ada izin mendirikan usaha. Masalah legalitas ini kadang dihiraukan. Padahal ini sangat penting juga, jika sewaktu-waktu ada pengecekan dan ternyata Anda belum punya legalitas usaha, bisa-bisa usaha restoran Anda akan ditutup sementara. Sangat disayangkan jika kondisi restoran sedang ramai-ramainya.

3. Rancang Rencana Bisnis yang Baik

Meskipun usaha restoran Anda masih terbilang kecil, tetapi Anda tetap butuh yang namanya rencana bisnis (Business Plan). Minimal buat untuk satu tahun ke depan. Business Plan ini juga akan memudahkan Anda dalam mengatur masalah keuangan nanti. Seperti berapa anggaran awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha, berapa gaji karyawan yang perlu dikeluarkan, apa saja biaya operasional yang dibutuhkan, dll.

Sehingga dengan adanya Business Plan ini Anda akan mudah dalam mengalokasikan kebutuhan atau pengeluaran.

Di sisi lain, dengan memiliki Business Plan yang baik, Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan pinjaman atau mungkin mencari partner bisnis untuk memodali usaha Anda.

4. Perhatikan Masalah Pelayanan kepada Konsumen

Faktor lain yang tak kalah berpengaruhnya pada usaha restoran Anda adalah masalah pelayanan terhadap konsumen. Pikirkan juga bagaimana Anda akan memberikan services kepada para pelanggan Anda. Bagaimana agar pelanggan Anda setelah dari restoran Anda tidak hanya kenyang tetapi juga puas. Sehingga ada harapan mereka akan kembali lagi.

Inilah yang perlu Anda persiapkan agar usaha restoran Anda bisa tetap maksimal.

5. Buatkan Sistem Pembukuan untuk Pemasukan dan Pengeluaran

Jangan berpikir karena usaha restoran Anda masih menggunakan modal yang kecil, lantas dalam hal pembukuan diabaikan. Kadang masih banyak yang seperti ini dan melakukan pembukuan sekedarnya saja. Sehingga kalau dilihat tidak jelas apa saja yang sudah dikeluarkan dan berapa pemasukan yang didapatkan.

Di sinilah mengapa Anda perlu menggunakan sebuah sistem keuangan yang terstruktur. Anda bisa mencoba menggunakan software Akuntansi Accurate untuk membantu mengelola masalah keuangan baik itu pemasukan maupun pengeluaran secara sistematis. Hanya dengan satu alat Anda akan bisa mendapatkan berbagai laporan keuangan secara otomatis dengan jelas dan tentunya yang benar.

Atau Anda juga bisa menggunakan Rene POSsoftware untuk membantu transaksi kasir. Dengan Rene POS masalah transaksi penjualan akan lebih mudah dibukukan.

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat menjalankan usaha restoran meskipun dengan modal kecil. Khususnya di poin ke-5, jika Anda melakukannya dengan baik, maka Anda akan bisa dengan mudah mengetahui perkembangan usaha Anda. Dan ini bisa digunakan untuk meningkatkan usaha Anda ke skala yang lebih besar lagi. Karena banyak pelaku usaha yang gagal karena tidak bisanya melakukan pembukuan yang baik dan benar.