Pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Perusahaan

Mengelola sebuah perusahaan dengan lingkup pekerjaan yang komplek dan sumber daya manusia yang beragam tidaklah mudah. Semua elemen yang ada tersebut harus bisa dimaksimalkan dengan benar agar apa yang menjadi visi misi perusahaan bisa tercapai dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur atau SOP.

SOP ini bukanlah sekadar aturan semata, tetapi keberadaan SOP di sebuah perusahaan akan sangat membantu sekali dalam proses perkembangan perusahaan itu. Bahkan SOP juga berpengaruh pada kemajuan perusahaan. Karena jika SOP tidak diterapkan dengan baik, maka dampaknya juga akan kepada kinerja SDM. Pada akhirnya kualitas produksi juga tidak baik.

Apa Tujuan SOP (Standar Operasional Prosedur)?

Dalam perusahaan yang memiliki pekerjaan yang sifat berulang maupun yang komplek, maka butuh aturan yang jelas. Tujuan dibuatnya SOP ini tentunya untuk menjelaskan secara rinci bagaimana seluruh SDM yang ada di perusahaan bertindak sesuai dengan standar yang ada dan job desc nya. Sehingga nantinya akan muncul arus kerja yang teratur dan efektif.

Dan tentunya dengan adanya SOP mampu memudahkan kerja seluruh SDM yang ada. Dan apabila ada karyawan baru, maka juga akan cepat beradaptasi karena sudah ada standar aturan yang jelas.

Dari sisi manajemen juga akan mudah melakukan kontrol dan pengawasan terhadap alur kerja secara menyeluruh. Akan mudah mendapatkan hal yang tak wajar jika menemui kesalahan. Sehingga akan cepat membuat keputusan dan solusi untuk mengatasinya.

Selain itu masih banyak tujuan SOP yang bisa menjadikan efektifitas segala lini perusahaan, beberapa diantaranya adalah :

  • Salah satu parameter dalam menilai mutu layanan perusahaan
  • Untuk menjaga kualitas produksi dan kinerja yang konsisten
  • Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja
  • Untuk menjaga alur dan koridor masing-masing tugas pegawai
  • dll

Selain memiliki tujuan yang sangat jelas, keberadaan SOP juga memiliki fungsi untuk berbagai hal, seperti menjadikan tugas seluruh pegawai yang ada menjadi lancar, SOP bisa dijadikan dasar hukum apabila terjadi hal-hal di luar koridor perusahaan, bisa digunakan sebagai alat untuk melacak masalah yang ada, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin membangun perusahaan, sudah menjadi kewajiban untuk membuat SOP. Karena dengan SOP ini kan menghasilkan banyak manfaat untuk perusahaan Anda.

Menurut Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008, SOP memiliki manfaat diantaranya :

  • Meningkatkan akuntabilitas perusahaan
  • Membantu staf bisa lebih mandiri
  • Menciptakan standar kerja yang teratur dan membantu memudahkan evaluasi kerja
  • Menciptakan efisiensi dalam bekerja
  • dll

Nah di artikel ini kami telah menjelaskan mengenai semua yang berhubungan dengan SOP secara mendetail, selamat membaca.