Pengenalan Riset Pasar Dalam Pengembangan Bisnis

Apa itu Riset Pasar?

Riset pasar terdiri dari pengumpulan data secara sistematis tentang konsumen, kompetitior, atau keadaan pasar lalu kemudian menganalisisnya untuk lebih memahami apa yang dibutuhkan pada perkembangan bisnis. Hasil riset pasar biasanya dirangkum dalam laporan, kemudian digunakan untuk membantu pemilik bisnis membuat keputusan yang lebih terarah tentang strategi, operasi, dan basis pelanggan yang potensial bagi pengembangan perusahaan.

Nilai riset pasar adalah untuk memahami pergeseran industri, perubahan kebutuhan dan preferensi konsumen, juga tren yang sedang terjadi. Hal ini, nantinya dapat membentuk penggambaran keputusan yang tepat pada bisnis dan memfokuskan upaya dan sumber daya pada hal-hal yang lebih penting. Riset pasar dapat membantu bisnis berjalan lebih efisien dan membuat kegiatan pemasaran dan promosi lebih efektif.

Jenis Penelitian Pasar

Meskipun ada sejumlah alat riset pasar yang dapat Anda gunakan, sebenarnya hanya ada dua jenis data riset pasar:

  • Primer. Data primer adalah informasi pihak pertama yang Anda kumpulkan sendiri, atau dengan bantuan perusahaan yang biasa menangani riset pasar. Anda yang membentuk setiap poin dari informasi yang ingin Anda tahu.
  • Sekunder. Data sekunder adalah informasi publik yang sudah ada sebelumnya, seperti data yang dibagikan di majalah dan surat kabar, laporan pemerintah atau industri. Anda hanya dapat menganalisis data dengan cara baru, tetapi informasinya tersedia untuk sejumlah besar orang.

Untuk menggunakan data primer atau sekunder, ada dua jenis studi penelitian:

  • Eksplorasi. Penelitian pasar eksplorasi mengumpulkan banyak data terbuka dari banyak orang untuk lebih memahami masalah atau peluang yang terjadi. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan persepsi dan pendapat tentang suatu masalah, sehingga perusahaan Anda dapat memutuskan bagaimana cara mengatasinya. Tetapi pertama-tama Anda harus memahami bagaimana pasar Anda melihat masalah tersebut.
  • SpesifikSetelah Anda memahami masalah pasar yang lebih besar atau peluang yang ada, Anda dapat menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan informasi yang dapat mengarah pada produk atau layanan baru. Perusahaan riset pasar sering menggunakan pertanyaan spesifik untuk mengumpulkan umpan balik tentang kampanye iklan baru, atau untuk memperbaiki produk baru yang telah

Alat Utama Riset Pasar

Walaupun penelitian utama lebih memakan waktu dan mahal, terkadang ini satu-satunya cara untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Alat penelitian utama yang paling umum adalah:

  • Survei. Bertanya kepada pelanggan dengan serangkaian pertanyaan untuk lebih memahami bagaimana perasaan mereka tentang fitur produk, atau tentang pengalaman yang mereka dapatkan saat memakai produk buatan Anda. Survei terdiri dari daftar pertanyaan yang dapat dibagikan pada seseorang melalui telepon, email, secara langsung, online melalui sosial media, atau mungkin menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan survei.
  • Fokus Grup. Menyatukan kelompok-kelompok orang dengan karakteristik umum, seperti usia, hobi, atau kebiasaan membeli. Hal ini untuk lebih memahami kesukaan atau ketidaksukaan mereka dalam fokus grup. Fokus grup biasanya terdiri dari 8-12 orang dengan moderator yang mengajukan pertanyaan untuk dibahas. Ini adalah cara yang berguna untuk mendapatkan umpan balik tentang produk baru, fitur baru, atau kampanye iklan baru.
  • Pengamatan. Ketika peneliti mengumpulkan informasi hanya dengan melihat bagaimana subjek berinteraksi dengan suatu produk, tekniknya adalah observasi. Alat ini sering digunakan dalam membandingkan preferensi untuk beberapa jenis produk.
  • Wawancara mendalam. Teknik riset pasar lainnya adalah wawancara satu lawan satu dengan seorang individu. Pertanyaan yang diajukan bertujuan untuk lebih memahami preferensi produk dari sudut pandang orang tersebut.

Sumber Data Sekunder

Ketika melakukan riset pasar untuk lebih memahami tren industri dan pergeseran yang lebih luas, riset sekunder seringkali merupakan tempat yang baik untuk memulai. Beberapa sumber yang bisa Anda gunakan untuk riset pasar bisnis Anda adalah:

  • Asosiasi industri dan kelompok dagang – sebagian besar asosiasi menerbitkan laporan tahunan perdagangan khusus untuk setiap jenis industri
  • Laporan pemerintah – seperti sensus ekonomi atau kebijakan fiskal
  • Analis industri – mereka memantau kinerja perusahaan publik yang serupa dengan bisnis Anda
  • Laporan instansi pendidikan – Anda dapat melihat laporan penelitian atau jurnal yang telah mereka terbitkan.
  • Situs web – cari sumber informasi yang andal, atau mungkin Anda bisa meminta bantuan pada pihak untuk mengarahkan Anda ke sumber laporan yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya
  • Website kompetitor – saat pelanggan potensial membeli produk dari pesaing Anda, kemungkinan pada website pesaing Anda dapat berisi informasi, statistik, atau laporan yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda.

Secara umum, tujuan dari riset pasar adalah untuk memberikan informasi yang akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik, untuk membantu perusahaan Anda menjadi lebih maju. Lebih baik lagi jika dalam melakukan riset pasar, Anda juga menggunakan tools yang tepat dalam kelangsungan bisnis Anda. Sebagai contoh adalah aplikasi akuntansi dan pencatatan transaksi perusahaan Anda.

Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang sudah banyak dipakai oleh banyak perusahaan, baik perusahaan multinasional sampai UKM. Accurate online hadir dengan kemudahan pengoperasian dan berbagai fitur yang sesuai kebutuhan aktifitas keuangan pada bisnis Anda. Kini Anda bisa mengembangkan bisnis Anda lebih besar dengan cara yang tepat bersama Accurate Online. Anda dapat mengunduh demo Accurate Online secara GRATIS melalui link ini.

 

 

Anda juga bisa membaca artikel menarik lainnya dibawah ini :