• North star metric

Mengetahui Lebih Jauh Tentang North Star Metric

Mengapa North Star Metric?

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah kompleks yang ditimbukan dari banyak bagian di bisnis Anda sendiri. Tidak hanya Anda, tim yang Anda bangun atau rekan yang bekerja bersama Anda juga merasakan hal yang sama, terlebih jika Anda adalah seorang atasan. Dengan north star metric Anda dapat menemukan cara dan tujuan yang tepat dan bermanfaat untuk membuat Anda dan tim Anda lebih maju. Struktur terencana adalah kunci untuk sukses. Struktur yang memberikan tujuan tunggal yang menentukan keputusan bersama.

Lalu bagaimana jika dalam perusahaan kita memiliki banyak bagian divisi,  apakah struktur ini bisa diadopsi secara merata ke setiap bagian perusahan?

North star metric membantu Anda dalam mewujudkan tujuan tunggal yang perusahaan Anda ciptakan. Metrik ini membantu memberikan arah dan menyelaraskan semua metrik lainnya secara bekesinambungan dan bersama-sama. Perusahaan Anda akan memiliki misi untuk memenuhi kebutuhan atau proposisi nilai yang sudah ditentukan.

North star metric memberi Anda arah yang sejalan dengan nilai yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Arah itu adalah penggerak tunggal untuk pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan dan ini terkait dengan keterlibatan pelanggan Anda dengan produk Anda. Langkah-langkah kunci dari keterlibatan ini membantu tim Anda membangun model pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga: Mempelajari KPI , Mengenal Contohnya, dan Penjelasannya

 

Mendefinisikan North Star Metric

Konsep North Star Metric awalnya muncul dari Silicon Valley, dan sering digunakan oleh perusahaan sebagai investasi dalam pertumbuhan berkelanjutan dan jangka panjang. Metrik ini berfokus pada produk dan Core (nilai inti) yang diberikannya kepada pelanggan. Core yang diterima pelanggan Anda dari produk Anda diukur dengan langkah-langkah utama dalam pengalaman nyata konsumen. North star metric banyak digunakan perusahaan teknologi terkait dengan menjaring pengguna baru dan keterlibatan user yang sudah terdaftar.

Core yang diciptakan oleh produk untuk pelanggan Anda mendorong keterlibatan mereka dan akhirnya menciptakan nilai dan arah strategis untuk perusahaan Anda. Arah dan metrik ini yang mendefinisikan harus berfungsi sebagai lambang tujuan perusahaan Anda dan harus mempromosikan fokus yang sama pada semua tim Anda.

Metrik ini akan membantu Anda dalam meningkatkan atau menciptakan mekanisme yang pada akhirnya mendorong produktivitas dan membentengi model pertumbuhan bisnis Anda dari disrupsi. Intinya, ketika Anda memilih NSM atau North Star Metric Anda dengan benar, metrik akan menjadi inti dari rencana pertumbuhan strategis bisnis Anda.

Baca Juga : Akuntansi Syariah, Pengertian dan Perbedaannya dengan Akuntansi Konvensional

 

north star matic 2

Bagaimana cara menemukan North star metric saya?

Untuk menentukan NSM yang paling penting bagi model pertumbuhan bisnis Anda, Anda harus melihat bagaimana produk Anda memberikan nilai kepada pelanggan Anda. Anda harus dapat memahami nilai yang didapatkan pelanggan dari produk Anda yang melihat keterlibatan pengguna dan tingkat aktivitas. Berikut kami berikan contohnya:

  • Medium ( aplikasi pembaca dan penulis artikel) NSM mereka adalah “total waktu membaca pengguna,”
  • Facebook NSM mereka adalah “pengguna aktif harian,”
  • Airbnb NSM mereka adalah “banyaknya malam dipesan,”
  • Untuk didalam negeri sendiri ada Go-Jek dengan NSM mereka adalah “ Transaksi berhasil”

Mencari NSM memang bukan hal yang mudah. Bahkan untuk perusahaan sekelas Go-Jek saja masih salah menentukan NSM mereka. Sebelum mengambil keputusan bahwa NSM meraka adalah jumlah transaksi yang selesai, Go-Jek menjadkan conversion rate (berapa banyak order yang berhasil selesai dari semua order) sebagai metrik utama. Tapi mereka menyadari bahwa ini adalah metrik yang salah.

Memangnya beda ya antara conversion rate dan transaksi selesai?

Jelas beda, yang dimaksud conversion rate adalah banyaknya rasio transaksi yang berhasil, dibandingkan jumlah transaksi yang terjadi. Angkanya berkisar antara 0 sampai 1. Jadi misalkan ada 100 orang yang pesan, namun 50 orang cancel, conversion rate-nya 0,5. Sedangkan untuk jumlah transaksi berhasil adalah jumlah transaksi selesai saja, bukan masalah rasio lagi.

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Berbasis Akrual dan Akuntansi Berbasis Kas

Bila kita berbicara rasio, bisa saja metrik kita nilainya sangat tinggi (100%), padahal sebenarnya jumlah transaksinya sedikit. Jadi rasio bukan metrik yang representatif untuk kemajuan perusahaan. Bila kita mengincar banyaknya transaksi berhasil, maka secara otomatis salah satu hal yang harus kita eliminasi adalah penyebab ketidakberhasilan transaksi. Bukan hanya ketidakberhasilan, tapi juga penyebab lambat dan sulitnya transaksi. Termasuk loading time aplikasi, jumlah klik yang dibutuhkan untuk order, dan sebagainya.

Perbedaannya sedikit, namun sangat signifikan bukan?

Carilah metrik utama yang memiliki nilai yang melekat dan dapat memberi tahu Anda cara mengoptimalkan produk Anda dan menciptakan lebih banyak nilai bagi pengguna Anda. Anda juga harus mencari informasi dari semua tim Anda dan melakukan analisis mendalam untuk menentukan metrik utama Anda.

Ini akan mengarahkan Anda ke arah yang benar untuk pertumbuhan dalam jangka panjang, membawa seluruh perusahaan untuk fokus pada metrik ini secara bersama-sama, ini juga tujuan yang masuk akal untuk semua tim.

Baca Juga : Mempelajari Siklus Akuntansi Dengan Mudah

 

Mendorong Pertumbuhan lebih cepat

Setelah Anda menemukan north star metric Anda, Anda dapat membuat mekanisme yang dapat membantu Anda mendorong pertumbuhan lebih cepat. Untuk membangun model pertumbuhan Anda, Anda harus melihat variabel yang menentukan metrik  utama Anda. Variabel-variabel tersebut adalah langkah-langkah di sepanjang pengalaman nyata konsumen, seperti pengguna baru dan pengguna lama. Memetakan mereka dan membuat model hubungan yang komprehensif dapat membantu Anda memahami interaksi mereka dan mengembangkan metrik utama Anda.

Pengalaman nyata pengguna adalah input dalam konsep ini dan North star metric Anda adalah outputnya. Ekosistem yang Anda ciptakan dalam prosesnya adalah model pertumbuhan Anda.

Anda dan tim akan menganalisis data pengalaman konsumen Anda dan menggunakannya sebagai masukan dan meghasilkan keputusan yang baik bagi semua. Data ini dapat Anda gunakan untuk menyegmentasikan pelanggan Anda dan menggali lebih banyak wawasan tentang user experience, sehingga Anda dapat menawarkan “hal baru” yang lebih individual pada setiap kekurangan produk Anda.

Wawasan ini juga akan membantu Anda menyelaraskan prioritas Anda sekaligus memberikan lebih banyak struktur dan fokus kepada tim Anda. Tim Anda akan dapat melihat lebih dekat ke segmen pengguna dan menemukan penggerak pertumbuhan yang signifikan. Semakin rinci yang Anda dapatkan, semakin baik.

Baca juga : Pengertian Akuntansi Pemerintah dan Perbedaanya Dengan Akuntansi Komersial

 

Tools yang tepat, pertumbuhan yang cepat

Tidak bisa dipungkiri, memilih aplikasi yang tepat untuk perusahaan Anda adalah hal yang bisa membuat perkembangan pesat pada perusahaan Anda juga. Contohnya adalah aplikasi pencatatan keuangan. Seiring disrupsi di dunia akuntansi, Anda dituntut untuk serba cepat dan tepat dalam menyusun laporan keuangan, laporan laba rugi, dan misalnya hal yang menyangkut dengan pelaporan perpajakan perusahaan Anda. Otomatisasi merupakan hal yang sangat membantu saat ini, dan hal itu juga yang Accurate online lakukan untuk memudahkan pencatatan keuangan Anda.

Baca Juga : Perbedaan manajemen persediaan dan manajemen gudang

Accurate online sudah terbukti dipakai oleh banyak perusahaan besar dan UMKM yang ada di Indonesia bahkan di luar negeri. Dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda seperti :  laporan pajak otomatis dan sesuai format yang berlaku, terintegrasi dengan berbagai marketplace di Indonesia, dan masih banyak fitur lainnya yang menjamin kemudahan usaha Anda. Anda juga bisa menggunakan Accurate online dimanapun dan kapanpun, karena accurate online adalah software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja. Ini berarti Anda bisa memantau usaha Anda dimana saja.

Anda Bisa mencoba menggunakan demo gratis Accurate online melalui link ini.

Sebagian materi diambil dari tech in asia

 

By |2019-01-03T09:36:27+00:00September 27th, 2018|Manajemen, Marketing|