4 Tips Menggapai Financial Freedom

Apakah Anda sedang memiliki masalah keuangan dan ingin menyelesaikan masalah tersebut untuk menjadi financial freedom? Seperti kita ketahui bahwa keuangan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan kita. Sebagian orang juga menganggap bahwa kehidupan yang lebih baik bisa terjadi jika kondisi keuangan kita juga baik. Namun, kenyataan yang terjadi saat ini, hampir setiap orang mengalami kesulitan keuangan karena gaya hidup yang berlebihan dan tidak terkontrol.

Pengertian Financial Freedom

Dilansir dari koinworks.com, pengertian dari financial freedom adalah suatu kondisi dimana seseorang bisa bebas secara finansial, dengan memiliki kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama kebutuhan dasar seperti makanan dan pakaian, tanpa dia harus bekerja terlalu keras dan aktif.

Orang yang sudah mencapai financial freedom, biasanya akan memiliki aset yang bisa menghasilkan uang dengan nilai yang lebih besar dibandingkan biaya hidupnya. Jika sudah memasuki fase financial freedom, maka apapun yang dibutuhkan akan bisa terpenuhi dari segi keuangan.

Contohnya, jika seseorang sudah mampu menghasilkan sekitar Rp. 17.000.000 dari hasil berbisnis, investasi serta dari pendapatan perbulanya Rp. 7.000.000, maka total pendapatanya mencapai Rp. 24.000.000. Sementara pengeluaran perbulanya hanya Rp. 5.000.000. Kondisi seperti ini adalah kondisi orang yang sudah menggapai financial freedom.

4 Tips Menggapai Financial Freedom

Kita kembali ke tujuan kita untuk bisa menggapai financial freedom, dengan focus untuk memperbanyak asset kita terlebih dulu. Mungkin saat ini kita sudah memiliki penghasilan dari bekerja, tapi kita harus mencari cara lain agar asset kita bisa bertambah, melebihi pengeluaran kita setiap bulanya.

Bagaimana untuk menggapai financial freedom, berikut ini tips bermanfaat yang bisa Anda ikuti:

Pahami Kondisi Keuangan dan Tujuan Keuangan

Penting untuk mengetahui kondisi keuangan dan tujuan keuangan Anda saat ini. Menggapai financial freedom tidak diukur dari seberapa besar pendapatan Anda, tapi dilihat dari apakah pendapatan saat ini sudah bisa memenuhi pengeluaran Anda. Mulai berhemat untuk menambah asset adalah salah satu cara untuk mengetahui tujuan keuangan lainya, menuju financial freedom.

Melunasi Hutang

Tips pertama yang harus kita lakukan adalah mengupayakan untuk melunasi hutang yang masih berjalan. Jika saat ini Anda masih memiliki hutang seperti hutang kredit kendaraan bermotor atau hutang kartu kredit, sebaiknya segera lunasi saat Anda memiliki asset yang berlebih.

Mencari Sumber Pendapatan Lainya

Fokus kepada asset, berarti bagaimana caranya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain dari pekerjaan yang sudah dijalankan. Saat ini ada banyak pilihan bisnis sampingan yang menguntungkan, untuk menambah asset Anda, sehingga mudah menggapai financial freedom.

Investasi

Anda sudah memiliki asset yang cukup banyak dan sudah melunasi hutang, saatnya Anda melakukan investasi. Investasi merupakan kegiatan untuk menambah nilai asset Anda menjadi lebih besar setelah beberapa waktu berikutnya karena ada inflasi.

Impian banyak orang dalam masalah keuanganya adalah bebas financial secepatnya. Dengan beberapa tips diatas, semoga bisa membantu mengarahkan Anda untuk menggapai financial freedom.