Kelola Banyak Departemen dengan Mudah? Accurate Online Solusinya

Dalam sebuah bisnis, terutama bisnis yang sudah cukup berkembang, pasti memiliki banyak divisi atau departemen sesuai dengan fungsinya masing – masing. Pembagian divisi atau departemen tersebut berguna untuk menyederhanakan tugas kerja yang berbeda – beda dalam suatu perusahaan.

Untuk perusahaan yang berskala  besar yang memiliki banyak departemen akan lebih sulit untuk memantau pos pengeluaran setiap departemen atau divisi. Belum lagi jika ada bagian atau departemen yang memiliki pos pengeluaran dan pendapatan secara bersamaan.

Dengan pembukuan manual pastinya juga akan lebih sulit untuk memantau setiap pos pengeluaran dan pemasukan pada setiap departemen. Belum lagi waktu yang banyak terbuang untuk pengelolaan setiap laporan yang tersedia. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan laporan keuangan setiap divisi.

Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk solusi atas masalah ini. Dengan Accurate Online Anda bisa mencatat setiap biaya atau pendapatan dari suatu bagian atau divisi dalam perusahaan.

Cara Membuat Departemen di Accurate Online

Berikut adalah cara untuk membuat departemen pada Accurate Online :

1. Pilih menu Perusahaan lalu pilih opsi Departemen seperti gambar di bawah ini

departemen 1

2. Ada 3 Tab pada saat Anda menambahkan atau membuat departemen, berikut adalah penjelasan pada masing – masing tab tersebut :

 

A. Tab Penambahan Departemen

departemen 2

Pada tab ini Anda bisa mengisi nama departemen atau divisi yang Anda rencanakan. Anda juga bisa mengisi fungsionalitas divisi tersebut pada kolom keterangan.

Jika Anda ingin membuat sub departemen dari divisi yang sudah terbentuk, Anda hanya tinggal mencentang opsi Sub Dept. seperti pada gambar diatas.

 

B. Tab Saldo Awal

departemen 3

Pada tab saldo awal ini adalah bagian yang menentukan akun perkiraan mana yang akan menjadi pos pengeluaran atau pemasukan di setiap divisi pada suatu bisnis. Anda bisa memilih akun perkiraan mana yang akan menjadi saldo awal pada setiap divisi yang Anda buat.

 

C. Tab Lain -lain

departemen 4

Pada tab ini Anda bisa memberikan akses untuk pengguna tertentu atau semua pengguna untuk bisa mengakses laporan departemen  atau divisi yang Anda buat.

 

Pembagian Divisi pada Perusahaan Membuat Peran Setiap Karyawan Menjadi Lebih Optimal

Semakin besar suatu perusahaan, semakin rumit sistem operasional yang dijalankan dalam perusahaan tersebut. Mulai dari tugas setiap divisi atau dari sistem organisasi dalam divisi tersebut yang berbeda. Namun dengan hadirnya fitur departemen pada Accurate Online bisa memeberikan Anda kemudahan dalam pengelolaan setiap divisi secara terencana.

Jika Anda memiliki usaha yang belum membutuhkan fitur ini, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menggunakannya. Mungkin saja perusahaan Anda 1 tahun kedepan memiliki banyak divisi dengan tingkat pengaturan yang berbeda – beda. Masih ragu?

Anda bisa mencoba Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Anda bisa mempelajari fitur – fitur lainnya tentang Accurate melalui artikel di bawah ini :