Punya Bisnis Kafe? Simak 3 Cara Unik Meningkatkan Penjualannya

Bisnis kafe merupakan bisnis yang marak saat ini, terutama di kota-kota besar dan beberapa kota kecil yang sedang berkembang. Bisnis kafe selalu identik dengan kopi sebagai menu utamanya, tidak heran jika sebagian orang juga menyebutnya sebagai kedai kopi atau coffee shop.

Melakoni bisnis kafe seperti ini tentunya harus fokus dengan pengembangan dari berbagai sisi. Ada banyak cara untuk menarik pelanggan baru dan pelanggan lama Anda, agar betah untuk berada di kafe milik Anda.

Namun, Anda juga perlu melakukan beberapa cara unik yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, dalam meningkatkan penjualan bisnis kafe Anda.

Cara Unik Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe

Sebagai pemilik bisnis kafe, Anda memiliki potensi yang cukup besar untuk terus meningkatkan keuntungan, jika melakukan beberapa cara unik untuk meningkatkan penjualan bisnis kafe tersebut. berikut ulasanya:

Khusus Pelanggan dengan Laptopnya

Salah satu pelanggan potensial yang rupanya sering mengunjungi kafe adalah pelanggan dengan laptopnya. Pelanggan ini biasanya bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan memanfaatkan listrik dan WIFI gratis di kafe Anda.

Masalahnya adalah pelanggan dengan laptopnya tersebut, terkadang hanya memesan 1 produk kopi atau makanan dari kafe, tetapi bisa menghabiskan waktu berjam-jam disana. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tagihan operasional kafe Anda seperti internet dan listrik.

Cobalah cara unik meningkatkan penjualan kafe dengan membatasi penggunaan listrik dan internet bagi pelanggan tersebut. Sediakan meja di sudut tertentu dengan label wifi gratis, agar pelanggan dapat menikmati fasilitas tersebut secara efektif dan efisien.

Berikan Komunikasi yang Baik serta Tawaran Diskon Pada Pelanggan

Cara ini sebaiknya jangan ketinggalan, karena bagaimanapun mendapatkan lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama adalah fokus bagi kita sebagai pemilik bisnis kafe.

Cobalah untuk menawarkan diskon dengan cara yang unik, seperti menambahkan item makanan ke pesanan atau minuman yang dipesan pelanggan.

Arahkan pelanggan untuk membeli item makanan atau minuman dengan ukuran terbesar. Jika memiliki server yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik seperti ini pastinya akan menjadi nilai bonus  untuk kafe Anda.

Tambah Varian Menu dan Manfaatkan  In Store Displays

Selain kopi, kafe sebaiknya memiliki menu variatif lainya yang bisa dipilih oleh pelanggan sesuai selera mereka. Hal ini juga merupakan salah satu cara unik untuk meningkatkan penjualan kafe Anda.  Tambahkan menu simple seperti sandwich dan salad atau menu unik lainya untuk menarik pelanggan baru ke kafe Anda.

Manfaatkan juga display di kafe Anda, yaitu dengan membuat signboard untuk produk tertentu di kafe Anda. Cara unik untuk meningkatkan penjualan seperti ini biasanya banyak digunakan dalam usaha retail. Pelanggan umumnya akan lebih tertarik dengan produk yang diberi papan penanda seperti ini.

Memiliki usaha kafe juga harus disertai strategi khusus untuk terus meningkatkan penjulanya. Dengan beberapa cara unik meningkatkan bisnis kafe di atas, Anda berpotensi untuk meraup keuntungan yang lebih maksimal. Jangan lupakan juga tentang pembukuan untuk bisnis Anda, karena pembukuan adalah poin yang paling penting dalam pengembangan bisnis secara berkelanjutan.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi untuk kemudahan pembukuan bisnis secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: