Harus Dihindari! 4 Alasan Bisnis Anda Bangkrut di Tahun 2018

Mungkin di tahun 2018 lalu, Anda sudah mulai menjalankan bisnis, bahkan sejak beberapa tahun ke belakang. Katakanlah bisnis Anda ini sudah berjalan dengan cukup baik dan mulai memberikan keuntungan pada Anda. Namun, tidak genap dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun, bisnis yang berjalan tersebut akhirnya harus ditutup, karena mengalami kerugian yang jika dibiarkan akan mengakibatkan kebangkrutan. Alasan bisnis Anda bangkrut di tahun 2018 tersebut, sebaiknya dijadikan sebagai hal yang harus dihindari, saat hendak mendirikan bisnis kembali.

Alasan Bisnis Bangkrut yang Harus Dihindari

Kegagalan dalam hal bisnis merupakan hal yang biasa terjadi, namun sebagai pelaku bisnis, kita sebenarnya masih bisa menghindarinya dengan memperhatikan beberapa alasan bisnis bangkrut tersebut. Berikut ulasanya:

Perencanaan yang Tidak Matang

Saat memutuskan untuk mendirikan suatu bisnis, maka buatlah rencana (planning) bisnis yang maksimal dengan budget yang detail. Selain itu, rencana bisnis juga harus rinci, realistis dan fleksibel. Ibarat sebuah MAP, rencana bisnis akan menentukan kemana arah tujuan bisnis Anda melaju.

Pencatatan yang Kurang Maksimal

Selain perencanaan di awal, masalah keuangan bisnis juga menjadi salah satu alasan bisnis bangkrut harus dihindari. Masalah pencatatan transaksi keuangan dalam akuntansi bisnis yang kacau, akan membuat pencatatan tersebut menjadi tidak beraturan. Catatan keuangan bisnis yang seperti ini tentunya akan mudah membuat suatu bisnis menjadi stagnan atau tidak berubah sama sekali.

Tidak Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sekarang ini, teknologi sudah sebegitu canggih dan bisnis memang harus memanfaatkan teknologi. Berapa banyak pelaku bisnis online yang ternyata bisa bertahan bisnisnya hingga sekarang. Bisnis online bahkan sekarang lebih banyak diminati, selain mudah dan juga minim budget untuk beriklan. Alasan bisnis Anda bangkrut sebelumnya, mungkin karena tidak memanfaatkan kelebihan ini.

Terlalu Menganggap Remeh

Bisnis memang bisa salah satu jalan Anda untuk meraih sukses, namun bukan berarti kita bisa menganggap remeh terhadap bisnis itu sendiri. Jika hanya sekedar ingin untung, maka Anda hanya perlu menjadi pedagang, bukan pebisnis. Tetapi pebisnis tidak hanya itu, Ia juga harus pandai dalam mempertahankan bisnis terkait dalam jangka waktu lama, agar terus bermanfaat dan tidak menjadi alasan bisnis bangkrut seperti kebanyakan pebisnis alami mengalaminya.

Menjalankan suatu bisnis, memang diperlukan suatu kesabaran yang maksimal dengan tetap semangat pantang menyerah. Hindari alasan bisnis bangkrut yang ternyata mudah diidentifikasi dan mulai rubah mindset Anda untuk terus sukses dalam bisnis.