5 Tips Bisnis Kuliner Online Biar Laris Manis

Bisnis kuliner memang merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Selain bisnis kuliner offline, kini bisnis kuliner online juga mulai marak dan sangat diminati. Yang membedakan bisnis kuliner offline dengan online adalah cara pemesananya yang bisa diakses melalui smartphone, juga promo harga yang biasanya bisa lebih murah, dibandingkan jika membeli langsung. Tidak hanya bisnis kuliner yang sudah terkenal yang berpindah ke platform online, bisnis UKM, bisnis makanan dengan merek baru juga sudah mulai mencapai ranah bisnis kuliner online yang ternyata menguntungkan.

Tips Bisnis Kuliner Online Biar Laris Manis

Seperti hal nya kuliner yang dijual langsung, selalu menggunakan beberapa strategi promosi agar lebih cepat laris, bisnis kuliner online juga harus dilakukan sesuai dengan tips berikut ini, agar laris manis ludes tanpa sisa. Berikut ulasanya:

Sering Ikut Promo di Aplikasi Online 

Bisnis kuliner online tentunya identic dengan aplikasi online. Cobalah untuk sering melakukan promo lewat aplikasi tersebut. Tidak masalah jika harus mengeluarkan budget promosi yang lebih banyak, anggap saja budget ini seperti untuk menyewa lapak berjualan langsung.

Pastikan sebagai seorang pengusaha bisnis kuliner, Anda juga selalu bersikap ramah kepada para driver online, yang sejatinya akan mengantarkan makanan dari bisnis Anda kepada konsumen. Dengan begitu, mereka juga akan merasa puas terhadap bisnis kuliner online Anda, dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Rutin Melakukan Endorsment ke Influencer atau Selebgram

Bisnis kuliner online adalah bagaimana kita menarik perhatian para konsumen online agar membeli produk makanan kita. Cobalah dengan mengendors kepada influencer atau selebgram yang memiliki jumlah follower banyak di social medianya. Dijamin, promosi ini akan lebih cepat mempekenalkan produk bisnis kuliner online Anda pada target marketnya.

Aktif di Sosial Media

Berjualan online, kuncinya adalah selalu aktif di social media. Jadikan bisnis kuliner online Anda menjadi eksis di medsos, dengan rajin mempost promo khusus, gambar seputar  bisnis kuliner online, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.

Rutin Mengeluarkan Inovasi Produk Baru

Meskipun ini bisnis kuliner online, strateginya sama saja dengan offline, dimana kita harus rajin melakukan inovasi pada produk makanan yang dijual. Buatlah menu varian baru agar pelanggan tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja yang ditawarkan. Buatlah promo menarik disamping inovasi tersebut, seperti beli 1 makanan gratis 1 buah jus detox dan lain sebagainya.

Mengikuti Pop Up Bazar

Kita memang berjualan bisnis kuliner online, tapi tidak ada salahnya sesekali untuk mengikuti acara pop up bazar yang sering diadakan. Tujuanya, agar bisnis kuliner online Anda ini lebih cepat dikenal luas, khususnya kepada mereka yang jarang aktif di social media.

Catat juga setiap penjualan dan pemasukan pada pembukuan usaha Anda. Lakukan secara disiplin agar Anda bisa memantau setiap pengeluaran dan pendapatan secara benar.

Jika Anda merasa kesulitan dengan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk mengoptimalkan proses pembukuan usaha kuliner Anda. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: