4 Cara Jitu Memulai Usaha Kuliner yang Menguntungkan

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang terbukti menguntungkan dan selalu diminati. Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan hampir setiap orang, wajar saja jika usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang banyak dipilih saat ini. Meski begitu, memulai bisnis kuliner ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Dengan beberapa cara jitu memulai usaha kuliner, barulah usaha kuliner kita dapat berjalan.

Cara Jitu Memulai Usaha Kuliner

Untuk Anda yang tinggal di kota-kota besar, mungkin sering mengunjungi acara akhir pekan dengan tema wisata kuliner. Event seperti ini dapat menjelaskan secara tidak langsung kepada kita, bahwa pelaku bisnis kuliner semakin kesini semakin meningkat. Itu berarti, persaingan di usaha kuliner ini tentunya semakin ketat.

Persaingan mungkin lebih ketat, namun usaha kuliner sudah terbukti merupakan lahan yang dianggap memberikan keuntungan yang besar dengan modal yang relatif kecil. Usaha kuliner yang banyak muncul saat ini umumnya terdiri dari jenis warung kaki lima, warung sederhana, restoran mewah, restoran cepat saji, kedai, angkringan dan lain sebagainya.

Melihat persaingan dan keaneka ragaman bisnis kuliner yang muncul saat ini, terkadang menyurutkan semangat para pemula yang juga ingin mencoba usaha kuliner. Untuk menangani hal tersebut, para pebisnis pemula sebaiknya tidak usah khawatir. Dengan semangat pantang menyerah dan menjalankan beberapa cara jitu memulai usaha kuliner ini, Anda akan bisa menjalani usaha kuliner dengan maksimal. Berikut ulasannya:

Ketahui Target (Pasar) Usaha Kuliner Anda

Sangat mudah untuk menentukan target pasar usaha kuliner Anda, asalkan Anda benar-benar mengetahui siapa calon pelanggan yang memang cocok untuk usaha kuliner yang Anda buat. Misalkan, jika Anda ingin menjual makanan timur tengah, maka ketahui siapa saja orang yang pasti akan membeli makanan Anda. Lakukan promosi, hanya kepada orang-orang tersebut.

Apa yang Beda dari Usaha Kuliner Anda

Istilah pembeda dalam bisnis adalah unique selling proposition. Anda harus mengetahui apa yang menjadi pembeda Antara usaha kuliner Anda dengan usaha kuliner sejenis lainya. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan beberapa kalimat unik seperti KFC, dibuat dengan dengan 11 bumbu rahasia. Anda juga bisa membuat sesuatu yang unik dalam usaha kuliner mie bakso Anda dengan keunikan ukuran bakso yang paling besar.

Cara Melayani Customer

Customer adalah raja bagi para pebisnis, dimana memiliki peranan penting untuk berlangsungnya suatu usaha dalam jangka waktu tertentu. Garis merah dalam bagian ini adalah bagaimana cara mendapatkan pelanggan. Anda bisa memanfaatkan lokasi usaha kuliner Anda atau juga melakukan promosi secara online. Pastikan usaha kuliner Anda memiliki social media, agar lebih mudah menjangkau pelanggan.

Memiliki Pembukuan yang Baik

Untuk setiap bisnis, bisnis apapun itu, pembukuan adalah hal mendasar yang harus ada dalam bisnis tersebut. Dengan pembukuan yang baik, perencanaan bisnis akan lebih matang karena pemiliki bisnis dapat mengambil keputusan yang dihasilkan dari laporan keuangan.

Jika Anda berencana membangun bisnis kuliner, ada baiknya Anda memikirkan pembukuan yang tepat sejak awal. Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur yang cocok untuk usaha kuliner atau restoran. Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Memulai usaha kuliner maupun usaha jenis lainya untuk pemula, memang memerlukan banyak pembelajaran. Banyaklah berguru pada mentor usaha kuliner yang sudah terbukti sukses, serta banyak membaca literature tentang usaha kuliner juga mengikuti cara jitu memulai usaha kuliner, agar usaha kuliner Anda laris manis.

 

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini: