3 Tips Jitu Terapkan Sistem Manajemen Bisnis UKM

UKM atau dikenal dengan usaha kecil menengah, di Indonesia saat ini sudah semakin marak. Usaha seperti ini bisa dikatakan masih cukup mudah untuk dikelola sendiri dan belum memerlukan modal yang terlalu besar. Meski begitu, bisnis UKM juga harus dipersiapkan untuk menjadi bisnis yang besar suatu hari nanti.

Untuk menjadikan bisnis UKM menjadi bisnis yang berkembang, maka  pemilik bisnis harus bisa menerapkan sistem manajemen bisnis UKM dengan maksimal. Masalah pada bisnis UKM sepertinya masih menemui kendala pada sisi manajemen usahanya. Itulah sebabnya, banyak bisnis UKM yang sulit berkembang.

Sistem Manajemen Bisnis UKM

Berbicara mengenai sistem manajemen, sepertinya masih dianggap kurang penting oleh para pelaku UKM. Pasalnya, kebanyakan dari kegiatan usahanya masih dijalankan sendiri.

Padahal, dengan menerapkan sistem manajemen pada setiap bisnis, khususnya untuk bagian keuangan dan pemasaran, para pelaku usaha akan lebih fokus pada pengembangan usahanya.

Sebaiknya pelaku usaha mulai mempercayakan beberapa aspek manajemen dari usahanya kepada pihak lain, untuk membangun sistem manajemen bisnis UKM yang akan berimbas pada pengembangan bisnis UKM itu sendiri.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan para pelaku UKM, untuk terapkan sistem manajemen bisnis rintisan dengan baik:

Kondisi Administrasi Usaha yang Tertib

Usaha UKM sebaiknya memiliki kondisi adminstrasi yang baik, dari awal usaha ini dijalankan. Setiap kegiatan usaha yang terjadi harus ada berkasnya dan dicatat dengan baik.

Dengan membuat pencatatan administrasi yang tertib, Anda sebagai pemilik UKM dapat menghindari terjadinya percampuran antara kepentingan usaha dan kepentingan rumah tangga. Disinilah peran sistem manajemen bisnis rintisan sangat diperlukan.

Kreativitas Menjalankan Usaha

Anda tentu ingin bukan, jika usaha UKM yang sedang dijalani saat ini, akan mengalami perkembangan yang baik di masa  depan nanti. Untuk meraih hal tersebut, kita memerlukan kreativitas dalam menjalankan usaha tersebut.

Anda bisa meningkatkan nilai jual produk dengan menambah varian rasa misalnya, juga bisa menyediakan lokasi penjuala produk yang dekat dengan fasilitas umum misalnya.

Anda yang mungkin memiliki usaha UKM di bidang kuliner, dapat menggabungkanya dengan pemilik usaha waralaba mini market hingga pusat oleh-oleh.

Harus Lebih Fokus

Pemilik usaha UKM harus lebih fokus terhadap pengembangan usahanya, dan disesuaikan dengan jenis usaha yang sebelumnya ada. Misalnya, Anda pemiliki suatu usaha kios makanan yang akan berkembang bersamaan dengan usaha hotel.

Mempelajari dan terapkan sistem manajemen bisnis UKM tidak ada salahnya. Hal tersebut, juga dapat bermanfaat untuk kemajuan Negara. Dengan menerapkan tips sistem manajemen, usaha Anda akan berkembang dengan cepat.

Anda juga harus menerapkan pembukuan dengan baik pada bisnis Anda, jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, gunakanlah software akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan itu semua.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :