Tips Memilih Akuntan Untuk Perusahaan Anda

Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memiliki Akuntan. Karena mereka lah yang akan membantu melakukan pencatatan akuntansi dan keuangan di perusahaan Anda. Keberadaan Akuntan ini sangatlah vital, karena akan bersinggungan dengan laporan keuangan dan sejenisnya. Dan ini juga berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda.

Namun jika Anda telah memiliki software akuntansi, sebenarnya Anda tidak perlu memiliki akuntan khususnya bagi Anda yang masih memiliki bisnis skala menengah. Akan tetapi Anda bisa menyewa jasa akuntan untuk membantu Anda menganalisa dan membaca laporan ataupun transaksi yang masuk di software akuntansi.

Karena sebaik apapun software akuntansi yang digunakan, tetap perlu ada sentuhan dari akuntan untuk memaksimalkan laporan yang ada. Selain itu, fungsi dari Akuntan juga tidak melulu membuat laporan keuangan, karena mereka juga bisa bertindak sebagai penasehat Anda dalam hal keuangan.

Baca juga : 5 Alasan Accurate Online Bisa Menjadi Aplikasi Akuntansi & Manajemen Persediaan Yang Tepat

Jadi memiliki atau menyewa seorang Akuntan itu sangat penting. Mereka akan bisa memberikan Anda arahan/masukan terkait kondisi keuangan yang Anda. Apalagi jika Anda sudah bersinggungan dengan pajak, maka butuh konsultan yang bisa paham mengenai hal tersebut.

Nah, jika Anda ingin memilih Akuntan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar bisa cocok dengan kebutuhan perusahaan Anda.

1. Lihat Apa Saja Kebutuhan Perusahaan Anda

Akuntan ini bekerja atas masalah dan kebutuhan yang ada. Dan akuntan itu memiliki spesialis sendiri-sendiri, ada yang paham pajak ada yang masalah umum, dll. Untuk itu Anda perlu cari tahu dulu kebutuhan perusahaan terhadap Akuntan itu apa saja.

Mungkin saja perusahaan Anda membutuhkan akuntan untuk bagian pencatatan keuangan, atau butuh akuntan pajak, dll.

Dengan seperti ini Anda bisa mendapatkan akuntan yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. Dan ketika memilih atau mencari nanti tidak akan membuang-buang waktu.

2. Cari Tahu Bagaimana Kemampuannya

Akuntan ini nanti akan bersinggungan langsung dengan keuangan perusahaan Anda, artinya Anda memang butuh akuntan yang benar-benar ahli dan berpengalaman di bidangnya. Cobalah Anda cari tahu bagaimana kemampuannya, pengalamannya sudah dimana serta yang penting juga attitudenya. Karena attitude ini nanti akan berpengaruh pada cara kerjanya.

Jangan tertuju pada akuntan yang berpendidikan tinggi. Karena yang berpendidikan tinggi belum tentu berpengalaman dan bisa memberikan solusi. Bisa saja akuntan yang hanya lulusan D3 lebih bagus dari yang lulusan S1. Atau bahkan yang hanya lulusan SMK Akuntansi justru lebih berpengalaman dari yang kuliah.

Intinya cari tahu berdasarkan kemampuannya.

3. Sesuaikan dengan Biaya atau Gaji

Anda sudah dapat beberapa kandidat yang sama-sama baik. Cara terakhir untuk memilih adalah dengan menyesuaikan biaya atau gaji yang mereka inginkan. Tentu soal gaji ini akan ada negosiasi. Tetapi yang pasti adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan Anda.

Bukan berarti yang menawarkan gaji rendah itu yang dipilih, belum tentu. Pasti tiap-tiap akuntan akan punya ‘nilai’ yang berbeda dari gaji yang ditawarkan.

Kalau memang ada yang menginginkan gaji lebih tinggi, tetapi dia bisa bekerja dan punya keahlian lebih, mengapa tidak dipilih yang itu? Intinya semua disesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan.

Seperti itulah beberapa tips dalam memilih seorang akuntan untuk perusahaan Anda. Jangan lupa juga kalau akuntan tersebut tidak gaptek (gagap teknologi), apalagi belum tahu kalau ada software akuntansi.