Sisi Lain Akuntansi Biaya yang Harus Diketahui

Akuntansi biaya khusus dipergunakan untuk proses pelacakan, pencatatan, dan analisis biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan akibat aktivitas bisnisnya untuk menghasilkan barang atau jasa.

Biaya adalah waktu dan sumber daya yang dikorbankan sesuai dengan ukuran satuan mata uang tertentu. Biaya berbeda dengan beban karena penggunaan beban dilakukan pada saat biaya sudah habis terpakai.

Akuntansi biaya juga bisa menjadi alat bagi manajemen untuk memonitor dan merekam setiap transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan.

Pihak manajemen juga terbantu dalam pengelolaan perusahaannya dari segi perencanaan dan pengendalian laba; penentuan harga pokok produk dan jasa; serta bagi pengambilan keputusan oleh manajemen. Pembukuan secara manual tidak lagi digunakan karena telah ada akuntansi biaya dan sistem teknologi informasi yang canggih.

Objek Biaya atau Tujuan Biaya

Objek biaya (cost object) atau lebih dikenal dengan istilah tujuan biaya (cost objective) adalah suatu aktivitas yang mengeluarkan biaya untuk diakumulasi dan diukur. Setiap biaya biasanya dikelompokkan atau diklasifikasikan ke dalam beberapa jurnal antara lain jurnal pembelian BB (Bahan Baku), BTKL (Biaya Tenaga Kerja Langsung), dan BOP (Biaya Overhead Pabrik).

Aktivitas-aktivitas yang bisa menjadi objek biaya antara lain produk dan proses, batch dari unit-unit sejenis atau departemen/divisi, pesanan pelanggan, kontrak dan proyek, lini produk, tujuan strategis, pembelian bahan baku, timbulnya biaya gaji, serta pembebanan BOP (Biaya Overhead Pabrik).

Pendekatan Akuntansi Biaya

Tiga pendekatan utama dalam akuntansi biaya, yaitu biaya standar (standard costing), biaya berdasarkan kegiatan (activity based costing), dan biaya berdasarkan hasil. Ada juga job order costing, yaitu menghitung biaya per pesanan sehingga jurnalnya harus sesuai dengan kartu pesanan yang ada (setiap pesanan).

Selain itu ada juga process costing, yaitu menghitung biaya setiap departemen yang ada di suatu perusahaan sehingga jurnalnya juga sesuai dengan departemen yang ada.

Semua pendekatan tersebut dicatat dalam laporan harga pokok produksi yang terdiri 3 bagian, yaitu skedul kuantitas, biaya yang dibebankan, dan pertanggungjawaban biaya.

Revolusi dalam Akuntansi Biaya

Saat ini banyak perusahaan juga telah menggunakan metode pabrikasi produk, perdagangan produk, atau pemberian jasa dengan bantuan sistem teknologi computer sehingga terjadi revolusi akuntansi biaya.

Dalam akuntansi biaya juga dipelajari tentang penentuan harga pokok produk, harga pokok proses, pembiayaan seperti biaya variabel (variable cost), biaya tetap (fix cost), biaya overhead pabrik dan departemen, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung, pengendalian biaya, serta analisis biaya pemasaran.

Akuntansi biaya juga memaparkan tentang cara mengalokasikan dari satu departemen ke departemen yang lain, cara menghitung EOQ (Economic Order Quantity) dan ROP (Reorder Point).

Tidak hanya manfaat dan keunggulan, akuntansi biaya juga memiliki beberapa keterbatasan atau kekurangan.

Pertama, sistem ini telah ketinggalan zaman yang bisa dilihat dari gejala-gejala antara lain :

  • Hasil dari penawaran yang sulit dijelaskan.
  • Harga pesaing lebih rendah sehingga terlihat tidak masuk akal
  • Produk-produk yang sulit diproduksi akan menunjukkan laba yang tinggi
  • Manajer operasional ingin menghentikan produk-produk yang terlihat menguntungkan.
  • Marjin laba sulit untuk dijelaskan, dan masih banyak lagi.

Akuntansi biaya telah mengalami perkembangan berupa sistem cloud accounting yang hampir menghapuskan pembukuan secara manual. Akuntansi biaya ini juga sudah menjadi kebutuhan nyata yang digunakan dalam berbagai macam organisasi seperti bank, organisasi profesional, dan lembaga pemerintah.

Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud untuk memudahkan pengelolaan bisnis Anda. Gunakanlah Accurate Online dalam mengelola sistem akuntansi menjadi lebih mudah. Anda bisa mencoba semua fitur Accurate Online GRATIS selama sebulan di halaman ini.

 

 

Mau artikel menarik lainnya seputar akuntansi? berikut adalah artikel pilihan kami :