4 Langkah Mengebangkan Sistem Akuntansi untuk Bisnis

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi atau sistem informasi akuntansi adalah sistem yang mengumpulkan, memproses data transaksi, dan menyebarluaskan informasi keuangan kepada pihak yang berkepenfingan. Hal ini mencakup setiap langkah akuntansi dan temasuk pengumpulan bukti dokumen transaksi. Jurnal, buku besar, neraca saldo, neraca lajur, laporan keuangan dan pengumpulan bukti transaksi termasuk dalam lingkup sistem akuntansi.

Langkah-langkah Mengembangkan Sistem Akuntansi

Pencatatan transaksi bisnis, penginputan ke buku besar, persiapan neraca saldo dan menganalisis proses laporan keuangan, semua aktifitas tersebut biasanya tidak berbeda di semua entitas bisnis. Kecepatan dan efisiensi sistem pada praktik akuntansi didalam entitas bisnis tersebutlah yang membedakannya. Mengelola sistem akuntansi melalui perangkat lunak dapat dilakukan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan operasi manual dalam kegiatan akuntansi. Pengolahan transaksi melalui jurnal umum dan buku besar secara manual pasti akan memakan banyak waktu jika transaksi yang terjadi sangat banyak.

Mengembangkan Sistem Akuntansi

Segala sistem yang ideal tidak berlaku secara otomatis. Ada proses yang harus direncanakan, dirancang, diatur, dikelola, dan dimodifikasi dengan sangat hati-hati dan selalu memerhatikan standar yang berlaku, begitupun dengan proses akuntansi.

Dalam mengembangkan proses akuntansi yang ideal, empat langkah berikut ini diperlukan untuk pertumbuhan bisnis Anda;

1. Menganalisa

Pada awalnya, harus dipastikan terlebih dahulu informasi apa yang diperlukan untuk pengguna internal dan eksternal. Seorang analis informasi bekerja untuk mengidentifikasi sumber informasi yang diperlukan untuk mengumpulkan data dan menyiapkan laporan dan menyajikannya dengan benar. Kekuatan dan kelemahan dalam proses akuntansi yang terjadi harus dianalisa dan diidentifikasi dengan teliti.

2. Merumuskan

Merumusakan cara dalam proses akuntansi juga merupakan tahap yang tidak kalah penting untuk untuk membangun aktifitas akuntansi yang ideal. Kegiatan merumuskan sistem informasi akuntansi seperti; merancang formulir dan dokumen, pemilihan penggunaan metode dan proses kerja, menyiapkan rencana kerja, pengumpulan teknik pengendalian, menyiapkan laporan dan memilih peralatan yang diperlukan. Terkadang ada perubahan kecil diperlukan untuk mendesain ulang sistem informasi akuntansi yang ada.

3. Melaksanakan

Untuk mengimplementasikan sistem informasi akuntansi yang baru atau yang telah dimodifikasi, dilanjutkan dengan pengumpulan bukti dokumen informasi yang diperlukan, dan menggunakan proses metode atau pemasangan peralatan yang direncanakan, tentunya perlu dilakukan pelaksanaan untuk mengetahui bahwa semua sudah sesuai perencanaan. Karyawan yang bersangkutan harus diberikan pelatihan dan mereka harus diawasi dengan ketat.

4. Pemantauan

Setelah penerapan sistem informasi akuntansi dan semua yang direncanakan dapat diterapkan kedalam proses akuntasi, maka langkah selanjutnya adalah mencari kelemahan dan memantau bahwa tidak akan ada kerusakan. Hal ini penting karena berhubungan sangat erat dengan efektivitas dan tujuan organisasi. Terkadang memang diperlukan perubahan dalam proses implementasi desain. Langkah-langkah yang disebutkan di atas adalah  siklus utama dalam sistem informasi akuntansi. Hal-hal yang menunjukkan bahwa beberapa langkah dasar dalam proses akuntansi tidak selalu dapat diubah.

Tetapi perluasan dalam pengetahuan, pengalaman dan teknologi akan menimbulkan terjadinya perubahan sistem yang dapat menciptakan dan mengubah sistem informasi akuntansi yang ada. Seperti sekarang, sudah banyak perusahaan yang beralih dari proses pengolahan akuntansi manual ke pengolahan akuntansi komputerasi. Selain lebih mudah dan praktis, peggunaan aplikasi akuntansi pada perusahaan juga untuk meminimalisir terjadinya human error. Anda kini juga bisa melakukan hal tersebut untuk pengembangan bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan  dalam pemilihan software akuntansi untuk bisnis Anda adalah seperti memenuhi standar akuntasi keuangan di Indonesia, bisa digunakan untuk laporan pajak dan yang paling penting adalah banyak dipakai oleh entitas bisnis.

Accurate menjawab kebutuhan Anda. Untuk sistem Akuntansi yang terencana dibutuhkan software akuntansi terbaik dan teruji. Accurate online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa memudahkan proses pemantauan keuangan Anda dimanapun dan kapanpun. Kini pengembangan bisnis Andan akan lebih efisien dan juga lebih mudah. Jadi tunggu apalagi?

Anda bisa mengunduh demo Accurate online untuk mengetahui beragam fitur yang sudah disediakan secara gratis melalui link ini