Ini dia Formula Margin Laba untuk Menghitung Keuntungan Bisnis Anda

Setiap pelaku bisnis tentunya menginginkan agar usahanya terus berkembang, sehingga dapat mengambil keuntungan yang maksimal. Untuk bisa seperti itu, tentu kita harus bisa mengukur kinerja serta menghitung keuntungan dalam satu periode bisnis berjalan. Tidak perlu bingung jika ingin memulai langkah ini, Anda hanya perlu menggunakan satu indicator yaitu dengan margin laba.

Pengertian Margin Laba

Istilah margin laba dalam konsep bisnis adalah keuntungan yang menjadi indicator bahwa usaha yang Anda jalankan telah menghasilkan sejumlah uang dari aktifitas operasionalnya. Margin laba juga dapat menentukan berapa persen pendapatan Anda yang digunakan untuk membayar pengeluaran bisnis, serta yang menjadi keuntungan bisnis itu sendiri.

Margin laba akan muncul dalam bentuk presentase, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang dihasilkan dari berjalanya bisnis Anda selama ini. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa formula margin laba yang umumnya digunakan:

Formula Margin Laba Bersih

((Pendapatan Bersih – HPP) – Pengeluaran)/pendapatan bersih = Margin Laba Bersih

Dalam margin laba bersih ini, Anda akan membandingkan antara total pendapatan dengan segala pengeluaran dalam operasional usaha yang Anda jalankan. Setelah itu, maka akan diketahui berapa persentase profit atau keuntungan yang diperoleh.

Formula Margin Laba Kotor

(Pendapatan bersih – HPP) pendapatan bersih = Margin Laba Kotor

Margin laba kotor ini dapat digunakan untuk menghitung keuntungan dari suatu produk jasa atau produk barang dalam usaha Anda. Dengan margin laba kotor, Anda bisa mengetahui produk mana yang paling banyak menghasilkan keuntungan bagi usaha Anda dalam penjualanya.

Cara Meningkatkan Margin Laba

Menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu, tentunya Anda menginginkan margin laba yang maksimal bukan?. Ada beberapa cara tertentu yang bisa Anda lakukan untuk bisa memaksimalkan keuntungan tersebut, yaitu:

Mengganti beberapa produk dari bisnis Anda yang kurang laku. Produk –produk ini biasanya hanya akan menumpuk di gudang dan sama sekali tidak terjual

Lakukan pitching vendor, dengan cara mencari pemasok barang yang memberikan penawaran terbaik, dengan mengutamakan kualitas dan harga yang terjangkau

Kurangi pemborosan dalam usaha Anda, di setiap sektornya, agar bisa memangkas biaya produksi dan tetap aman untuk lingkungan. Salah satu contohnya adalah menerapkan metode paperless misalnya.

Menjalankan bisnis yang mendatangkan keuntungan bisnis pada pemiliknya, tentunya merupakan acuan semangat untuk menjadikan bisnis semakin berkembang dan bermanfaat untuk orang lainya. Jika Anda masih merasa bingung dengan formula margin laba di atas, agar lebih mudah menghitung profit bisnis, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Gunakanlah Accurate Online sebagai solusi kemudahan pencatatan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan bisnis. Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca ajrtikel pilihan kami dibawah ini: